Selasa, 20 Maret 2012

TALAK DIWAKILKAN DAN LEWAT SURAT

Pertanyaan:
Apakah sah talak yang diwakilkan dan lewat surat?

Jawaban:
حكم التوكيل في الطلاق:
Hukum Mewakilkan Thalaq
Diterjemahkan dari Kitab Mausu’ah al-Fiqh al-Islamy
Ensiklopaedia Fiqh Islam.
الرجل كما يملك الطلاق بنفسه يملك إنابة غيره فيه، ويقع الطلاق من غير الزوج بإذنه إما بالتوكيل، أو التفويض، أو الرسالة.
فالتوكيل: إنابة الزوج غيره في طلاق زوجته كأن يقول لغيره: وكّلتك في طلاق زوجتي، فإذا قَبِل الوكيل الوكالة، ثم قال لزوجة موكِّله: أنت طالق، فقد وقع الطلاق، وكل من صح طلاقه صح توكيله، والوكيل في الطلاق مقيد بالعمل برأي الموكِّل، فإذا تجاوزه لم ينفذ تصرفه إلا بإجازة الموكِّل، وللموكِّل أن يعزل الوكيل متى شاء.
وإذا وكل الزوج زوجته في طلاق نفسها صح توكيلها، وطلاقها لنفسها؛ لأنه يصح توكيلها في طلاق غيرها، فكذا في طلاق نفسها.
Sebagaimana seorang laki-laki memiliki hak thalaq pada dirinya sendiri, maka ia juga memiliki hak untuk mewakilkan thalaq kepada orang lain. Thalaq tetap dianggap jatuh meskipun tidak dijatuhkan suami (secara langsung), akan tetapi dijatuhkan oleh orang lain dengan izin suami, apakah dengan cara diwakilkan kepada orang lain, pelimpahan kuasa atau dengan surat. Makna mewakilkan adalah: suami mewakilkan kepada orang lain untuk menceraikan istrinya, misalnya ia mengatakan kepada orang lain: “Saya wakilkan kepada engkau dalam hal menceraikan istri saya”. Jika si wakil menerimanya, kemudian mengatakan kepada istri orang yang mewakilkan: “Engkau telah diceraikan”. Maka talaqnya jatuh. Semua orang yang sah thalaqnya, maka sah pula jika ia mewakilkan kepada orang lain. Orang yang menjadi wakil dalam masalah thalaq terikat dengan pendapat orang yang mewakilkan. Jika orang yang menjadi wakil itu melampaui batas, maka perbuatannya tidak sah, kecuali dengan izin orang yang mewakilkan. Orang yang mewakilkan dapat menggugurkan hak wakil kapan saja ia berkehendak. Jika seorang suami mewakilkan kepada istrinya untuk menceraikan dirinya sendiri, maka perwakilan itu sah dan thalaqnya juga sah. Karena sah hukumnya jika suami mewakilkan kepada istrinya untuk menceraikan orang lain, maka sah pula hukumnya untuk menceraikan dirinya sendiri.



.حكم الطلاق بالرسالة:
الطلاق بالرسالة له صورتان:
الأولى: أن يكتب الزوج رسالة بالطلاق إلى زوجته، ويرسلها محررة إليها، كأن يكتب لها حرفياً أنت طالق، أو مطلقة ونحو ذلك مما يفيد الطلاق، فإذا استلمتها صارت طالقاً.
الثانية: أن يرسل إليها رسالة شفوية بالطلاق، كأن يقول الزوج لرجل: اذهب إلى فلانة زوجتي وقل لها: إن زوجك يقول لك أنت طالق.
فإذا ذهب الرسول إليها، وبلّغها الرسالة على وجهها، وقع الطلاق، والرسول ناقل لا مطلق.
Hukum thalaq dengan surat.
Thalaq dengan surat itu ada dua bentuk:
Pertama, suami menulis surat cerai kepada istrinya, ia kirimkan ia tujukan kepada istrinya, ia tulis secara harfiah: “Engkau telah dithalaq”, atau “Engkau diceraikan”, atau kalimat seperti itu yang mengandung makna thalaq. Ketika si istri menerima surat itu, maka thalaq jatuh pada dirinya.
Kedua, suami mengirim pesan lisan, misalnya seorang suami berkata kepada seseorang, “Pergilah engkau kepada si anu istri saya, katakana kepadanya, “Sesungguhnya suamimu telah berkata kepada bahwa engkau telah diceraikan”. Jika utusan itu pergi kepada istri yang bersangkutan dan menyampaikan pesan lisan itu, maka thalaq pun jatuh. Utusan itu hanya membawa pesan, bukan orang yang menjatuhkan thalaq.

11 komentar:

  1. Ass. Pak ustad yg terhormat bgmna hukumnya talak 3 skaligus d tulis d dlm surat..apakah syah atau tidak? Terima kasih 087773535988

    BalasHapus
  2. Ass. Pak ustad yg sy hormati. Kalau jatuh talak tiga skaligus lewat surat itu sah atw tdk? Apakah talaq tiga tersebut terhitung talak satu atau talaq tiga. Mohon jawaban dr pak ustad. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ass..sdh 1bln suami prgi tnggalkan rmh,,pd wktu prgi tdk ada pertengkaran,krn sprt biasa jka akn brngkat krja,sy sll cium tngan dan dia mncium kening sy..dan smpai saa ini tdk tw kberadaanya,no hp jg sdh tdk aktv
    yg ingin sy tanyakan,,
    1. ap yg harus sy lakukan,,sdngkan sy msh ingin kmbali lg..mnghubungi sanak saudara dan tmn2ny tdk ad yg tw
    2. ketika 4hari kpergiannya,sy mndpt sms dr adik prempuannya..’kl sama mas prosesnya lm..mbk ngurus aj sndri kpengadilan krn mas gk pnya biaya untk mngurus’,,,apkah itu sdh termasuk talaq,,sdngkan dia tdk berkata lngsung dg sy atw kluarga sy?
    3. sblm dia prgi tnggalkan sy,,kdang sy prnh berkata “kl dah gk suka,ngomong baik2 sm kel sprt dl wktu km meminta”, dan suami tdk mnjawab,,sbnrny itu hny ungkapan kekesalan sy krn dia sdh ssh dnasehati bermabuk2..apkah itu jg sdh jauh talaq?

    BalasHapus
  5. assalamualaikum..
    pk , sya rencana mau menceraikan istri saya krn semenjak jadi istriku dia selalu selingkuh.
    gmm caranya agar sy bs cerai tpi saya tdk perlu datang di pengadilan.
    tpi lwat perwakilan.
    mohon penjelasamnya pak
    mks

    BalasHapus
  6. Aslamualaikum ustad
    Saya hamba allah dari semarang mau menanyakan definisi talak itu seperti apa ya? Lalu kalau di saat perundingan membahas perceraian bersama pasangan untuk menaikkan ke pengadilan itu apakah termasuk Talak sudah jatuh? Kalau pembahasan perceraian bersama pasangan lebih dari 2 kali apakah itu termasuk talak 3 ustad? Mohon di bantu penjabaran menurut hukum islam terimakasih 085800001014

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum ustadz,
    Saya mau tanya apakah kata "duwe bojo Podo koyo gak nduwe" "artinya punya istri sama aja Kaya gak punya, apakah ini jatuh talak?
    Sedangkan saya dalam keadaan dongkol dan gak ada niat untuk talak.
    Mohon penjelasannya, 085854450045
    Terimakasih ustadz

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum ustadz,
    Saya may tanya soal harta gono gini, uang iddah setelah perceraian, itu seperti apa ya pak ustadz, posisi saya sebagai tergugat, saya di gugat oleh istri saya untuk cerai,, apakah tetap diberikan iddah? dan bagaimana dengan harta gono gini?

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum warohmatulloh...
    Tuan Guru UAS ..., kalo blh saya bertanya apakah diterima taubatan seorg hambaNYA yg telah mengucapkan talak 3 kpd istrinya dg harapan bs kembali rujuk tanpa sang istri dinikahi dulu hambaNYA yg lain? Bagiamana seandainya jk ternyata hakim ketua ketuk palu dan memutuskan hal itu sbg talak 1 atao 2 , Bgmn proses rujuknya? Mohon pencerahannya ..., matur nuwun...

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum warohmatulloh...
    Tuan Guru UAS ..., kalo blh saya bertanya apakah diterima taubatan seorg hambaNYA yg telah mengucapkan talak 3 kpd istrinya dg harapan bs kembali rujuk tanpa sang istri dinikahi dulu oleh hambaNYA yg lain? Bagiamana seandainya jk ternyata hakim ketua ketuk palu dan memutuskan hal itu sbg talak 1 atao 2 , Mohon pencerahannya ..., matur nuwun 08558418444

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum pak ustad.. saya pernah bilang gini ke istri ( kalo ga mau sama saya yasudah ga usah sama saya) tapi dalam hati saya sebenernya ga mau bilang gitu !! dan itu teradi ketika dalam keadaan marah pak.. bgmana hukum nya pak?

    BalasHapus