Rabu, 01 September 2010

Shalat Lihat Qur'an

Sumber: Fatawa Mu’ashirah - Kementerian Wakaf Mesir, juz: 1, hal: 6.
Mufti Syekh Ali Jum’ah
Diterjemahkan Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.
somadmorocco.blogspot.com
somadku@yahoo.com

الموضوع: المسك بالمصحف والقراءة منه أثناء الصلاة.
Judul: Memegang Mushaf al-Qur’an dan Membacanya Ketika Shalat
السؤال:
اطلعنا على الطلب الوارد إلينا عن طريق الإنترنت - المقيد برقم 1794 لسنة 2003 المتضمن :- لي سؤال يتلخص في هل هو صح أم خطأ قيام البعض بالمسك بالمصحف والقراءة منه أثناء الصلاة وهل لهذه القراءة من المصحف في الصلاة فضل أم ماذا ، وان كنت ألاحظ ذلك وافعله شخصيا في رمضان عندما أصلي القيام بالمسجد ونيتي في ذلك هو الانتهاء من ختم المصحف سريعا فهل هذا صحيح وان كان صحيحاً فهل يجوز أن امسك المصحف بيدي واقلب صفحاته أم أن يكون المصحف على حامل أمامي ؟
Pertanyaan:
Kami telah memperhatikan permohonan yang datang kepada kami lewat internet, tercatat no. 1794 tahun 2003, berisi: Saya ada pertanyaan, ringkasnya: apakah benar atau keliru jika seseorang memegang mushaf al-Qur’an dan membacanya ketika shalat. Apakah bacaan dari mushaf al-Qur’an tersebut memiliki keutamaan. Saya memperhatikan hal itu dan saya sendiri pun melakukannya pada bulan Ramadhan ketika saya melaksanakan shalat Qiyamullail di masjid, niat saya melakukan itu agar khatam al-Qur’an dengan cepat. Apakah itu benar? Jika benar, apakah saya boleh memegang mushaf al-Qur’an dengan tangan saya dan membolak-balik lembaran mushaf al-Qur’an? Atau mushaf al-Qur’an diletakkan diatas alat penopang di depan saya?
المفتى : فضيلة الاستاذ الدكتور/ علي جمعة.
الجواب:
يذهب كثير من الفقهاء إلى جواز القراءة من المصحف في صلاة النفل والفريضة ، واستدلوا بما رواه مالك من أن ذكوان مولى السيدة عائشة رضى الله عنها كان يقوم في رمضان من المصحف وأنه ليس هناك دليل على المنع.
وبالنسبة لتقليب أوراق المصحف فلا بأس فيه مع مراعاة أن يكون ذلك في أضيق نطاق حتى لا يخرج المصلي عن خشوعه المطلوب شرعاً في الصلاة وإن كان الأولى والأفضل أن يصلي بالناس الحافظ للقرآن وأن يستمع المأموم لقراءة الإمام حتى لا ينشغل أيا منهما عن الخشوع في الصلاة بتقليب أوراق المصحف وكثرة الحركات الخارجة عن الصلاة.
وبناءً على ما سبق وفي واقعة السؤال :- فقيام بعضهم بإمساك المصحف والقراءة منه أثناء الصلاة وتقليب أوراقه سواءً كان المصحف بيد المصلىِ أو على حامل صحيح شرعاً كما أنه ليس للقراءة من المصحف أثناء الصلاة فضل على قراءة المصلىِ من حفظه بل إن قراءة المصلىِ من حفظه أولى وأقرب إلى الخشوع.
والله سبحانه وتعالى أعلم.

Mufti: Prof. DR. Syekh Ali Jum’ah (Mufti Mesir).
Jawaban:
Sebagian besar ahli Fiqh memperbolehkan membaca al-Qur’an dari mushaf ketika shalat, baik shalat sunnat ataupun shalat wajib. Mereka berdalil dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik bahwa Dzakwan Mawla ‘Aisyah melaksanakan shalat Qiyamullail pada bulan Ramadhan dengan membaca dari mushaf al-Qur’an, dan tidak ada dalil yang melarangnya.
Adapun membalik lembaran al-Qur’an, maka itu dibolehkan, dengan tetap memperhatikan dan meminimalisir gerakan agar orang yang shalat tersebut tidak keluar dari khusyu’ yang mesti menurut syariat. Yang lebih utama sebenarnya agar yang memimpin shalat itu seorang yang hafizh, agar ma’mum dapat mendengarkan bacaan imam sehingga ma’mum dan imam tidak sibuk sehingga tidak khusyu’ dalam shalat dengan membolak-balik lembaran-lembaran mushaf al-Qur’an dan banyak membuat gerakan-gerakan di luar shalat.
Berdasarkan pertanyaan diatas, maka memegang mushaf dan membaca dari mushaf ketika shalat serta membolak-balik lembaran mushaf, apakah dengan tangan atau dengan alat, maka itu dibenarkan menurut syariat. Membaca dari mushaf tidak lebih utama daripada membaca dari hafalan, bahkan orang yang shalat membaca al-Qur’an dari hafalannya, itu lebih utama dan lebih mendekatkan diri kepada kekhusyu’an.
Wallahhu a’lam.

7 komentar:

  1. hatur suwun ustadz,,
    inni uhibbuka...

    BalasHapus
  2. Maaf ustadz kalau kredit emas hukumnya apa?

    BalasHapus
  3. Apakah benar ini belog asli Pak Ustadz Abdul Somad ?
    sangat bermanfaat sekali ilmunya Ustadz

    Saya mengambil kesimpulan, berarti itu juga berlaku untuk Mualaf yang belajar menghafal Bacaan Sholat diperbolehkan selama masa berlatih dalam sholat

    wuallah'hualam

    BalasHapus
  4. jadi alquran itu bisa buat kita jadikan alat saat melakukan bacaan sholat ya min

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak ustadz Afwan sebelumnya ana izin copas + share pak ustadz

    BalasHapus
  6. تبارك الله استاذ عبد الصمد

    BalasHapus