(Dikutip Dari Kitab: Kifâyat
al-Akhyâr fi Hall Ghâyat al-Ikhtishâr,
Karya: Imam
Taqiyuddin Abu Bakr bin Muhammad al-Husaini al-Hishni ad-Dimasyqi asy-Syafi’i.
Juz: 1, halaman: 114-115).
(كفاية الأخيار في حل غاية الإختصار، تقي الدين أبو بكر بن
محمد الحسيني الحصني الدمشقي الشافعي: جـ: 1، صـ: 114-115).
وأما القنوت فيستحب في اعتدال
الثانية في الصبح لما رواه أنس رضي الله عنه قال: {ما زال رسول الله صلى الله عليه
وسلم يقنت في الصبح حتى فارق الدنيا} رواه الإمام أحمد وغيره قال ابن الصلاح: قد حكم
بصحته غير واحد من الحفاظ: منهم الحاكم والبيهقي والبلخي قال البيهقي: العمل بمقتضاه
عن الخلفاء الأربعة،
Adapun Qunut, maka
dianjurkan pada I’tidal kedua dalam shalat Shubuh berdasarkan riwayat Anas, ia
berkata: “Rasulullah Saw terus menerus membaca doa Qunut pada shalat Shubuh
hingga beliau meninggal dunia”. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan imam lainnya.
Imam Ibnu ash-Shalah berkata, “Banyak para al-Hafizh (ahli hadits) yang
menyatakan hadits ini adalah hadits shahih. Diantara mereka adalah Imam
al-Hakim, al-Baihaqi dan al-Balkhi”. Al-Baihaqi berkata, “Membaca doa Qunut
pada shalat Shubuh ini berdasarkan tuntunan dari empat Khulafa’ Rasyidin”.
وكون القنوت في الثانية رواه
البخاري في صحيحه وكونه بعد رفع الرأس من الركوع فلما رواه الشيخان عن أبي هريرة رضي
الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم: {لما قنت في قصة قتلى بئر معونة قنت بعد
الركوع فقسنا عليه قنوت الصبح} نعم في الصحيحين عن أنس رضي الله عنه أن رسول الله صلى
الله عليه وسلم {كان يقنت قبل الرفع من الركوع} قال البيهقي: لكن رواة القنوت بعد الرفع
أكثر وأحفظ فهذا أولى فلو قنت قبل الركوع قال في الروضة: لم يجزئه على الصحيح ويسجد
للسهو على الأصح.
Bahwa Qunut Shubuh
itu pada rakaat kedua berdasarkan riwayat Imam al-Bukhari dalam kitab
Shahihnya. Bahwa doa Qunut itu setelah ruku’, menurut riwayat Imam al-Bukhari
dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa ketika Rasulullah Saw membaca doa Qunut pada
kisah korban pembunuhan peristiwa sumur Ma’unah, beliau membaca Qunut setelah
ruku’. Maka kami Qiyaskan Qunut Shubuh kepada riwayat ini. Benar bahwa dalam
kitab Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan dari Anas bahwa
Rasulullah Saw membaca doa Qunut sebelum ruku’. Al-Baihaqi berkata: “Akan
tetapi para periwayat hadits tentang Qunut setelah ruku’ lebih banyak dan lebih
hafizh, maka riwayat ini lebih utama”. Jika seseorang membaca Qunut sebelum
ruku’, Imam Nawawi berkata dalam kitab ar-Raudhah, “Tidak sah menurut pendapat
yang shahih, ia mesti sujud sahwi menurut pendapat al-Ashahh”.
ولفظ القنوت
{اللهم اهدني فيمن هديت وعافني
فيمن عافيت وتولني فيمن توليت وبارك لي فيما أعطيت وقني شر ما قضيت فإنك تقضي ولا يقضى
عليك وإنه لا يذل من واليت تباركت ربنا وتعاليت}
هكذا رواه أبو داود والترمذي والنسائي
وغيرهم بإسناد صحيح أعني بإثبات الفاء في فإنك وبالواو في وإنه لا يذل. قال الرافعي:
وزاد العلماء {ولا يعز من عاديت} قبل {تباركت ربنا وتعاليت}، وقد جاءت في رواية البيهقي،
وبعده {فلك الحمد على ما قضيت أستغفرك وأتوب إليك}. واعلم أن الصحيح أن هذا الدعاء
لا يتعين حتى لو قنت بآية تتضمن دعاء، وقصد القنوت تأدت السنة بذلك،
Lafaz Qunut:
“Ya Allah, berilah
hidayah kepadaku seperti orang-orang yang telah Engkau beri hidayah. Berikanlah
kebaikan kepadaku seperti orang-orang yang telah Engkau beri kebaikan. Berikan
aku kekuatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kekuatan. Berkahilah
bagiku terhadap apa yang telah Engkau berikan. Peliharalah aku dari kejelekan
yang Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau menetapkan dan tidak ada sesuatu yang
ditetapkan bagi-Mu. Tidak ada yang merendahkan orang yang telah Engkau beri
kuasa. Maka Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Engkau Maha Agung”.
Demikian diriwayatkan
oleh Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i dan lainnya dengan sanad sahih. Maksud
saya, dengan huruf Fa’ pada kata: فإنك
dan huruf Waw pada kata: وإنه لا يذل.
Imam ar-Rafi’i
berkata: “Para ulama menambahkan kalimat: ولا يعز من عاديت
(Tidak ada yang dapat memuliakan orang yang telah Engkau hinakan). Sebelum
kalimat: تباركت ربنا وتعاليت (Maka Suci Engkau wahai Tuhan
kami dan Engkau Maha Agung).
Dalam riwayat Imam
al-Baihaqi disebutkan, setelah doa ini membaca doa:
فلك الحمد على ما قضيت أستغفرك وأتوب إليك
(Segala puji bagi-Mu
atas semua yang Engkau tetapkan. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu).
Ketahuilah bahwa
sebenarnya doa ini tidak tertentu. Bahkan jika seseorang membaca Qunut dengan
ayat yang mengandung doa dan ia meniatkannya sebagai doa Qunut, maka sunnah
telah dilaksanakan dengan itu.
ويقنت الإمام بلفظ الجمع بل
يكره تخصيص نفسه بالدعاء لقوله صلى الله عليه وسلم {لا يؤم عبد قوماً فيخص نفسه بدعوة
دونهم فإن
فعل فقد خانهم} رواه أبو داود والترمذي وقال: حديث حسن، ثم سائر الأدعية في حق الإمام
كذلك أي يكره له إفراد نفسه صرح به الغزالي في الإحياء وهو مقتضى كلام الأذكار للنووي.
Imam membaca Qunut
dengan lafaz jama’, bahkan makruh bagi imam mengkhususkan dirinya dalam berdoa,
berdasarkan sabda Rasulullah Saw: “Janganlah seorang hamba mengimami sekelompok
orang, lalu ia mengkhususkan dirinya dengan suatu doa tanpa mengikutsertakan
mereka. Jika ia melakukan itu, maka sungguh ia telah mengkhianati mereka”.
Diriwayatkan oleh Abu Daud dan at-Tirmidzi. Imam at-Tirmidzi berkata: “Hadits
hasan”. Kemudian demikian juga halnya dengan semua doa-doa, makruh bagi imam
mengkhususkan dirinya saja. Demikian dinyatakan oleh Imam al-Ghazali dalam
kitab Ihya’ ‘Ulumiddin. Demikian juga makna pendapat Imam Nawawi dalam
al-Adzkar.
والسنة أن يرفع يديه ولا يمسح
وجهه لأنه لم يثبت قاله البيهقي ولا يستحب مسح الصدر بلا خلاف بل نص جماعة على كراهته
قاله في الروضة. ويستحب القنوت في آخر وتره وفي النصف الثاني من رمضان كذا رواه الترمذي
عن علي رضي الله عنه وأبو داود عن أبي بن كعب، وقيل يقنت كل السنة في الوتر قاله النووي
في التحقيق فقال: إنه مستحب في جميع السنة، قيل يقنت في جميع رمضان، ويستحب فيه قنوت
عمر رضي الله عنه ويكون قبل قنوت الصبح قاله الرافعي وقال النووي: الأصح بعده لأن قنوت
الصبح ثابت عن النبي صلى الله عليه وسلم في الوتر فكان تقديمه أولى، والله أعلم.