{ لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ تَعَاهُدًا مِنْهُ
عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ } مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .
Dari
Aisyah, Rasulullah Saw tidak pernah sangat kuat melaksanakan shalat sunnat
melebihi dua rakaat Fajar (Qabliyah Shubuh)”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua
rakaat Fajar (Qabliyah Shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya”. (HR.
Muslim).
Apakah
ada perbedaan antara shalat Shubuh dan shalat Fajar?
صلاة الفجر هي صلاة
الصبح ، لا فرق بينهما ، وهي ركعتان مفروضتان
، يبدأ وقتها من
طلوع الفجر الصادق إلى طلوع الشمس . ولها سنة قبليّة ، ركعتان ،
وتسمى سنة الفجر أو سنة الصبح ، أو
ركعتي الفجر .
Shalat
Fajar adalah shalat Shubuh, tidak ada perbedaan antara keduanya.
Dua
rakaat yang diwajibkan, dimulai dari terbit fajar shadiq hingga terbit
matahari.
Shalat Shubuh memiliki sunnat Qabliyyah dua
rakaat, disebut Sunnat Fajar atau Sunnat Shubuh atau dua rakaat Fajar.
(Sumber:
Fatawa al-Islam Su’al wa Jawab: juz.1, hal.6126).
وَعَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ أُمِّ
الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : سَمِعْت رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : { مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً
فِي يَوْمِهِ وَلَيْلَتِهِ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ } رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
Dari
Ummu Habibah Ummul Mu’minin, ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah Saw
bersabda:
“Siapa
yang shalat 12 rakaat sehari semalam, dibangunkan untuknya satu tempat di
surga”. (HR. Muslim).
Penjelasan
12 rakaat tersebut terdapat dalam riwayat Imam at-Tirmidzi:
أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ ،
وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ ، وَرَكْعَتَيْنِ
بَعْدَ الْعِشَاءِ ، وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ
4
rakaat sebelum Zhuhur. 2 rakaat setelah Zuhur. 2 rakaat setelah Maghrib. 2
rakaat setelah Isya’. Dan 2 rakaat sebelum Shubuh.
Menurut
riwayat Ibnu Umar: 2 rakaat sebelum Zhuhur.
Sedangkan
2 rakaat sebelum Ashar, 2 rakaat sebelum Maghrib dan 2 rakaat sebelum Isya’
masuk dalam hadits:
عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ الْمُزَنِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- « بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ - قَالَهَا ثَلاَثًا قَالَ فِى
الثَّالِثَةِ - لِمَنْ شَاءَ ».
Dari
Abdullah bin Mughaffal al-Muzani, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Antara
adzan dan iqamah ada shalat. Antara adzan dan iqamah ada shalat. Antara adzan
dan iqamah ada shalat, bagi siapa yang mau melaksanakannya”. (HR. Al-Bukhari
dan Muslim).
Dalil-Dalil Qabliyah Maghrib.
عَبْدُ اللَّهِ الْمُزَنِىُّ عَنِ
النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « صَلُّوا قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ »
. - قَالَ فِى الثَّالِثَةِ - لِمَنْ شَاءَ
Dari
Abdullah al-Muzani, dari Rasulullah Saw: “Shalatlah kamu sebelum Maghrib.
Shalatlah kamu sebelum Maghrib. Shalatlah kamu sebelum Maghrib, bagi siapa yang
mau”. (HR. Al-Bukhari).
عَنْ ابْنِ
عَبَّاسٍ قَالَ { : كُنَّا نُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ غُرُوبِ الشَّمْسِ ،
وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَرَانَا ، فَلَمْ
يَأْمُرْنَا وَلَمْ يَنْهَنَا} .
Dari
Ibnu Abbas: “Kami melaksanakan shalat dua rakaat setelah tenggelam matahari,
Rasulullah Saw melihat kami, beliau tidak memerintahkan kami dan tidak pula
melarang kami”. (HR. Muslim).
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ
الْمُؤَذِّنُ إِذَا أَذَّنَ قَامَ نَاسٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ - صلى الله
عليه وسلم - يَبْتَدِرُونَ السَّوَارِىَ حَتَّى يَخْرُجَ النَّبِىُّ - صلى الله
عليه وسلم - وَهُمْ كَذَلِكَ يُصَلُّونَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ ،
وَلَمْ يَكُنْ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ شَىْءٌ
Dari
Anas bin Malik, ia berkata: “Ketika mu’adzin telah mengumandangkan azan, para
shahabat shalat menghadap tiang hingga Rasulullah Saw keluar (rumah), para
shahabat sedang melaksanakan shalat dua rakaat sebelum Maghrib. Tidak ada
apa-apa antara adzan dan iqamah. (HR. Al-Bukhari).
مَرْثَدَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ الْيَزَنِىَّ
قَالَ أَتَيْتُ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ الْجُهَنِىَّ فَقُلْتُ أَلاَ أُعْجِبُكَ
مِنْ أَبِى تَمِيمٍ يَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ . فَقَالَ
عُقْبَةُ إِنَّا كُنَّا نَفْعَلُهُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه
وسلم - . قُلْتُ فَمَا يَمْنَعُكَ الآنَ قَالَ الشُّغْلُ .
Martsad
bin Abdullah al-Yazani berkata: “Saya datang menemui ‘Uqbah bin ‘Amir
al-Juhani, saya katakan kepadanya: “Apakah tidak aneh bagaimu melihat Abu Tamim
shalat dua rakaat sebelum Maghrib?”. ‘Uqbah menjawab: “Kami melaksanakannya
pada masa Rasulullah”. Saya bertanya: “Apa yang membuatmu tidak melaksanakannya
sekarang?”. Ia menjawab: “Kesibukan”. (HR. Al-Bukhari).
syukran...sy sangat senang dgn penjelasannya.
BalasHapusHj. Thalha Royan
Mhon penjelasan nya pak ustad,Bagai mana cara mandi taubat dan shalat sunat taubat pak ustad....?
BalasHapusAssalamu'alaikum wr.wb
BalasHapusSaya mau bertanya ustadz, ketika saya mengerjakan sholat qobliyah Zhuhur 4 rakaat, baru mngerjakan 2 rakaat, iqomat dikumandangkan.
Apakah yang 2 rakaat di qodho setelah sholat Zhuhur ?
Assalamu'alaikum..
BalasHapusApakah boleh mengerjakan sholat sunat rawatib dirumah?
Alhamdulillah tambah ilmu pa ustad
BalasHapus