Puasa
Hari-Hari al-Bidh dan Enam Hari di Bulan Syawwal[1].
Fatwa Syekh
‘Athiyyah Shaqar.
Pertanyaan:
Apakah dasar penamaan
al-Ayyam al-Bidh? Apakah sebagiannya adalah puasa enam hari di bulan
Syawwal sebagaimana yang difahami banyak orang?
Jawaban:
Al-Ayyam
al-Bidh ada di setiap bulan Qamariyyah, yaitu ketika bulan ada diawal hingga akhir
malam 13, 14 dan 15. Disebut Bidh karena ia memutihkan malam dengan
rembulan dan siang dengan matahari. Ada juga pendapat yang mengatakan karena
Allah Swt menerima taubat nabi Adam as pada hari-hari itu dan memutihkan
lembaran amalnya. Az-Zarqani ‘ala al-Mawahib, juz. 8, hal. 133.
Dalam al-Hawi li al-Fatawa
karya Imam as-Suyuthi disebutkan, “Ada yang mengatakan bahwa ketika nabi Adam
as diturunkan dari surga, kulitnya menghitam. Maka Allah Swt memerintahkan agar
ia melaksanakan puasa al-Ayyam al-Bidh pada bulan Qamariyyah. Ketika ia
melaksanakan puasa pada hari pertama, sepertiga kulitnya memutih. Ketika ia
berpuasa pada hari kedua, sepertiga kedua kulitnya memutih. Ketika ia berpuasa
pada hari ketiga, seluruh kulit tubuhnya memutih. Pendapat ini tidak benar.
Disebutkna dalam hadits yang disebutkan al-Khathib al-Baghdadi dalam al-Amaly
dan Ibnu ‘Asakir dalam Tarikh Dimasyq dari hadits Ibnu Mas’ud, hadits Marfu’,
hadits Mauquf dari jalur riwayat lain, disebutkan Ibnu al-Jauzi dalam al-Maudhu’at
dari jalur riwayat Marfu’, ia berkata, “Hadits Maudhu’ (palsu),
dalam sanadnya terdapat sekelompok orang yang tidak dikenal”.
Terlepas dari apakah nabi Adam
as melaksanakannya atau pun tidak, sesungguhnya Islam mensyariatkan puasa ini
dalam menjadikannya sebagai amalan anjuran. Dalam az-Arqani ‘ala al-Mawahib
dinyatakan bahwa Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah Saw tidak pernah berbuka
(tidak berpuasa) pada hari-hari Bidh (13, 14 dan 15), baik ketika tidak
musafir maupun ketika musafir”. Diriwayatkan oleh an-Nasa’i. Dari Hafshah Ummul
Mu’minin, “Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah Saw;
puasa ‘Asyura’, sembilan hari di bulan Dzulhijjah, al-Ayyam al-Bidh (13,
14 dan 15) dan dua rakaat Fajar”. (HR. Ahmad). Diriwayatkan dari Mu’adzah
al-‘Adawiyyah bahwa ia bertanya kepada Aisyah, “Apakah Rasulullah Saw
melaksanakan puasa tiga hari setiap bulan?”. Aisyah menjawab, “Ya”. Saya
katakan kepadanya, “Pada hari apa saja?”. Aisyah menjawab, “Beliau tidak memperdulikan
hari apa saja setiap bulan ia laksanakan puasa”. (HR. Muslim).
Kemudian
az-Zarqani berkata, “Hikmah dalam puasa Bidh, bahwa ia pertengahan
bulan, pertengahan sesuatu adalah yang paling seimbang. Dan karena biasanya
gerhana matahari dan gerhana bulan terjadi pada tanggal-tanggal tersebut.
Terdapat perintah agar meningkatkan ibadah jika itu terjadi. Jika gerhana
matahari terjadi bertepatan dengan hari-hari puasa Bidh, maka seseorang
dalam keadaan siap untuk menggabungkan beberapa jenis ibadah seperti puasa,
shalat dan sedekah. Berbeda dengan orang yang tidak terbiasa melakukannya, ia
tidak siap untuk melaksanakan puasa pada hari itu. Ini berkaitan dengan puasa
pada hari-hari Bidh setiap bulan.
Adapun
tentang puasa enam hari di bulan Syawal, penyebutannya sebagai Bidh
adalah tidak benar. Terlepas dari penamaannya, puasa enam hari di bulan Syawal
itu dianjurkan, tidak wajib. Terdapat hadits tentang itu:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ
ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Siapa yang melaksanakan
puasa Ramadhan, kemudian ia iringi dengan enam hari di bulan Syawal, maka
seperti puasa sepanjang tahun”. (HR. Muslim). Keutamaannya disebutkan dalam
hadits riwayat ath-Thabrani:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَأَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ خَرَجَ مِنْ
ذُنُوبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ
“Siapa yang
melaksanakan puasa Ramadhan dan ia mengiringinya dengan enam hari di bulan
Syawwal, ia keluar dari dosanya seperti hari ia dilahirkan ibunya”.
Makna puasa ad-Dahr
adalah puasa sepanjang tahun. Penjelasan ini disebutkan dalam hadits dalam
beberapa riwayat Ibnu Majah, an-Nasa’i dan Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya.
Maknanya bahwa satu kebaikan itu dibalas sepuluh kebaikan yang sama dengannya.
Satu bulan Ramadhan dibalas dengan sepuluh bulan. Enam hari di bulan Syawwal
dibalas dengan enam puluh hari, artinya dua bulan. Dengan demikian lengkaplah
12 bulan. Keutamaan ini bagi mereka yang melaksanakannya di bulan Syawwal,
apakah dilaksanakan pada awal, pertengahan atau pun di akhir bulan Syawwal.
Apakah dilaksanakan berturut-turut atau pun terpisah-pisah. Meskipun afdhal
dilaksanakan di awal bulan dan dilaksanakan berturut-turut. Keutamaan ini
hilang bersama berakhirnya bulan Syawwal.
Banyak kaum
muslimah ingin melaksanakannya, apakah mereka yang memiliki kewajiban qadha’
ramadhan atau pun tidak. Puasa Syawwal ini dianjurkan, sebagaimana yang
ditetapkan para ulama. Kami berharap agar para muslimah tidak meyakini bahwa
puasa Syawwal ini wajib. Puasa Syawwal ini sunnat, tidak ada hukuman jika
ditinggalkan. Demikianlah, bagi mereka yang wajib meng-qadha’ puasa
Ramadhan dapat melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawwal ini dengan
niat puasa Qadha’. Cukup dengan puasa Qadha’, maka ia mendapatkan
pahala puasa enam hari di bulan Syawal, jika ia meniatkannya, amal itu dinilai
dari niatnya. Jika puasa Qadha’ dilaksanakan tersendiri dan puasa enam
hari di bulan Syawwal dilaksanakan tersendiri, maka itu afdhal. Akan tetapi
para ulama Mazhab Syafi’i berpendapat, “Balasan pahala puasa enam hari di bulan
Syawwal dapat diperoleh dengan melaksanakan puasa Qadha’, meskipun tidak
diniatkan, hanya saja pahalanya lebih sedikit dibandingkan dengan niat.
Disebutkan dalam Hasyiyah asy-Syarqawi ‘ala at-Tahrir karya Syekh
Zakariya al-Anshari, juz. I, hal. 427, teksnya: “Jika seseorang melaksanakan
puasa Qadha’ di bulan Syawwal, apakah Qadha’ puasa Ramadhan, atau
meng-qadha’ puasa lain, atau nazar, atau puasa sunnat lainnya. Ia
mendapatkan pahala puasa enam hari di bulan Syawwal. Karena intinya adalah
adanya puasa enam hari di bulan Syawwal, meskipun ia tidak memberitahukannya,
atau melaksanakannya untuk orang lain dari yang telah berlalu -artinya puasa
nazar atau puasa sunnat lain- akan tetapi ia tidak mendapatkan pahala yang
sempurna seperti yang diinginkan melainkan dengan niat puasa khusus enam hari
di bulan Syawwal. Sama halnya dengan seseorang yang tidak melaksanakan puasa
Ramadhan, atau ia laksanakan di bulan Syawwal, karena tidak dapat dikatakan
bahwa ia telah melaksanakan puasa Ramadhan dan mengiringinya dengan puasa enam
hari di bulan Syawwal. Ini sama seperti pendapat tentang shalat Tahyat al-Masjid,
yaitu shalat dua rakaat bagi orang yang masuk masjid. Para ulama berpendapat,
pahala shalat Tahyat al-Masjid diperoleh dengan shalat fardhu atau
shalat sunnat, meskipun tidak diniatkan. Karena tujuannya adalah adanya shalat
sebelum duduk. Shalat sebelum duduk tersebut telah terwujud, maka tuntutan
melaksanakan shalat Tahyat al-Masjid telah gugur, pahalanya diperoleh
meskipun tidak diniatkan, demikian menurut pendapat yang dijadikan pedoman
sebagaimana yang dinyatakan pengarang al-Bahjah. Pahalanya tetap
diperoleh apakah dengan fardhu atau pun dengan sunnat, yang penting tidak
menafikan niatnya, tujuannya tercapai apakah diniatkan atau pun tidak
diniatkan.
Berdasarkan
pendapat diatas, bagi seseorang yang merasa berat untuk melaksanakan puasa qadha’
Ramadhan dan sangat ingin melaksanakan puasa qadha’ tersebut pada bulan Syawwal,
ia juga ingin mendapatkan pahala puasa enam hari di bulan Syawwal, maka ia
berniat melaksanakan puasa qadha’ dan puasa enam hari di bulan Syawwal,
atau berniat puasa qadha’ saja tanpa niat puasa enam hari di bulan Syawwal,
maka puasa sunnat sudah termasuk ke dalam puasa wajib. Ini kemudahan dan
keringanan, tidak boleh terikat dengan mazhab tertentu, juga tidak boleh
menyatakan mazhab lain batil.
Hikmah
berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah puasa yang lama di bulan Ramadhan -wallahu
a’lam- adalah agar orang yang berpuasa tidak berpindah secara mendadak dari
sikap menahan diri dari segala sesuatu yang bersifat fisik dan non-fisik kepada
kebebasan tanpa ikatan, lalu memakan semua yang lezat dan baik kapan saja ia
mau, karena peralihan secara mendadak menyebabkan efek negatif bagi fisik dan
psikis, itu sudah menjadi suatu ketetapan dalam kehidupan.
izin berkunjung dari tim Doaharian, terima kasih tulisannya ustadz.
BalasHapussalam hormat.