TAKBIR DALAM KHUTBAH ‘IED
يستحب للخطيب التكبير في خطبة العيد
قبل الخطبة الأولى تسعا وقبل الخطبة الثانية سبعا وهذا قول أكثر اهل العلم.
جاء في كتاب الأم للشافعي - 1/ 397 - أخبرنا الربيع قال: أخبرنا الشافعي: "السنة في التكبير يوم الأضحى والفطر على المنبر قبل الخطبة، أن يبتدئ الإمام قبل أن يخطب، وهو قائم على المنبر، بتسع تكبيرات تترى، لا يفصل بينها بكلام، ثم يخطب، ثم يجلس جلسة، ثم يقوم في الخطبة الثانية فيفتتحها بسبع تكبيرات تترى لا يفصل بينها بكلام، ثم يخطب "
قال ابن قدامة في المغني 2/239 :"فإن صفة الخطبتين كصفة خطبتي الجمعة إلا أنه يستفتح الأولى بتسع تكبيرات متواليات، والثانية بسبع متواليات، قال القاضي: وإن أدخل بينهما تهليلا أو ذكرا فحسن…. .
جاء في كتاب الأم للشافعي - 1/ 397 - أخبرنا الربيع قال: أخبرنا الشافعي: "السنة في التكبير يوم الأضحى والفطر على المنبر قبل الخطبة، أن يبتدئ الإمام قبل أن يخطب، وهو قائم على المنبر، بتسع تكبيرات تترى، لا يفصل بينها بكلام، ثم يخطب، ثم يجلس جلسة، ثم يقوم في الخطبة الثانية فيفتتحها بسبع تكبيرات تترى لا يفصل بينها بكلام، ثم يخطب "
قال ابن قدامة في المغني 2/239 :"فإن صفة الخطبتين كصفة خطبتي الجمعة إلا أنه يستفتح الأولى بتسع تكبيرات متواليات، والثانية بسبع متواليات، قال القاضي: وإن أدخل بينهما تهليلا أو ذكرا فحسن…. .
Dianjurkan bagi khatib bertakbir pada khutbah ‘Ied. 9 takbir
sebelum khutbah pertama dan 7 takbir sebelum khutbah kedua. Demikian pendapat
mayoritas ulama.
Dalam kitab al-Umm karya Imam Syafi’I (juz.1, hal.397)
disebutkan: ar-Rabi’ meriwayatkan kepada kami, ia berkata: Imam Syafi’I meriwayatkan
kepada kami: “Sunnah bertakbir pada ‘Idul Adha dan ‘Idul Fitri diatas mimbar
sebelum khutbah. Sebelum imam memulai khutbah berdiri di atas mimbar, ia
bertakbir dengan 9 takbir berturut-turut, tidak diselingi kata-kata, kemudian
berkhutbah. Kemudian duduk. Kemudian tegak pada khutbah kedua, diawali dengan
tujuh takbir berturut-turut, tidak diselingi kata-kata, kemudian berkhutbah”.
Imam Ibnu Qudamah berkata dalam kitab al-Mughni (2/239): “sesungguhnya
sifat dua khutbah (Idul Adha dan Idul Fitri) sama seperti khutbah jum’at, hanya
saja diawali pada khutbah pertama dengan 9 takbir berturut-turut dan pada kedua
dengan 7 takbir berturut-turut”.
Al-Qadhi berkata: “Jika diantara keduanya diisi dengan
tahlil atau zikir, maka itu baik”.
ustadz, kalo takbir yang di iringi dengan musik itu hukumnya bagaimana?
BalasHapussalam
aqiqah jogja