Berapa hari boleh meng-qashar shalat?
Jawaban:
Ulama tidak sepakat tentang hal ini, ada beberapa pendapat ulama:
Mazhab Hanafi:
فقال الحنفية: يصير المسافر مقيماً ،
ويمتنع عليه القصر إذا نوى الإقامة في بلد خمسة عشر يوماً، فصاعداً، فإن نوى تلك
المدة، لزمه الإتمام، وإن نوى أقل من ذلك قصر.
Tetap boleh shalat Qashar hingga
menjadi mukim, tidak boleh qashar shalat jika berniat mukim di suatu negeri
selama 15 hari lebih. Jika berniat mukim selama itu, maka mesti shalat normal.
Jika berniat kurang daripada itu, maka shalat qashar.
Mazhab Malik dan Mazhab
Syafi’i:
قال المالكية والشافعية: إذا نوى
المسافر إقامة أربعة أيام بموضع، أتم صلاته؛ لأن الله تعالى أباح القصر بشرط الضرب
في الأرض، والمقيم والعازم على الإقامة غير ضارب في الأرض،
Jika orang yang musafir itu
berniat menetap empat hari, maka ia shalat secara normal, karena Allah
membolehkan shalat Qashar dengan syarat perjalanan. Orang yang mukim dan
berniat mukim tidak dianggap melakukan perjalanan
وقدر المالكية
المدة المذكورة بعشرين صلاة في مدة الإقامة، فإذا نقصت عن ذلك قصر.
ولم يحسب المالكية
والشافعية يومي الدخول والخروج على الصحيح عند الشافعية؛ لأن في الأول حط الأمتعة،
وفي الثاني الرحيل، وهما من أشغال السفر.
Mazhab Maliki mengukur kadar mukim
tersebut dengan 20 shalat. Jika kurang dari itu, boleh shalat Qashar.
Mazhab Maliki dan Syafi’I tidak
menghitung hari masuk dan hari keluar, menurut pendapat shahih dalam Mazhab
Syafi’I, karena yang pertama adalah hari meletakkan barang-barang dan yang
kedua adalah hari keberangkatan, kedua hari tersebut hari kesibukan dalam
perjalanan.
Mazhab Hanbali:
وقال الحنابلة: إذا نوى أكثر من أربعة أيام أو أكثر من عشرين صلاة،
أتم،
Jika orang yang musafir itu
berniat mukim lebih dari empat hari atau lebih dari 20 shalat, maka ia shalat
secara normal.(Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuhu)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar