Bukit Gelanggang, Dumai – Riau, Kamis 24 September 2015
H. Abdul
Somad, Lc., MA.
(S1 Al-Azhar, Mesir. S2 Darul-Hadits, Maroko. Dosen
UIN Suska).
Khutbah Pertama:
اللهُ اَكْبَرْ (3×)
اللهُ اَكْبَرْ (×3)اللهُ اَكبَرْ (3×)
اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّهِ كثيرا وسبحان الله بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلَ لِلْمُسْلِمِيْنَ عِيْدَ اْلفِطْرِ بَعْدَ صِياَمِ رَمَضَانَ وَعْيدَ اْلاَضْحَى بَعْدَ يَوْمِ عَرَفَةَ
اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّهِ كثيرا وسبحان الله بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلَ لِلْمُسْلِمِيْنَ عِيْدَ اْلفِطْرِ بَعْدَ صِياَمِ رَمَضَانَ وَعْيدَ اْلاَضْحَى بَعْدَ يَوْمِ عَرَفَةَ
اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ
لاَ شَرِيْكَ
لَهُ لَهُ اْلمَلِكُ اْلعَظِيْمُ اْلاَكْبَرْ وَاَشْهَدٌ اَنَّ سَيِّدَناَ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اللهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ اَذْهَبَ عَنْهُمُ
الرِّجْسَ وَطَهَّرْ
اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
Jamaah
‘Idul Adha yang dimuliakan Allah.
كُلُّ أمْرٍ ذِي بَالٍ لاَ يُبْدأُ فِيهِ بِالحَمْدُ للهِ
فَهُوَ أقْطَعُ
“Setiap amal yang baik, tidak diawali dengan
ucapan hamdalah, maka terputus”. (HR.
Abu Daud, hadits Hasan).
Setiap amal baik, tidak diawali dengan hamdalah, maka
amal itu terputus, sia-sia, tidak dapat dibawa menjadi bekal menghadap Allah
Swt. Maka kita awali segala amal dengan ucapan Alhamdulillah.
ماَ اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَفَرَّقُوْا
عَنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلاَة عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اِلاَّ قَامُوْا عَنْ أَنْتَن جِيْفَة
“Sekelompok
orang berkumpul, mereka bubar tanpa zikir dan sholawat, maka sama halnya mereka
meninggalkan busuknya bangkai”. (Musnad ath-Thayalisi, dari Jabir).
Kita tidak ingin majlis kita menjadi majlis bangkai
yang busuk, maka kita bersholawat kepada Rasulullah Saw dengan ucapan:
اللهُمَّ
صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى
اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ
Pagi ini, seluruh ummat Islam, dari pusat kota suci
Makkah al-Mukarramah, sampai ke berbagai penjuru negeri mengumandangkan takbir:
اللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ اللهُ
اَكْبَرْ لاَ اِلَهَ
اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
Sebagai ungkapan syukur kepada Allah Swt. Sesungguhnya,
Allah Swt tidak pernah perlu kepada syukur kita, karena syukur kita itu hanya
akan kembali kepada kita, menambah dan mengekalkan nikmat Allah Swt:
وَمَنْ
شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ
“Barangsiapa
yang bersyukur maka sesungguhnya Dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri
dan barangsiapa yang ingkar”. (Qs. An-Naml [27]: 40). Karena dalam ayat lain Allah berfirman:
لَئِنْ
شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ
“Sesungguhnya
jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu”. (Qs. Ibrahim [14]: 7).
Jamaah
‘Idul Adha yang dimuliakan Allah …
Pagi ini, lewat momen Idul Adha kita kembali
diingatkan dengan beribu makna hikmah yang terkandung di balik sejarah Nabi
Ibrahim as. Namun inti dari semua makna itu terangkum dalam tiga poin besar:
Pertama, Hubungan Orang Tua dan Anak.
Peristiwa kurban mengingatkan kita pada hubungan
kepatuhan mutlak Ismail as kepada Ayahanda Ibrahim as. Dengan ucapannya yang
tertulis dalam al-Qur’an,
قَالَ
يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا
تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ
الصَّابِرِينَ
“Ibrahim berkata: ‘Hai
anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka
fikirkanlah apa pendapatmu!’.
Ismail
menjawab: ‘Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya
Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar’.” (Qs. as-Shaffat [37]: 102).
Demikianlah jawaban anak shalih yang diharapkan Nabi
Ibrahim as dalam doanya,
رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
“Ya Tuhanku,
anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh”. (Qs. as-Shaffat [37]: 102).
Peristiwa menyentuh hati dan perasaan ini mengajak
kita untuk melihat kembali bagaimana anak-anak kita? Sudahkan kita didik
menjadi anak yang patuh dan taat mengikuti perintah Allah Swt?
Anak adalah amanah, dengan anak kita bisa masuk
surga,
مَنْ عَالَ ثَلَاثَ بَنَاتٍ فَأَدَّبَهُنَّ وَزَوَّجَهُنَّ
وَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ فَلَهُ الْجَنَّةُ
“Siapa yang merawat tiga orang anak perempuan,
ia didik dengan baik, ia nikahkan dengan orang baik, maka surgalah baginya”. (HR. Abu Daud).
Dengan anak maka amal menjadi mengalir,
إِذَا
مَاتَ الإنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقةٍ جَاريَةٍ ،
أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Apabila manusia mati, maka putuslah amalnya,
kecuali tiga: shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang
mendoakannya”. (HR. Muslim).
Tapi ingat, disebabkan anak juga kita akan masuk ke
dalam neraka,
ثَلاَثَةٌ
قَدْ حَرَّمَ الله عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ : مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَ الْعَاقُّ وَ
الدَّيُّوْثُ الَّذِيْ يُقِرُّ فِيْ أَهْلِهِ اَلْخَبَثَ
“Tiga orang, diharamkan Allah Swt surga bagi
mereka: pecandu khamar/narkoba, durhaka kepada orang tua dan orang tua/wali
yang membiarkan keluarganya berbuat nista”.
(HR. Ahmad).
اللهُ
اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
Pagi ini kita diingatkan dengan tanggung jawab kita
kepada anak-anak kita. Sudahkah kita didik mereka dengan baik? Bagaimana bacaan
al-Qur’an mereka? Bagaimana shalat mereka? Sudahkan mereka menutup aurat?
Pagi ini juga anak diingatkan tentang bakti kepada
orang tua. Bagaimanapun banyaknya amal mereka, kalau anak durhaka kepada orang
tua. Maka Allah Swt haramkan surga bagi mereka. Jika mereka masih hidup,
kembali dari shalat ini, kita masih bisa datang ke rumah mereka. Memeluk dan
mencium mereka dengan kasih sayang. Sebagai ungkapan rasa bersalah karena tidak
mampu membalas budi baik mereka. Tapi, andai ajal telah mendahului. Sesal
kemudian tiada berarti. Kita hanya dapat mengucapkan,
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا
رَبَّيَانِيْ صَغِيْرا
“Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Sayangilah
mereka sebagaimana mereka menyayangiku ketika aku masih kecil”.
Hanya itulah yang dapat kita ucapkan dengan uraian
air mata.
“Surga di bawah telapak kaki ibu”, bukan
ungkapan hamba tanpa makna.
أَتَيْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
إِنِّي كُنْتُ أَرَدْتُ الْجِهَادَ مَعَكَ أَبْتَغِي بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ
وَالدَّارَ الْآخِرَةَ قَالَ وَيْحَكَ أَحَيَّةٌ أُمُّكَ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ
ارْجِعْ فَبَرَّهَا ثُمَّ أَتَيْتُهُ مِنْ الْجَانِبِ الْآخَرِ فَقُلْتُ يَا
رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي كُنْتُ أَرَدْتُ الْجِهَادَ مَعَكَ أَبْتَغِي بِذَلِكَ
وَجْهَ اللَّهِ وَالدَّارَ الْآخِرَةَ قَالَ وَيْحَكَ أَحَيَّةٌ أُمُّكَ قُلْتُ
نَعَمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَارْجِعْ إِلَيْهَا فَبَرَّهَا ثُمَّ
أَتَيْتُهُ مِنْ أَمَامِهِ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي كُنْتُ أَرَدْتُ
الْجِهَادَ مَعَكَ أَبْتَغِي بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ وَالدَّارَ الْآخِرَةَ قَالَ
وَيْحَكَ أَحَيَّةٌ أُمُّكَ قُلْتُ نَعَمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَيْحَكَ
الْزَمْ رِجْلَهَا فَثَمَّ الْجَنَّةُ
Mu’awiyah bin Abi Jahimah as-Sulami menghadap
Rasulullah Saw, ia berkata, “Wahai Rasulullah, saya ingin berjihad bersamamu
dengan berharap kemuliaan Allah Swt dan akhirat”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah ibumu masih hidup?”. Mu’awiyah menjawab, “Ya”.
Rasulullah Saw, “Pulanglah! Berbaktilah kepadanya!”.
Mu’awiyah, “Saya datang lagi dari sisi yang lain.
Saya katakana, ‘Wahai Rasulullah, saya ingin berjihad bersamamu dengan berharap
kemuliaan Allah Swt dan akhirat”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah ibumu masih hidup?”. Mu’awiyah menjawab, “Ya”.
Rasulullah Saw, “Pulanglah! Berbaktilah kepadanya!”.
Mu’awiyah, “Saya datang lagi dari arah depan
Rasulullah Saw. Saya katakan, ‘Wahai Rasulullah, saya ingin berjihad bersamamu
dengan berharap kemuliaan Allah Swt dan akhirat”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah ibumu masih hidup?”. Mu’awiyah menjawab, “Ya”.
Rasulullah Saw, “Rawatlah kakinya, engkau dapati
surga di sana”. (HR. Ibnu Majah).
Bakti kepada ibu membuat seorang anak terkabul doanya
melebihi sahabat-sahabat Rasulullah Saw. Suatu ketika Rasulullah Saw pernah
berkata,
إِنَّ رَجُلًا
يَأْتِيكُمْ مِنْ الْيَمَنِ يُقَالُ لَهُ أُوَيْسٌ لَا يَدَعُ بِالْيَمَنِ غَيْرَ
أُمٍّ لَهُ قَدْ كَانَ بِهِ بَيَاضٌ فَدَعَا اللَّهَ فَأَذْهَبَهُ عَنْهُ إِلَّا
مَوْضِعَ الدِّينَارِ أَوْ الدِّرْهَمِ فَمَنْ لَقِيَهُ مِنْكُمْ فَلْيَسْتَغْفِرْ
لَكُمْ
“Ada seorang laki-laki. Ia akan datang kepada
kamu. Ia berasal dari Yaman. Namanya Uwais. Ia tidak bisa meninggalkanYaman
(saat ini) karena ia merawat ibundanya. Ia pernah terkena penyakit supak (warna
putih pada kulit). Ia berdoa kepada Allah Swt, maka Allah Swt menghilangkan
penyakit itu, kecuali hanya tertinggal sebesar uang logam Dinar (logam emas)
atau Dirham (logam perak). Siapa diantara kamu yang berjumpa dengannya, maka
mintalah doa kepadanya agar Allah Swt mengampuni kamu”. (HR. Muslim). Bayangkan, seorang hamba yang lemah,
jauh dari Rasulullah Saw, tapi doanya kabul, mengalahkan doa para shahabat
nabi, bahkan para shahabat nabi pun diminta agar memohonkan doanya. Doanya
terkabul, karena baktinya kepada ibundanya.
Tanpa
mengesampingkan makna ayah,
أَنَّ
رَجُلًا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ لِي مَالًا وَوَلَدًا وَإِنَّ أَبِي
يُرِيدُ أَنْ يَجْتَاحَ مَالِي فَقَالَ أَنْتَ وَمَالُكَ لِأَبِيكَ
Seorang laki-laki datang menghadap Rasulullah Saw
mengadukan ayahnya seraya berkata, “Wahai Rasulullah, saya mempunyai harta dan
anak. Tapi ayah saya ingin mengambil harta saya”. Rasulullah Saw menjawab,
“Engkau dan hartamu milik ayahmu”. (HR. Ibnu Majah).
Bagaimana
mungkin orang dapat mengesampingkan kedua orang tuanya, bangga dengan harta,
anak, bahkan amalnya. Padahal orang tua pada level kedua setelah Allah Swt,
وَقَضَى
رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا
يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا
أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا (23) وَاخْفِضْ
لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا
رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24)
“Dan Tuhanmu telah
memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu
berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di
antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu,
maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan
"ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka
perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan
penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka
keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (Qs. al-Isra’ [17]: 23-24).
Posisi
mereka setelah Allah Swt. Mengapa ada orang yang begitu sombong menuntut mereka
ke pengadilan dunia hanya karena ingin merebut kebahagiaan duniawi. Sadarkah
mereka bahwa murka Allah Swt terletak pada murka kedua orang tua,
رِضَا الرَّبّ فِي رِضَا الْوَالِدَيْنِ وَ سَخَطُهُ فِيْ سَخَطِهِمَا
“Ridha Allah Swt terletak pada ridha kedua
orang tua dan murka Allah Swt terletak pada murka kedua orang tua”. (HR. ath-Thabrani).
اللهُ
اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
Hikmah Kedua, Keseimbangan Antara Usaha dan Tawakkal.
Sayang dan cinta kepada anak dan istri, tapi perintah
Allah Swt mesti tetap dipatuhi. Meleleh air mata Nabi Ibrahim as meninggalkan Hajar
dan Ismail kecil di sebuah lembing kering. Kisah itu diabadikan dalam al-Qur’an, Nabi
Ibrahim as pun mengadu kepada Allah Swt,
رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ
مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا
لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ
مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ
“Wahai Robb kami, sesungguhnya aku telah
menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman
di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan kami (yang demikian
itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka Jadikanlah hati sebagian manusia
cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan,
Mudah-mudahan mereka bersyukur”. (Qs. Ibrahim [14] : 37). Di tengah lembah tandus tanpa tanaman
itulah Hajar dan Ismail berada, seorang wanita lemah dan bayi tidak berdaya
membutuhkan air. Apakah Allah langsung menurunkan air kepada mereka ?!
Tidak. Hajar bukan wanita lemah. Ia perempuan yang tegar. Hajar tidak mengeluh
kepada Allah Swt dengan mengangkat tangan. Hajar tidak membawa-bawa nama besar
suaminya yang seorang nabi dan anaknya juga seorang nabi. Hajar tidak pula
menghujat dan mencela di mana air berada ?!. Tapi Hajar berjalan kaki dari
bukit Shafa menuju bukit Marwa sebanyak tujuh kali. Tumit perempuan yang lemah
itu menginjak pasir gurun panas di bawah terik matahari. Setelah ia lelah dan
tetap tidak mendapatkan air yang ia cari, maka ia kembali ke tempat Ismail
berbaring. Ternyata, air tidak ditemukan di tempat yang dicari. Tapi air datang
dari tumit Ismail yang belum
pandai melangkah. Dari kisah ini tersirat sebuah makna yang sangat mendalam
yaitu pentingnya berusaha sekuat tenaga dan seoptimal mungkin untuk mencari apa
yang kita inginkan. Karena Allah tidak langsung memberi tanpa ada usaha.
Demikian juga perubahan menuju kehidupan yang lebih baik yang kita inginkan
tidak akan terwujud kecuali ada keinginan dan perbuatan dari kita sendiri.
Allah berfirman:
إِنَّ
اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
“Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan
sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. (Qs.
Ar-Ra’d [13]: 11).
Di
sanalah keserasian antara syariat Nabi Ibrahim as dengan syariat Nabi Muhammad
Saw. Sama-sama mengajarkan keseimbangan antara usaha dan doa. Rasulullah Saw
tidak pernah duduk berpangku tangan menunggu rezeki turun dari langit.
Al-Qur’an mengajarkan,
فَإِذَا
قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Apabila telah
ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia
Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (Qs. al-Jumu’ah [62]: 10).
قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَعْقِلُهَا
وَأَتَوَكَّلُ أَوْ أُطْلِقُهَا وَأَتَوَكَّلُ قَالَ اعْقِلْهَا وَتَوَكَّلْ
Seorang laki-laki bertanya, “Wahai Rasulullah. Apakah
unta ini saya tambatkan lalu saya bertawakkal? Atau saya lepaskan saja,
kemudian saya bertawakkal?”.
Rasulullah Saw menjawab, “Tambatkanlah! Setelah itu,
bertawakkallah!”.
(HR. at-Tirmidzi).
“Berusaha
tanpa tawakkal, sombong. bertawakkal tanpa usaha, pesong”.
اللهُ
اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
Hikmah Ketiga: Berkorban
Untuk Agama Allah Swt.
Islam bukan agama yang melarang
orang untuk mencari harta. Dalam Islam diajarkan, orang yang mampu secara
ekonomi, kuat fisik, ilmu dan iman, lebih baik dan dicintai Allah Swt daripada
orang yang miskin, lemah fisik, lemah ilmu dan lemah iman. Rasulullah Saw
bersabda,
الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ
مِنْ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ
“Seorang mukmin yang kuat,
lebih baik dan lebih dicintai Allah Swt daripada mukmin yang lemah”. (HR.
Muslim).
Dalam ibadah
haji kita mengenal istilah Wuquf, yang merupakan rukun haji. Yaitu berkumpul di
padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Wuquf ini adalah miniatur hari mahsyar
kelak, saat manusia dibangkitkan di hadapan Allah. Semua manusia yang terdiri dari berbagai suku
bangsa dan jenis kulit. Terdiri dari tingkat, level dan kedudukan. Semuanya
sama di hadapan Allah. Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah kecuali
takwanya. Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ
مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ
عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (13)
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu
dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa -
bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang
yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa
diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (Qs. Al Hujurat [49] : 13).
Miniatur hari kiamat, pada
hari itu tidak ada yang dapat menolong manusia kecuali amalnya sendiri. saudara
yang kita harap-harapkan dapat membantu kita, mereka
justru lari meninggalkan kita, يَوْمَ
يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ
(Qs. ‘Abasa [80] : 34). Anak-anak yang
begitu sayang kepada orang tua ketika berada di dunia juga lari meninggalkan
orang tua mereka : وَأُمِّهِ وَأَبِيهِ (35) (Qs. ‘Abasa [80] : 35).
Demikian juga dengan istri dan sanak keluarga : وَصَاحِبَتِهِ
وَبَنِيهِ (36) (Qs. ‘Abasa [80] : 36). Semuanya disibukkan oleh urusan
masing-masing : لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ
يَوْمَئِذٍ شَأْنٌ يُغْنِيهِ (37)
(Qs. ‘Abasa [80] : 37). Sudahkah kita mempersiapkan diri menghadapi hari
itu dengan amal badan dan amal harta yang kita punya?!
Jama’ah ‘Idul Adha yang dimuliakan Allah …
Mencari harta itu sulit. Namun ada yang lebih sulit, yaitu berjuang melawan
hawa nafsu dan bisikan setan yang selalu mengajak agar menahan harta, tidak
berkurban, tidak bersedekah. Sehingga mati dalam keadaan menumpuk harta, tidak
pernah berbuat untuk agama Allah Swt walau seujung kuku.
Setelah melaksanakan Wuquf di Arafah, jamaah haji
pun pergi menuju Muzdalifah, kemudian menginap di Mina selama tiga hari untuk
melontar jumrah. Ritual melontar jumrah ini mengingatkan kita kepada kisah Nabi
Ibrahim yang ketika itu akan menyembelih putranya Ismail, kemudian digoda oleh
setan agar tidak melaksanakan perintah Allah itu. Namun Nabi Ibrahim menolak
ajakannya dan melontarnya dengan batu. Dari kisah dan ritual ini
tersimpan hikmah bahwa setan tidak akan pernah bosan
menggoda manusia. Allah Swt berfirman:
ثُمَّ لَآَتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ
أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا
تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (17)
“Kemudian
saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka,
dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan
mereka bersyukur (taat)”. (Qs. Al A’raf [7]: 17). Setan akan datang dari
depan, dari belakang, dari arah kanan dan kiri manusia. Oleh sebab itu manusia
mesti mengerti hakikat setan dan menjadikannya sebagai
musuh yang sebenarnya:
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ
فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا
“Sesungguhnya
syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu)”.
(Qs. Fathir [35]: 6).
اللهُ
اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ
اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ
Pada tanggal 10 Dzulhijjah,
jamaah haji yang berada di Mina dan seluruh kaum
muslimin menyembelih hewan kurban melaksanakan perintah Allah: فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
(2) Maka dirikanlah
shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. (Qs. Al Kautsar [108]: 2). Dalam
ibadah kurban ini terkandung makna melaksanakan perintah Allah, ketika Allah
memerintahkan Nabi Ibrahim agar menyembelih putranya, kemudian
Allah mengganti sembelihan itu dengan seekor kambing: وَفَدَيْنَاهُ
بِذِبْحٍ عَظِيمٍ (107) “Dan Kami tebus anak
itu dengan seekor sembelihan yang besar”. (Qs. Ash-Shaffat [27]: 107).
Disamping itu dalam ibadah kurban ini terkandung makna kepedulian sosial,
memperhatikan nasib orang lain dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain serta
mengikis sifat kikir yang ada dalam diri kita, Allah
berfirman: وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ
فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ “Dan
siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang
beruntung”. (Qs. Al Hasyr [59]: 9). Ibadah kurban juga mengisyaratkan kepada
makna menyembelih sifat kebinatangan yang ada dalam diri manusia, sifat rakus,
tamak, tidak peduli sesama dan sifat-sifat binatang lainnya.
Berkurban hari
ini bukan hanya sekedar mampu melawan setan dan mengeluarkan uang untuk
menyembelih hewan kurban. Tapi ini adalah langkah awal menuju
pengorbanan-pengorbanan lainnya untuk agama Allah Swt. Masih banyak hamba-hamba
Allah Swt yang perlu dibantu. Anak-anak yatim dan orang terlantar yang
membutuhkan uluran tangan. Harta yang banyak tidak dapat membantu di hadapan
Allah Swt, yang akan menolong adalah amal badan dan harta yang pernah kita
infaqkan di jalan Allah Swt. Berapa banyak harta yang kita cari, tapi kita
tidak pernah menikmatinya, tapi dinikmati ahli waris, bahkan orang lain yang
tidak memiliki nasab dan hubungan darah dengan kita. Kalau ingin menikmati
harta yang kita cari dengan tetes peluh dan air mata, maka gunakanlah di jalan
Allah Swt.
Semoga momen ‘Idul
Adha kembali mengingatkan kita akan pentingnya: pendidikan anak, seimbang dalam
usaha dan tawakkal, dan yang jauh lebih penting adalah berkurban untuk agama
Allah Swt.
بَارَكَ اللهُ لِي
وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه
مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ
وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا
اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah Kedua:
اللهُ اَكْبَرْ
(3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا
وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
وَاللهُ وَ اللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ.
اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَزَجَرَ
وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى: اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى
اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَزَجَرَ
وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى: اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى
يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا
عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ
مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ
وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى
بَكْرٍوَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ
وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ
الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ
اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ
وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ
عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ
مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ
كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.
اللهُمَّ ادْفَعْ
عَنَّا اْلبَلاَءَ
وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا
ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا
خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ
اْلعَالَمِيْنَ.
رَبَّنَا آتِناَ فِى
الدُّنْيَا حَسَنَةً
وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا
اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ
مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
عِبَادَاللهِ اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا
بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى
عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ
تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ
عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ