Hadits-hadits tentang keutamaan malam Nisfhu Sya’ban disebutkan dalam Musnad
Ahmad, al-Mu’jam al-Kabir karya Imam ath-Thabrani dan Musnad
al-Bazzar.
يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ
وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ
إِلا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
“Allah Swt memperhatikan para makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban.
Ia mengampuni seluruh makhluk-Nya, kecuali musyrik dan orang yang bertengkar
(belum berdamai)”.
Dinyatakan shahih oleh Syekh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah,
no. 1144.
Tabi’in Negeri
Syam Menghidupkan Malam Nishfu Sya’ban.
يذكر
القسطلانى فى كتابه "المواهب اللدنية"ج 2 ص 259 أن التابعين من أهل
الشام كخالد بن معدان ومكحول كانوا يجتهدون ليلة النصف من شعبان فى العبادة ،
وعنهم أخذ الناس تعظيمها
Imam
al-Qasthallani menyebutkan dalam kitab al-Mawahib al-Ladunniyyah,
juz.II, hal.259, “Sesungguhnya kalangan Tabi’in negeri Syam seperti Khalid bin
Ma’dan dan Mak-hul bersungguh-sungguh menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan
ibadah. Dari merekalah orang banyak mengambil pengagungan malam Nishfu Sya’ban.
Tabi’in itu termasuk kalangan Salaf,
artinya sejak zaman Salaf telah ada pengagungan malam Nisfu Sya’ban.
Adapun tentang cara menghidupkan
malam Nishfu Sya’ban, Imam al-Qasthallani melanjutkan,
اختلف
علماء أهل الشام فى صفة إحيائها على قولين ، أحدهما أنه يستحب إحياؤها جماعة فى
المسجد، وكان خالد بن معدان ولقمان ابن عامر وغيرهما يلبسون فيها أحسن ثيابهم
ويتبخرون ويكتحلون ويقومون فى المسجد ليلتهم تلك ، ووافقهم إسحاق بن راهويه على
ذلك وقال فى قيامها فى المساجد جماعة : ليس ذلك ببدعة، نقله عنه حرب الكرمانى فى
مسائله . والثانى أنه يكره الاجتماع فى المساجد للصلاة والقصص والدعاء ، ولا يكره
أن يصلى الرجل فيها لخاصة نفسه ، وهذا قول الأوزاعى إمام أهل الشام وفقيههم
وعالمهم .
Ulama negeri Syam berbeda pendapat tentang
cara menghidupkan malam Nishfu Sya’ban, ada dua pendapat:
Pertama,
dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Sya’ban berjamaah di masjid. Khalid bin
Ma’dan, Luqman bin ‘Amir dan tabi’in lain pada malam Nisfu Sya’ban itu memakai
pakaian terbaik, memakai harum-haruman, memakai celak, mereka menghidupkan
malam Nishfu Sya’ban di masjid. Imam Ishaq bin Rahawaih setuju dengan mereka
dalam hal itu dan ia berkata tentang menghidupkan malam Nishfu Sya’ban di
masid: tidak bid’ah. Demikian diriwayatkan oleh al-Kirmani dalam al-Masa’il.
Kedua,
makruh berkumpul di masjid-masjid untuk shalat, kisah-kisah dan doa. Tidak
makruh jika seseorang melaksanakan shalat secara khusus untuk dirinya sendiri.
Ini pendapat Imam al-Auza’i imam, faqih dan ulama negeri Syam[1].
Pendapat Imam Ibnu Taimiah.
إذَا صَلَّى
الْإِنْسَانُ لَيْلَةَ النِّصْفِ وَحْدَهُ أَوْ فِي جَمَاعَةٍ خَاصَّةٍ كَمَا
كَانَ يَفْعَلُ طَوَائِفُ مِنْ السَّلَفِ فَهُوَ أَحْسَنُ . وَأَمَّا
الِاجْتِمَاعُ فِي الْمَسَاجِدِ عَلَى صَلَاةٍ مُقَدَّرَةٍ . كَالِاجْتِمَاعِ
عَلَى مِائَةِ رَكْعَةٍ بِقِرَاءَةِ أَلْفٍ : { قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ }
دَائِمًا . فَهَذَا بِدْعَةٌ لَمْ يَسْتَحِبَّهَا أَحَدٌ مِنْ الْأَئِمَّةِ .
وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
Apabila
seseorang melaksanakan shalat pada malam Nishfu Sya’ban sendirian atau
berjamaah secara khusus seperti yang dilakukan beberapa kelompok Salaf, maka
itu baik. Adapun berkumpul di masjid-masjid dengan shalat tertentu seperti
berkumpul melaksanakan shalat seratus raka’at dengan membaca seribu kali surat
al-Ikhlas secara terus menerus, maka itu bid’ah, tidak seorang pun dari
para imam menganjurkannya. Wallahu a’lam[2].
Assalamu alaikum ustad, besok 15 Sya'ban 1436 H apakah sebaiknya berpuasa...???
BalasHapusassalamu'alaikum ustad bagaimana status puasa di hari nihfsu sya'ban?
BalasHapusIlmu yg brmanfaat. Mksh buya
BalasHapusartikelnya sangat bermanfaat sekali :)
BalasHapushttp://goo.gl/GlW466
ustad tolong bahas masalah RIBA soalnya ini masalah besar di tengah masyarakat kita , sekan akan riba itu ga dosa ustad karena tidak merugikan orang lain menurut sebagian orang tolong jelaskan ustad, sementara kita dilarang untuk berbuat riba , saksi nya pemberi riba dan yang menerima riba itu sama dosa nya . tolong jelaskan pak ustad
BalasHapusassalamu alaikum pak ustaadz .tolong sekali2 . membahas tentang muhammad alfatih dari kecil sampai besar . guru2 beliau wkt masih kecil . ilmu yg dia pelajari sprti tasawwuf ilmu kalam ilmu perang,dan apakah beliau juga ber tareqat dan madzhab nya . dan apakah hadist nabi tentang pembukaan kota konstantin merujuk kpd muhammad alfatih ,trima kasih pak ustadz dan apakah muhammad alfatih aswaja juga pak ustadz
BalasHapusassalamualaikum..
BalasHapustanya ustad. apakah betul di malam nishfu sya'ban ada sholat nishfu sya'ban 2 raka'at dengan niat ussholi sunatan nishfu sya'ban.?
Assalamualaikum ustadz saya nyimak trs kajianya semoga tambah ilmu
BalasHapusAssalamualaikum ustadz masih di Jombang ustadz.
BalasHapus