Pertanyaan:
Apakah Nabi Muhammad Saw pakai cincin? di sebelah kanan apa kiri? pada jari bagian mana?
Jawaban:
Dalam kitab Syarah Shahih Muslim karya Imam an-Nawawi disebutkan:
قَوْله فِي حَدِيث طَلْحَة
بْن يَحْيَى وَسُلَيْمَان بْن بِلَال ( عَنْ يُونُس عَنْ اِبْن شِهَاب عَنْ أَنَس
رَضِيَ اللَّه عَنْهُ أَنَّ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَبِسَ خَاتَم فِضَّة فِي يَمِينه ). وَفِي حَدِيث حَمَّاد بْن سَلَمَة عَنْ
ثَابِت عَنْ أَنَس : ( كَانَ خَاتَم النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فِي هَذِهِ ، وَأَشَارَ إِلَى الْخِنْصَر مِنْ يَده الْيُسْرَى ) ، وَفِي حَدِيث
عَلِيّ : ( نَهَانِي صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَتَخَتَّمُ فِي
أُصْبُعِي هَذِهِ أَوْ هَذِهِ ، فَأَوْمَأَ إِلَى الْوُسْطَى وَاَلَّتِي تَلِيهَا
) ، وَرُوِيَ هَذَا الْحَدِيث فِي غَيْر مُسْلِم : ( السَّبَّابَة وَالْوُسْطَى )
وَأَجْمَع الْمُسْلِمُونَ عَلَى أَنَّ السُّنَّة جَعْل خَاتَم الرَّجُل فِي
الْخِنْصَر ، وَأَمَّا الْمَرْأَة فَإِنَّهَا تَتَّخِذ خَوَاتِيم فِي أَصَابِع .
Dari hadits Thalhah bin
Yahya dan Sulaiman bin Bilal. Dari Yunus, dari Ibnu Syihab, dari Anas,
sesungguhnya Rasulullah Saw memakai cincin perak di sebelah kanan.
Dalam hadits Hammad bin
Salamah dari Tsabit dari Anas: cincin Rasulullah Saw di sini”. Ia menunjuk jari
kelingking kanan kiri.
Dalam hadits Ali:
“Rasulullah Saw melarang saya memakai cincin di jari ini dan ini”. ia menunjuk
jari tengah dan jari di sampingnya (telunjuk). Diriwayatkan dalam kitab lain
selain Shahih Muslim: “Jari telunjuk dan jari tengah”. Kaum muslimin sepakat
bahwa Sunnah meletakkan cincin di jari kelingking. Sedangkan perempuan memakai
cincin di jari jemarinya.
وَأَمَّا الْحُكْم فِي الْمَسْأَلَة
عِنْد الْفُقَهَاء فَأَجْمَعُوا عَلَى جَوَاز التَّخَتُّم فِي الْيَمِين ، وَعَلَى
جَوَازه فِي الْيَسَار ، وَلَا كَرَاهَة فِي وَاحِدَة مِنْهُمَا ، اِخْتَلَفُوا
أَيَّتهمَا أَفْضَل ؟ فَتَخَتَّمَ كَثِيرُونَ مِنْ السَّلَف فِي الْيَمِين ،
وَكَثِيرُونَ فِي الْيَسَار ، وَاسْتَحَبَّ مَالِك الْيَسَار ، وَكَرِهَ الْيَمِين
. وَفِي مَذْهَبنَا وَجْهَانِ لِأَصْحَابِنَا : الصَّحِيح أَنَّ الْيَمِين أَفْضَل
لِأَنَّهُ زِينَة ، وَالْيَمِين أَشْرَفَ ، وَأَحَقّ بِالزِّينَةِ وَالْإِكْرَام
Adapun hikmah dalam masalah ini menurut para ahli Fiqh,
mereka sepakat bahwa memakai cincin di sebelah kanan, boleh di sebelah kiri,
tidak makruh di kanan atau di kiri. Mereka ikhtilaf, di sebelah mana yang lebih
afdhal? Banyak kalangan Salaf yang memakai cincin di sebelah kanan, banyak juga
yang memakai di sebelah kiri. Imam Malik menganjurkan di sebelah kiri, makruh
di sebelah kanan. Menurut Mazhab Syafi’I, ada dua pendapat: menurut pendapat
yang shahih sebelah kanan lebih afdhal, karena perhiasan, sebelah kanan itu
lebih mulia dan lebih berhak untuk diberi perhiasan serta lebih memberikan kemuliaan.
Assalammualikum Ustadz,
BalasHapusdalam hadits menyebutkan Nabi Muhammad SAW memakai cincin dari Perak, apakah boleh laki-laki memakai cincin selain dari perak? seperti Emas dan Suwaso
mohon pencerahannya Ustad, banyak terimakasih
Wassalammualaikum Wr. Wb
cincin tunangan paladium
BalasHapuscincin tunangan paladium surabaya
cincin tunangan paladium jakarta
cincin tunangan paladium jogja
cincin tunangan paladium depok
cincin tunangan paladium bogor
cincin tunangan paladium tanggerang
cincin tunangan paladium bekasi