Minggu, 29 April 2012

Keutamaan Surat Al-Mulk.



وعن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال
من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة
 وإنها في كتاب الله عز وجل سورة من قرأ بها في ليلة فقد أكثر وأطاب
 رواه النسائي واللفظ له والحاكم وقال صحيح الإسناد
Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata:
“Siapa yang membaca tabarakalladzi bi yadihi al-mulk (surat al-Mulk), maka Allah Swt mencegahnya dari azab kubur.
Kami pada masa Rasulullah Saw menyebutnya surat al-Mani’ah (pencegah).
Sesungguhnya dalam kitab Allah ada satu surat, siapa yang membacanya pada satu malam maka sungguh ia telah berbuah banyak dan melakukan kebaikan”.

Dalam riwayat al-Hakim:
سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر. رواه الحاكم، وقال: صحيح الإسناد ـ ووافقه الذهبي.
Surat Tabarak (al-Mulk) adalah pencegah dari azab kubur. Diriwayatkan oleh al-Hakim. Ia berkata: “Sanadnya shahih”. Disetujui oleh Imam adz-Dzahabi.

وعن أبي هريرة ـ رضي الله عنه ـ عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إن سورة في القرآن ثلاثون آية شفعت لرجل حتى غفر له، وهي: تبارك الذي بيده الملك. رواه أبو داود والترمذي،
Dari Abu Hurairah. Dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda: “Sesungguhnya di dalam al-Qur’an ada satu surat, tiga puluh ayat, memberikan syafaat kepada seseorang hingga ia diampuni. Itulah surat tabarakalladzi bi yadili al-Mulk”. (HR. Abu Daud dan at-Tirmidzi).
وعن ابن مسعود ـ رضي الله عنه ـ قال: يؤتى الرجل في قبره فتؤتى رجلاه فتقول رجلاه: ليس لكم على ما قبلي سبيل، كان يقوم يقرأ بي سورة الملك، ثم يؤتى من قبل صدره ـ أو قال: بطنه ـ فيقول: ليس لكم على ما قبلي سبيل، كان يقرأ بي سورة الملك، ثم يؤتى رأسه فيقول: ليس لكم على ما قبلي سبيل، كان يقرأ بي سورة الملك. قال: فهي المانعة تمنع من عذاب القبر، وهي في التوراة: سورة الملك ـ من قرأها في ليلة فقد أكثر وأطيب. أخرجه الحاكم وقال: صحيح الإسناد ـ ووافقه الذهبي.
Dari Ibnu Mas’ud, ia berkata: “Didatangkan (malaikat) di dalam kuburnya. Datang ke kedua kakinya, kedua kakinya berkata: ‘Kamu tidak mendapat jalan bagiku. Ia berdiri membaca surat al-Mulk denganku’. Kemudian didatangkan ke dadanya –atau ia berkata: ‘ke perutnya’. Dadanya berkata: ‘Kamu tidak mendapat jalan bagiku, ia membaca surat al-Mulk dengan aku’. Kemudian didatangkan ke kepalanya, kepalanya berkata: ‘Kamu tidak mendapatkan jalan bagiku, ia membaca surat al-Mulk denganku’. Surat al-Mulk pencegah yang dapat mencegah dari azab kubur. Di dalam Taurat disebut surat al-Mulk. Siapa yang membacanya dalam satu malam, maka sungguh telah berbuat banyak dan berbuat kebaikan yang terbaik”. HR. Al-Hakim, ia berkata: ‘Sanadnya shahih’. Disetujui oleh Imam adz-Dzahabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar