Rabu, 25 Agustus 2010

Wanita Istihadhah Boleh Puasa?

Dikutip Dari Kitab Fiqh Sunnah, Karya Syekh Sayyid Sabiq,
juz: 1, halaman: 86 – 89.
Diterjemahkan Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.

(3) أحكامها: للمستحاضة أحكام نلخصها فيما يأتي:
(3) Beberapa hukum bagi wanita yang mengalami istihadhah, kami ringkas sebagai berikut.

ا - أنه لا يجب عليها الغسل لشئ من الصلاة ولا في وقت من الاوقات إلا مرة واحدة، حينما ينقطع حيضها.
وبهذا قال الجمهور من السلف والخلف.
a. Wanita yang mengalami istihadhah tidak wajib mandi ketika akan melaksanakan shalat, tidak wajib mandi pada waktu tertentu, hanya wajib satu kali mandi saja, ketika haidhnya berhenti. Demikian menurut pendapat Jumhur ulama dari kalangan Salaf (terdahulu) dan Khalaf (belakangan).

ب - أنه يجب عليها الوضوء لكل صلاة، لقوله صلى الله عليه وسلم
- في رواية البخاري -: (ثم توضئي لكل صلاة).
b. Wanita yang mengalami istihadhah wajib berwudhu’ setiap kali akan melaksanakan shalat, berdasarkan ucapan Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam al-Bukhari, Rasulullah Saw berkata kepada seorang perempuan yang mengalami istihahdh: “Kemudian berwudhu’lah engkau untuk setiap kali akan melaksanakan shalat”.

وعند مالك يستحب لها الوضوء لكل صلاة، ولا يجب إلا بحدث آخر.
Menurut Imam Malik: wanita yang mengalami istihadhah dianjurkan agar berwudhu’ setiap kali akan melaksanakan shalat. Ia tidak wajib berwudhu’ kecuali ada hadats lain.

ح - أن تغسل فرجها قبل الوضوء وتحشوه بخرقة أو قطنة دفعا للنجاسة، وتقليلا لها، فإذا لم يندفع الدم بذلك شدت مع ذلك على فرجها وتلجمت واستثفرت، ولا يجب هذا، وإنما هو الاولى.
c. Wanita yang mengalami istihadhah agar membasuh kemaluannya sebelum berwudhu’, menutupinya dengan kain atau kapas untuk menolak najis dan meminimalisir najis. Jika darah istihadhah tetap tidak berhenti dengan itu, maka diperkuat dengan kain yang diisi kapas. Ini tidak wajib. Akan tetapi lebih utama untuk dilakukan.

د - ألا تتوضأ قبل دخول وقت الصلاة عند الجمهور إذ طهارتها ضرورية، فليس لها تقديمها قبل وقت الحاجة.
d. wanita yang mengalami istihadhah tidak boleh berwudhu’ sebelum masuk waktu shalat, demikian menurut jumhur (mayoritas) ulama, karena kesuciannya dalam keadaan darurat, ia tidak boleh mendahulukannya sebelum waktu yang dibutuhkan.

ه - أنه يجوز لزوجها أن يطأها في حال جريان الدم، عند جماهير العلماء لانه لم يرد دليل بتحريم جماعها.
e. Bagi wanita yang mengalami istihadhah, suaminya boleh menggaulinya dalam keadaan darah istihadhah mengalir. Demikian menurut jumhur (mayoritas) ulama. Karena tidak ada dalil yang mengaramkan menggauli wanita yang sedang mengalami istihadhah.

قال ابن عباس: المستحاضة يأتيها زوجها إذا صلت الصلاة، أعظم رواه البخاري ليعني إذا جاز لها أن تصلي ودمها جار، وهي أعظم ما يشترط لها الطهارة، جاز جماعها.
Ibnu Abbas berkata: “Wanita yang mengalami istihadhah tetap melakukan hubungan dengan suaminya dan tetap melaksanakan shalat. Dalil yang paling kuat adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari yang maknanya: jika wanita yang mengalami istihadhah boleh melaksanakan shalat ketika darah istihadhahnya mengalir, padahal shalat itu sangat mensyaratkan kesucian, maka wanita yang mengalami istihadhah boleh melakukan hubungan suami istri.

وعن عكرمة بنت حمنة، أنها كانت مستحاضة وكان زوجها يجامعها. رواه أبو داود والبيهقي، وقال النووي: إسناده حسن.
Dari ‘Ikrimah binti Himnah, ia pernah mengalami istihadhah dan suaminya menggaulinya. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan al-Baihaqi. Imam Nawawi berkata, “Sanadnya hasan”.

و - أن لها حكم الطاهرات: تصلي وتصوم وتعتكف وتقرأ القرآن وتمس المصحف وتحمله وتفعل كل العبادات.
وهذا مجمع عليه
f. Wanita yang mengalami istihadhah sama seperti wanita yang berada dalam keadaan suci dari haidh, ia tetap melaksanakan shalat, berpuasa, melakukan I’tikaf, membaca al-Qur’an, memegang mushaf al-Qur’an, membawa al-Qur’an dan melakukan semua ibadah.

17 komentar:

  1. trimakasih ustad abdul somad

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum pak ustad!!! Apa betul selain ada batas normal saat haid. Ada juga batas akhir smpai 15 hari??? (Mohon penjelannya pak ustad.)Soalnya istri saya haidnya tidak normal. Dan istri sya klo sedang normal haidnya 7-10 hri.Kadang sudah 1minggu sudah bersih. Di hari ke 8 atau ke 9 keluar lgi darahnya? Apa itu termasuk istihadhah pak ustad???

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum pak ustadz,mau tanya bila haid maju tglnya,contoh biasa tgl 24,ini tgl 23 sudah haid,tapi sedikit sekali,duhur keluar ashar maghrib dan isha tidak keluar,lalu mandi besar dan subuh solat kembali,waktu duhur tiba,keluar lagi haidnya dan banyak
    Pertanyaannya bagaimana hukumnya waktu solat ashar maghrib dan isya yang tidak dilakukan,dan hukum solat subuh yang dilakukan,berdosa semua kah,perlukah saya bayar solat ashar maghrib dan isyanya? Mohon jawabannya pak ustadz terimakasih

    BalasHapus
  5. assalamualikum warohmatullah hi wabarokatuhh.....saya WNI tinggal di Malaysia sudah berumah tangga hampir 20 th....dulu saya jahil soal syariat Islam tapi sejak umur sy 40 th saya merasa begitu khawatir...karena saya pernah mendengar ada ustadz yang mengatakan berhati2 pada umur 40 th umur dimana manusia seharusnya lebih dekat kepada ALLAH SWT...masalah saya say bekerja menjaga kedai kelontong...dari 7am/10pm dan tak ada yang menggantikan saya saat waktu solat...saya banyak sekali trtinggal waktu solat...suami sy solat hari jumat dengan hari2 raya saja dan bila sy minta untuk solat dia melotot dan cemberut....berdosakah saya kalau saya lari tinggalkan dia untuk belajar agama?nuyuskah saya?sementara dia tak pernah membimbing saya untuk beribadah....tak pernah menyokong syikut kajian...sy takut dengan keadaan dunia saat ini yang sudah jelas2 di akhir jaman...saya tak mau kehilangan iman saya tapi saya masih dalam dilema....untuk tinggalkan dia atau tetap bertahan dalam keadaan yang seperti ini...saya selalu mengikuti kajian UAS di youtube...facebook dan semakin menguatkan hati saya untuk tinggalkan dia tapi untuk mantapnya sy mohon nasihat dari UAS demi keselamatan akidah saya ...wassalamualikum wr.wb

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum ustad
    Ustad jika istri kelur(maaf) flek darah selama 2bulan lebih sehabis suntik kb 3bulanan bagaimana hukum nya dalam islam .

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum ustadz.saya sedang hamil dan usianya sudah masuk 5 bln tapi dari usia 2 blnkandungan sya bermasalah yaitu keluar darah terus menerus..setelah d USG ternyata efek dari rawan gugur...selama keluar darah bolehkah untuk beribadah seperti biasa...mohon penjelasannya ustadz...Jazakumullah

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. اسلام عليكم ورحمةالله وبركاته

    BalasHapus
  10. syukron ustadz moga sehat selalu.

    BalasHapus
  11. Terimakasih banyak ustadz

    BalasHapus