Apakah ada dalil azab kubur dalam al-Qur’an?
أن نعيم البرزخ وعذابه مذكور في القرآن في غير
موضع
Sesungguhnya kenikmatan dan azab kubur disebutkan dalam al-Quran
di beberapa tempat. (Sumber: ar-Ruh, Ibnu Qayyim al-Jauziah: hal.75).
Ayat Pertama:
وَلَوْ تَرَى
إِذِ الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلَائِكَةُ بَاسِطُو
أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوا أَنْفُسَكُمُ الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا
كُنْتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنْتُمْ عَنْ آَيَاتِهِ
تَسْتَكْبِرُونَ
“Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu
melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut,
sedang Para Malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata):
"Keluarkanlah nyawamu" di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang
sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan)
yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap
ayat-ayatNya”. (Qs. Al-An’am [6]: 93).
وهذا
خطاب لهم عند الموت وقد أخبرت الملائكة وهم الصادقون أنهم حينئذ يجزون عذاب الهون
ولو تأخر عنهم ذلك إلى انقضاء الدنيا لما صح أن يقال لهم اليوم تجزون
Kalimat ini ditujukan kepada mereka
ketika mati. Malaikat memberitahukan, mereka sangat benar, bahwa ketika itu
orang-orang zalim diazab dengan azab yang menghinakan. Andai azab itu ditunda
hingga dunia kiamat, maka tidak mungkin dikatakan kepada mereka: “Di hari ini
kamu dibalas”.
Ayat Kedua:
فَوَقَاهُ اللَّهُ
سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا وَحَاقَ بِآَلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ (45)
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ
أَدْخِلُوا آَلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ
“Maka Allah memeliharanya dari kejahatan
tipu daya mereka, dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang Amat
buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang[1324], dan pada
hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun
dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. (Qs. Ghafir [40]: 45-46).
[1324] Maksudnya: dinampakkan kepada
mereka neraka pagi dan petang sebelum hari berbangkit.
فذكر عذاب
الدارين ذكرا صريحا لا يحتمل غيره
Disebutkan dua jenis azab secara
jelas, tidak mengandung makna lain.
Ayat Ketiga:
فَذَرْهُمْ
حَتَّى يُلَاقُوا يَوْمَهُمُ الَّذِي فِيهِ يُصْعَقُونَ (45) يَوْمَ لَا يُغْنِي
عَنْهُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا وَلَا هُمْ يُنْصَرُونَ (46) وَإِنَّ لِلَّذِينَ
ظَلَمُوا عَذَابًا دُونَ ذَلِكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ (47)
“45. Maka biarkanlah mereka hingga
mereka menemui hari (yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka
dibinasakan,
46. (yaitu) hari ketika tidak
berguna bagi mereka sedikitpun tipu daya mereka dan mereka tidak ditolong.
47. Dan Sesungguhnya untuk
orang-orang yang zalim ada azab selain daripada itu. tetapi kebanyakan mereka
tidak mengetahui[1427]”. (Qs. Ath-Thur [52]: 45-47).
[1427] Yang dimaksud azab yang lain
ialah adanya musim kemarau, kelaparan malapetaka yang menimpa mereka, azab
kubur dan lain-lain.
وهذا
يحتمل أن يراد به عذابهم بالقتل وغيره في الدنيا وأن يراد به عذابهم في البرزخ وهو
أظهر لأن كثيرا منهم مات ولم يعذب في الدنيا وقد يقال وهو أظهر أن من مات منهم عذب
في البرزخ ومن بقى منهم عذب في الدنيا بالقتل وغيره فهو وعيد بعذابهم في الدنيا
وفي البرزخ
Ada kemungkinan bahwa yang dimaksud
dengan azab adalah azab bagi mereka dengan azab dalam bentuk pembunuhan di
dunia dan azab lainnya, juga azab bagi mereka di alam barzakh, azab di alam
barzakh lebih kuat, karena banyak diantara mereka yang mati tanpa azab di dunia.
Pendapat yang kuat, siapa yang mati diantara mereka diazab di alam barzakh, ada
diantara mereka yang diazab di dunia dengan azab pembunuhan dan jenis azab
lainnya, ini adalah ancaman azab bagi mereka di dunia dan di alam barzakh.
Ayat Ketiga:
وَلَنُذِيقَنَّهُمْ
مِنَ الْعَذَابِ الْأَدْنَى دُونَ الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
“Dan sesungguhnya Kami merasakan
kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih
besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (Qs. As-Sajadah
[32]: 21).
فهم
منها عذاب القبر فانه سبحانه أخبر أن له فيهم عذابين أدنى وأكبر فأخبر أنه يذيقهم
بعض الأدنى ليرجعوا فدل على أنه بقى لهم من الأدنى بقية يعذبون بها بعد عذاب
الدنيا ولهذا قال من العذاب الأدنى ولم يقل ولنذيقنهم العذاب الأدنى فتأمله
Abdullah bin Abbas memahami ayat ini
bahwa maksudnya adalah azab kubur, karena Allah Swt meberitahukan bahwa bagi
mereka dua azab; yang dekat (di dunia) dan yang besar (di akhirat). Allah Swt
memberitahukan bahwa Ia merasakan bagi mereka sebagian dari azab yang dekat (di
dunia) agar mereka kembali (ke jalan yang benar), ini menunjukkan bahwa masih
tersisa azab lain dari azab yang dekat (di dunia) yang akan ditimpakan bagi
mereka setelah azab di dunia. Oleh sebab itu disebutkan:
[من العذاب الأدنى ] “Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian
dari azab yang dekat (di dunia).
Tidak dikatakan: [ولنذيقنهم العذاب الأدنى ] “Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka azab yang
dekat”. Fikirkanlah !
Hadits-Hadits
Azab Kubur.
عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ قَالَ مَرَّ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - بِقَبْرَيْنِ فَقَالَ «
إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِى كَبِيرٍ أَمَّا أَحَدُهُمَا
فَكَانَ لاَ يَسْتَتِرُ مِنَ الْبَوْلِ ، وَأَمَّا الآخَرُ فَكَانَ يَمْشِى
بِالنَّمِيمَةِ » . ثُمَّ أَخَذَ جَرِيدَةً رَطْبَةً ، فَشَقَّهَا نِصْفَيْنِ ،
فَغَرَزَ فِى كُلِّ قَبْرٍ وَاحِدَةً . قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ ، لِمَ
فَعَلْتَ هَذَا قَالَ « لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا » .
Dari Abdullah bin Abbas, ia berkata:
Rasulullah Saw melewati dua kubur, beliau bersabda: “Kedua penghuni kubur ini
diazab, mereka diazab bukan karena dosa besar, salah satu dari mereka tidak
menutup ketika buang air kecil, salah satu dari mereka berjalan membawa ucapan
orang lain (gosip)”. Kemudian Rasulullah Saw mengambil satu pelepah kurma yang
basah, lalu membaginya menjadi dua bagian, kemudian menanamkan dua bagian tersebut
ke kedua makam itu. Para shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, mengapa engkau
melakukan ini?”. Rasululullah Saw menjawab: “Semoga azab keduanya diringankan
selama pelepah kurma ini basah”. (Hadits riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim).
Hadits Kedua:
بَيْنَمَا
النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فِى حَائِطٍ لِبَنِى النَّجَّارِ عَلَى بَغْلَةٍ لَهُ
وَنَحْنُ مَعَهُ إِذْ حَادَتْ بِهِ فَكَادَتْ تُلْقِيهِ وَإِذَا أَقْبُرٌ سِتَّةٌ
أَوْ خَمْسَةٌ أَوْ أَرْبَعَةٌ - قَالَ كَذَا كَانَ يَقُولُ الْجُرَيْرِىُّ -
فَقَالَ « مَنْ يَعْرِفُ أَصْحَابَ هَذِهِ الأَقْبُرِ ». فَقَالَ رَجُلٌ أَنَا.
قَالَ
« فَمَتَى مَاتَ هَؤُلاَءِ ». قَالَ مَاتُوا فِى الإِشْرَاكِ. فَقَالَ « إِنَّ
هَذِهِ الأُمَّةَ تُبْتَلَى فِى قُبُورِهَا فَلَوْلاَ أَنْ لاَ تَدَافَنُوا
لَدَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُسْمِعَكُمْ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ الَّذِى أَسْمَعُ
مِنْهُ ». ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ فَقَالَ « تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ
مِنْ عَذَابِ النَّارِ ». قَالُوا نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ
فَقَالَ « تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ». قَالُوا نَعُوذُ
بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. قَالَ « تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنَ الْفِتَنِ
مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ». قَالُوا نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الْفِتَنِ مَا
ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ قَالَ « تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ فِتْنَةِ
الدَّجَّالِ ». قَالُوا نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ.
Ketika Rasulullah Saw melewati kebun
Bani Najjar, beliau menunggang Bighal (lebih besar dari keledai, lebih kecil
dari kuda), kami (para shahabat) bersama beliau, tiba-tiba Bighal itu liar,
nyaris membuat Rasulullah Saw jatuh, ada enam atau lima atau empat kubur –demikian
dinyatakan al-Jurairi- Rasulullah Saw bertanya: “Siapakah yang mengenal kubur
siapakah ini?”. Seorang laki-laki menjawab: “Saya”.
Rasulullah Saw bertanya: “Bilakah
mereka meninggal dunia?”. Laki-laki itu menjawab: “Mereka mati dalam keadaan
musyrik”. Rasulullah Saw berkata: “Ummat ini disiksa di dalam kubur mereka,
kalaulah bukan karena kamu akan takut dikubur, pastilah aku berdoa kepada Allah
supaya memperdengarkan kepada kamu azab kubur yang aku dengar”. Kemudian Rasulullah
Saw menghadap kami seraya berkata: “Mohonkanlah perlindungan kepada Allah dari
azab neraka”. Kami ucapkan: “Kami berlindung kepada Allah dari azab neraka”. Rasulullah
Saw berkata: “Mohonkanlah perlindungan kepada Allah dari azab kubur”. Kami ucapkan:
“Kami berlindung kepada Allah dari azab kubur”. Rasulullah Saw berkata: “Mohonkanlah
perlindungan kepada Allah dari azab yang tampak dan yang tak tampak”. Mereka mengucapkan:
“Kami berlindung kepada Allah dari azab yang terlihat dan tidak terlihat”. Rasulullah
Saw berkata: “Mohonkanlah perlindungan dari azab dajal”. Mereka mengucapkan: “Kami
berlindung kepada Allah dari azab dajal”. (Hadits riwayat Muslim).
Hadits Ketiga:
إِذَا فَرَغَ
أَحَدُكُمْ مِنَ التَّشَهُّدِ الأَخِيرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ
مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا
وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
“Apabila salah seorang kamu selesai dari
tasyahud akhir, maka mohonkanlah perlindungan kepada Allah dari empat perkara:
dari azab jahanam, dari azab kubur, dari azab hidup dan mati dan dari azab
al-masih dajal”. (Hadits riwayat Ibnu Majah).
Hadit Keempat:
عَنْ أَبِى
أَيُّوبَ - رضى الله عنهم - قَالَ خَرَجَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم -
وَقَدْ وَجَبَتِ الشَّمْسُ ، فَسَمِعَ صَوْتًا فَقَالَ « يَهُودُ تُعَذَّبُ فِى
قُبُورِهَا » .
Dari Abu Ayyub, ia berkata: “Rasulullah
Saw keluar ketika matahari telah tenggelam, Rasulullah Saw mendengar suatu
suara, beliau berkata: “Ada orang Yahudi yang disiksa di kuburnya”. (Hadits
riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim).
Hadits Kelima:
عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ دَخَلَتْ عَلَىَّ عَجُوزَانِ مِنْ عُجُزِ يَهُودِ الْمَدِينَةِ فَقَالَتَا
لِى إِنَّ أَهْلَ الْقُبُورِ يُعَذَّبُونَ فِى قُبُورِهِمْ ، فَكَذَّبْتُهُمَا ،
وَلَمْ أُنْعِمْ أَنْ أُصَدِّقَهُمَا ، فَخَرَجَتَا وَدَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -
صلى الله عليه وسلم - فَقُلْتُ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ عَجُوزَيْنِ
وَذَكَرْتُ لَهُ ، فَقَالَ « صَدَقَتَا ، إِنَّهُمْ يُعَذَّبُونَ عَذَابًا تَسْمَعُهُ
الْبَهَائِمُ كُلُّهَا » . فَمَا رَأَيْتُهُ بَعْدُ فِى صَلاَةٍ إِلاَّ تَعَوَّذَ
مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ .
Dari Aisyah, ia berkata: “Dua orang
perempuan tua Yahudi kota Madinah menemui Aisyah seraya berkata: “Sesungguhnya
penghuni kubur diazab di dalam kubur mereka”, maka saya mendustakan mereka,
saya tidak nyaman untuk mempercayai mereka, lalu kedua orang itu pergi,
kemudian Rasulullah Saw datang, lalu saya berkata kepada Rasulullah, “Wahai
Rasulullah, sesungguhnya ada dua orang perempuan Yahudi”, saya sebutkan hal itu
kepada Rasulullah Saw, beliau bersabda: “Kedua perempuan Yahudi itu benar,
penghuni kubur diazab di dalam kubur, azab mereka dapat didengar semua hewan”. Saya
tidak pernah melihat Rasulullah Saw selesai shalat melainkan memohon perlindungan
dari azab kubur”. (Hadits riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar