Kamis, 21 Oktober 2010

Apakah keutamaan puasa 10 hari awal bulan Dzulhijjah?

Jawaban:
Ada beberapa hadits yang menyebutkan keutamaan 10 hari di awal Dzulhijjah, diantaranya:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - أَنَّهُ قَالَ « مَا الْعَمَلُ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ أَفْضَلَ مِنَ الْعَمَلِ فِى هَذِهِ » . قَالُوا وَلاَ الْجِهَادُ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَىْءٍ » .
Dari Ibnu Abbas, dari Rasulullah, beliau bersabda: “Tidak ada amal yang lebih utama daripada amal padahari ini (sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah)”. Mereka bertanya, “Tidak (juga) dengan jihad?”. Rasulullah Saw menjawab, “Tidak juga jihad, kecuali seseorang yang berjuang melawan musuh dengan dirinya dan hartanya (untanya dan peralatan perangnya), kemudian ia tidak kembali membawa apa pun”. (HR. Al-Bukhari).
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ، وَلا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ أَيَّامِ الْعَشْرِ، فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ التَّسْبِيحَ، وَالتَّكْبِيرَ، وَالتَّهْلِيلَ.
Dari Ibnu Abbas, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah dan tidak ada amal yang lebih disukai Allah daripada amal pada sepuluh hari ini (10 hari di awal bulan Dzulhijjah). Maka pada hari-hari itu perbanyaklah tasbih (ucapan Subhanallah), takbir (ucapan Allahu Akbar) dan Tahlil (Ucapan La ilaha illa Allah)”. (HR. Ath-Thabrani).
عَنِ جابر - رضي الله عنه - أنه - صلى الله عليه وسلم - ( ما من أيام أفضل عند الله من أيام عشر ذي الحجة )
Dari Jabir, Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada hari yang lebih utama di sisi Allah daripada sepuluh hari (awal) Dzulhijjah”. (Mustakhraj Abi ‘Awanah dan Shahih Ibni Hibban).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar