Jumat, 27 Mei 2016

Anak Kecil Shalat di Masjid.




يجوز صلاة الصبي المميِّز في أثناء الصف بعد أن يؤدَّب ويعلم احترام المسجد والمصلين بشرط الأمن من العبث ، وبشرط الطهارة الكاملة ، والأولى أن يكون الصبيان خلف الرجال إلا إذا خيف من اجتماعهم كثرة اللعب والضحك الذي يشوش على المصلين فالواجب تفريقهم ، فأما من دون التمييز فلا يُمكَّنون من دخول المسجد وقت الصلاة أو أثناء الخطبة فإنهم لا يعرفون حرمة المسجد .
Boleh hukumnya anak kecil yang telah mumayyiz (dapat membedakan baik dan buruk) berada di tengah shaf, jika anak tersebut telah dididik dan diajarkan memuliakan masjid, dengan syarat: aman dari kesia-siaan dan suci secara sempurna.
Lebih utama jika anak-anak kecil itu berada di belakang laki-laki dewasa, kecuali jika perkumpulan mereka itu dikhawatirkan menyebabkan mereka banyak bermain dan tertawa sehingga mengganggu orang yang shalat, maka mereka wajib dipisah.
Adapun anak yang belum sampai usia tamyiz (tidak dapat membedakan baik dan buruk, maka mereka tidak diberi kesempatan untuk masuk masjid, baik ketika shalat sedang berlangsung atau ketika khutbah, karena mereka tidak mengerti kemuliaan masjid.
Sumber:
الكتاب : فتاوى إسلامية لأصحاب الفضيلة العلماء
سماحة الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز
فضيلة الشيخ محمد بن صالح بن عثيمين
فضيلة الشيخ عبدالله بن عبدالرحمن الجبرين
إضافة إلى اللجنة الدائمة وقرارات المجمع الفقهي المحقق : محمد بن عبدالعزيز المسند
Kumpulan Fatwa Para Ulama:
Syaikh Abdul Aziz ibn Baz
Syaikh Muhammad Shalih ibn ‘Utsaimin
Syaikh Abdullah ibn ‘Abdirrahman al-Jibrin
Juz.I, hal.432.

54 komentar:

  1. Assalaamu alaikum..boeh mengundang ustadz ke Jakarta? mohon minta no hpnya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalaamu alaikum saya mau nya klau istri mempunyai suami 2 dan sampai mempunyai anak dari pria lain dosa nya sprti apa pak ustdz

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum ustad bagaimanakah cara orangtua agar anak yang kita bawa sholad dimasjid dapat tertib ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak2 akan meniru dan selalu penasaran apa yang dilakukan orang tuanya. Ajarkanlah gerakan shalat, surat2 pendek, ingatkan bahwasanya shalat itu dilihat langsung oleh Allah. Masukkan anak2 ke madrasah ibtidayyah ataupun sekolah islam. Maka akan mantap konsentrasi serta kekhusyukan anak anda ketika shalat di masji.

      Hapus
  3. Kami juga insya allah ingin bawa ustad untuk sosialisasi buku 99 tanya jawab tentang sholat

    BalasHapus
  4. Assalaamualaikum ustadz.
    saya mau bertanya : anak saya baru berumur 3 tahun, setiap saya kemesjid selalu minta ikut sholat di masjid, dan setiap masuk masjid anak saya selalu jalan duluan berdiri di barisan/shaf pertama, anak saya msh belum benar betul buat untuk berwudhu dan sholatnya,pernah saya letakan di shaf paling belakang bersama anak" lain, anak saya malah menangis menjadikan sholat yang lain terganggu, dan saya coba berdirikan dipaling ujung shaf pertama dan sianak bermain main didalam sholat membuat barisan shaf dibelakang anak saya merasa terganggu. kalo saya ajak sholat dirumah saja malah tidak mau sholat. mohon solusi yang tepat biar tidak anak saya tidak memutus shaf .
    terima kasih ustadz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf krna saya yg menjawab,utk mslh shaf sebaiknya bpk dan anak bpk memilih posisi shaf yg paling blkg di bagian shaf laki2 supaya shaf tdk putus.krna jika anak bpk ttp di shaf paling dpn maka jamaah yg di blkg tdk mendapatkan pahala berjamaah

      Hapus
    2. "..jamaah yg di blkg tdk mendapatkan pahala berjamaah"..tau dari mana pak klw jamaah tidak dapat pahala?

      Hapus
    3. Didampingi jgn dipisahkan dari bapaknya

      Hapus
    4. Umur 3 tahun belum bisa di bawa ke masjid. Cari alasan utk meninggalkan anak anda di rumah bersama ibunya. Seringlah sholat sunnah di rumah agar anak dapat melihat serta belajar seperti apa gerakan shalat. Kalaupun harus di ajak, pilih shaf belakang ataupun anak anda masih dalam jangkauan pandangan anda.

      Hapus
    5. Anak anak tidak akan memutus kan saf... Karena mereka suci. .itu menurut saya.. Maaf... Lalu bagai mana dgn pilar2 masjid yg ada di tengah2 saf kita?? Apakah itu juga memuts kan saf??, klo menurut saya anak2 tidak memutuskan saf..

      Hapus
  5. Bagaimana memperlakukan anak-anak yang suka mengolok-olok saat menjawab imam selesai baca Al-Fatihah pak Ustadz?
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur berapa anak tersebut? Itulah pentingnya pendidikan agama bagi anak2 kita. Ngajikan dia di madrasah2, ajarkan baca quran, ingatkan ketika ada seseorang yang baca quran, dia harus diam dan mendengarkan dgn baik.

      Hapus
  6. Pencerahan yang Insya Allah Manfaat....

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum....bisa tolong minta no.hp ustad via email saya, jazakumullah...

    BalasHapus
  8. dari dahulu ada pertanyaan ini dalam hati, umat kadang kala saking semangat mendidik anak, menempatkan anak disaf antara orang baligh, mengajak anak ke mesjid adalah baik, tapi jangan merusak ibadah orang tua, ini pencerahan...banyak bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Bapaknya ke mesjid, anak nangis pengen ikut, ga diajak merasa dosa mau didik anak sejak dini, pas nyampe mesjid anak gaduh, bikin makruh ibadah jamaah lain, selesai shalat jamaah pd ngedumel, akirnya shalat di rumah, jamaah lain ngomongin juga koq gak ke mesjid lagi....sabaaaar aj deuuuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak nya yang diberikan pengertian. kenapa bapaknya yang jadi selalu mengalah dalam ibadah.

      Hapus
  10. klu yg ini saya tidak sependapat,
    afwan, lanjut mas

    BalasHapus
  11. Trima kasih Ustadz..mudahan Ustadz Somad selalu sehat wal afiat
    By Lutfyzein

    BalasHapus
  12. assalamualaikum pak ustat, saya punya tetangga , umurnya sktr 27-28, setiap dia kerumah saya, baru datang langsung masuk ke dapur buat minuman sendri, layaknya rumah sendri, ntah di dapur itu ada orang atau tidak, dia abaikan, dengan leluasa buat minuman sndri, itu sering di lakukan, waktu itu kopi instn yg biasannya di taurh rak hbis, ktika hbis di minta, sampai saya sndri merasa geram, mau negur gak enak tmn sndri, kalau gak di tgur kayak orang gak punya adab dalam bertetangga, bukan karna saya pelit, tapi caranya itu yg kurang sopan, bagaimana cara untuk menyikapinya,,, trimaksh assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat MOU(memorandum of understanding) between you and him. Jelas KUHP tentang masuknya orang tanpa izin. Tegas dalam memperbaiki mental serta ahlak teman anda. Itu adalah tugas anda sebagai teman sejati.

      Hapus
  13. Assalamualaikum warohmatuwlloh, bismillah. Pak ustad mau nanya dong. Tentang makhraj huruf dalam bacaan al-qur'an. Apabila saya sedang belajar cara baca tersebut dan sesekali prakteknya menjadi imam saat tidak sengaja pas dimesjid kampus dan saya merasa saya masih kurang bener dalam bacaannya apakah saya mendapatkan dosa besar? Padahal saya sudah usaha bgt mantabkan hati buat baca al-fatihah dengan sungguh2 dgn ilmu makhraj yg sedikit saya pelajari tp tetep saya masih merasa kurang puas tad. Apakah sifat kurang puas tsb bakal menjadi dosa besar juga? Sebab yg saya tau kalo sudah jadi imam tidak ada toleransi kalo bacaannya salah. Tolong pencerahannya ya tad terimakasih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sifat kurang puas itu adalah kerendahan hati anda. Itu adalah dorongan utk belajar terus2an. Tapi kalau ada yang lebih mantap lagi makmum yg lain jdi imam, jangan anda maju duluan.

      Hapus
  14. Assalamualaikum...
    Ustad mau tanya:
    1. ada beberapa kalimat dalam quran "ming Qoblu" padahal min adalah harfu jar, lalu kenapa jadi min qoblu bukan min qobli?..
    2. kita mengenal dalam bahasa, termasuk bhs arab bahwa kata/kalimat ada 3 golongan: (ISIM/kata benda; FIIL/kata kerja, HARF/kata sambung spt dari, kapan, jika, maka dll)
    HARF/HURUF/kata sambung ini adalah kata yang bukan benda dan bukan pula kata kerjaan
    lalu kenapa kata INI/Hadza/hadzihi, ITU/Dzalika/Tilka dimasukan ke dalam kalimat ISIM/Benda yaitu isim isyarat. padahal INI dan ITU ternyata sangat sulit digolongkan kpd kata Benda lalu atas dasar apa ahli nuhat memasukan "INI" dan "ITU" masuk Kalimat Isim yaitu Isim Isyarat? boleh tdk sya ijtihad bhw INI dan ITU termasuk HARF bukan ISIM
    ditnggu jawabnya, karena guru di kampung kami blm ada yang mampu menjelaskannya, Jazakawloh Tadz.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum,,,
    pak ust. ba a caro mendonload video bapak di blognya???

    BalasHapus
  16. السلام عليكم
    Guru Ustad ABDUL SOMAD Sy selalu berusaha nonton hasil dari vidieonya di Youtub dan semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan diberikan rizki yg melimpah dan dijauhkan dari segala fitnah Aamiin

    sy dari desa jambuluwuk ciawi bogor

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Semoga Ustadz senantiasa dalam keadaan sehat.

    Ustadz Mohon pencerahannya, sekarang ini sedang boomimg bisnis Asuransi CAR 3i Network Produk dari PT Asuransi Central Asia Raya dengan system berjenjang yaitu kita beli asuransi kemudian kita mengajak orang beli Asuransi, dari kita mengajak orang tersebut kita mendapat imbalan (Bonus) yg sudah ditentukan, namun persoalnya ketika kita mengajak orang membeli asuransi kita mengatakan kita mengajak orang menabung....Mohon pencerahan ustadz...wassaalam

    BalasHapus
  18. Assalamu a'laikum pak Anak yg belum di sunat/khitan bagmana kalau nempel kebadan kita waktu solat,batal kah solat kita arna anak yg blue di sunat/khitan membawa najis.. wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak batal solatnya. Karena najisnya itu tdak menyentuh langsung dengan pakaian anda. Anda tak nampak najis itu, apalagi ada banyak penghalangnya. Jika bersentuhan dgn Najis anak itu, ada celananya. Jdi taklah najis itu berpindah dri anak itu ke baju anda

      Hapus
  19. Assalamualaikum ustadz,
    Apa benar orang cadel (kurang fasih melafazkan huruf R atau Ro) tidak sah jadi imam shalat? Di masjid kami seperti itu. Sementara beberapa kawan yg sering mengimani shalat tajwidnya kurang,tapi tidak dipermasalahkan. Apa ada di zaman nabi orang yg cadel seperti saya ustadz? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihlah yang paling mantap makhraj serta tartil bacaannya. Kalau yang cadel itu adalah satu-satunya juru kunci utk jdi imam, apa boleh buat. Tpi kalau ada yg lebih bagus lagi, musyawarahkan dgn bkm masjid anda. Fit and proper test-nya.

      Hapus
  20. Assalamualaikum ustadz,
    Apa benar orang cadel (kurang fasih melafazkan huruf R atau Ro) tidak sah jadi imam shalat? Di masjid kami seperti itu. Sementara beberapa kawan yg sering mengimani shalat tajwidnya kurang,tapi tidak dipermasalahkan. Apa ada di zaman nabi orang yg cadel seperti saya ustadz? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalam

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum Ustadz...
    Ijin Share ya Ustadz

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum Ustaz, izin 'share' apa-apa jua tulisan dan video ustaz yang bersesuaian bagi rujokan dan kegunaan saya sendiri...mudahan Ustaz dikurniai Allah dengan ganjaran kebaikan dan sentiasa sihat wal "afiat..aamiin ..

    BalasHapus
  23. Assalamua'laikum wrwb gmn kbrnya seha? Badewey saya mau nanya tentang hukum belajar tentang agama melalui media internet contohnya saya jadi tau bahwa:takbir pada satu rakaat sholat 4x takbir atau belajar ilmu kitab jurumiyah dsb. Mohon penjelasannya terima kasih wassalamua'laikum wrwb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. و عليكم السلام. Belajar itu ada banyak cara. Ada berguru/sekolah/kuliah/pesantren, ada dgn cara membaca. Kalaulah anda hanya membaca, pasti ada hilang semangat dalam belajar, buntu dan tidak tau tempat utk bertanya, serta banyaknya buku2 yg akan anda baca. Ulama/guru/kiyai adalah perpustakaan berjalan bagi seorang murid. Mereka telah berpengalaman dalam hal belajar, membaca, & memahami apa yang anda tidak ketahui. Jdi tak ada salahnya membaca, dan sebaiknya bergurulah pada alim ulama org2 tua kita.

      Hapus
  24. izin berkungjung dari Doaharian, terima kasih tulisannya ustad.

    salam hormat.

    BalasHapus
  25. assalamualaikum ustad.
    izin membagikan disetiap tulisan ustad.

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum ustadz....
    Anak sy laki2 usia 4 tahun. Saya berniat diusia 6 tahun mau saya masukan ke pesantren. Namun saya ragu karena diusia segitu bagaimana sy menjelaskan ke anak sy. Apakah langsung saja sy antar ke pesantren, atau nunggu sampai anaknya mau.

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Semoga Ustadz senantiasa dalam keadaan sehat.

    Ustadz Mohon pencerahannya, sekarang ini sedang boomimg bisnis Asuransi CAR 3i Network Produk dari PT Asuransi Central Asia Raya dengan system berjenjang yaitu kita beli asuransi kemudian kita mengajak orang beli Asuransi, dari kita mengajak orang tersebut kita mendapat imbalan (Bonus) yg sudah ditentukan, namun persoalnya ketika kita mengajak orang membeli asuransi kita mengatakan kita mengajak orang menabung....Mohon pencerahan ustadz..Barakallah fiik

    BalasHapus
  28. Asalamualaikum ustadz
    Saya mau tanya ustadz
    Di tempat saya ada orang yg di sebut ustadz dia mengajar ngaji tapi dia nga pernah ikut solat berjamaah

    Mohon pejelasan nya
    Pak ustadz

    BalasHapus
  29. Ass ustadz
    Bagaimana hukumnya online shop?

    BalasHapus
  30. Ustadz..sudah lama tidak update tulisan. Mohon di update lagi ustadz

    BalasHapus
  31. assalamu'alaikum ustad.. tolong jelaskan tentang hadis mu'allaq

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Semoga Ustadz senantiasa dalam keadaan sehat.

    Ustadz Mohon pencerahannya (Saya sudah berkali-kali bertanya tentang hal ini tapi ustadz tidak pernah jawab), sekarang ini sedang boomimg bisnis Asuransi CAR 3i Network Produk dari PT Asuransi Central Asia Raya dengan system berjenjang yaitu kita beli asuransi kemudian kita mengajak orang beli Asuransi, dari kita mengajak orang tersebut kita mendapat imbalan (Bonus) yg sudah ditentukan, namun persoalnya ketika kita mengajak orang membeli asuransi kita mengatakan kita mengajak orang menabung....Mohon pencerahan ustadz..Barakallah fiik

    BalasHapus
  33. Tuan Guru Ustad Abdul Somad.... Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum warahmatullaahiwabarakatuh. Pak ustad saya mau tanya. Apakah boleh sholat sambil menggendong anak

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu, pak ustad saya mau tanya, ketika shalat maka telapak tanggan dan telapak kaki tak boleh terhalang mukena?? sedangkan mukena jaman now, kan seperti jubah?? tolong dijelaskan pak ustad

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum ustaz sya mau tanya klau sya solat berjemaah di masjid adakah sah solat sya kerana imam masjid bapa saudara sya?dia banyak makan harta arwah mak sya tipu harta pusaka keluarga..setiap kali sya jdi makmum sya xboleh tumpukan dlm solat...adakah sah?skrang sya solat dirumah sahaja..mohon pencerahan ustaz...

    BalasHapus
  37. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Ustad

    Saya ada pertanyaan tentang Kasus tertentu.

    Tempat Shalat di tempat kerja Saya sempit sekali,Ustad.

    Karyawan lama yg bekerja disana membuat pengaturan Shaf pria yg berbeda dgn yg dicontohkan Rasulullah.

    Pengaturannya, Imam berdiri di sebelah kiri, di sebelah kanan imam 3 org makmum berdiri sejajar dgn imam karna tempat tsb hanya muat untuk 2 Shaf..(8 Org)...

    Bagaimana jika terjadi perbedaan pemahaman antara Makmum pertama (yg awalnya Shalat Berdua dgn Imam) dgn makmum yg datang belakangan (cth : 6 Org ikut berjamaah, 2 org menyambung sejajar di kanan makmum pertama, dan 4 lainnya membentuk Shaf kedua di belakang imam) sehingga shaf menjadi penuh (8 Org).....

    Bgmna Shalat 6 org makmum yg dtang blakangan ? apakh trhitung mngikut shalat jamaah, trhitung Shalat sndiri, atau bahkan shalatnya jd tdk sah...?

    Saya sempat membaca satu artikel di internet yg membolehkan pengaturan tersebut dgn catatan memang tempat tersebut benar2 sempit.
    ( http://m.voa-islam.com/news/ibadah/2012/04/18/18719/karena-sempit-bolehkah-makmum-berdiri-sejajar-dengan-imam/www.infaqdakwahcenter.com/read/idc/295/ardias-pramata-bocah-terlindas-truk-kontainer-wafat-di-rumah-sakit-bantuan-telah-diserahkan/ )

    Bagaimana Pandangan Ustad..., mohon penjelasannya...?

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum Ust Abdul Somad.. semoga sehat selalu, update blognya dong ..

    BalasHapus