Kamis, 26 November 2015

Oleh-Oleh ke Rumah Sakit


مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (22) لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آَتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (23)
Tiada suatu musibah yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan sudah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, (Al-HADID: 22 – 23)

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (11)
Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.  (At-TAGHABUN: 11)

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ (51)
Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal." (At-TAUBAH : 51)

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ وَصَبٍ وَلَا نَصَبٍ وَلَا سَقَمٍ وَلَا حَزَنٍ حَتَّى الْهَمِّ يُهَمُّهُ إِلَّا كُفِّرَ بِهِ مِنْ سَيِّئَاتِهِ
Musibah yang menimpa seorang hamba, seperti kesulitan, kesusahan, sakit, kesedihan, bahkan rasa gundah, maka semua itu menghapus dosa-dosanya. (Hadits riwayat al-Bukhari dan Musli)

عِظَمُ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلَاءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ
Balasan yang besar bersama musibah yang besar. Jika Allah sayang kepada suatu kaum, maka Allah menguji mereka. Jika orang itu ridho, maka ia mendapat balasan pahala atas ridhonya. Jika ia tidak ridho, maka ia dapat dosa karena tidak ridho. (Hadits riwayat Ibnu Majah).

أَذْهِبْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ اشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا
Hilangkanlah musibah dan kesulitan ini. Wahai Robb Pelindung manusia, sembuhkanlah ia. Engkau Maha Penyebuh, tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, kesembuhan yang tidak akan mendatangkan penyakit untuk selamanya. (Riwayat al-Bukhari dan Muslim).

8 komentar:

  1. Assalamualaikum..ustadz saya ingin bertanya. Apakah shalat hajat itu boleh dilakukan secara berjamaah dalam memohon keamanan untuk kelancaran jalannya pilkada?

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum..ustadz saya ingin bertanya. Apakah shalat hajat itu boleh dilakukan secara berjamaah dalam memohon keamanan untuk kelancaran jalannya pilkada?

    BalasHapus
  3. Assalmualaikum ustadz.... saya ingin bertanya. Kita tau bahwa kegiatan donor darah merupakn kegiatan yng sering dilakukan banyak orang,baik muslim maupun non muslim. Identitas darah ini hanya diketahi dari golongan darahnya saja tanpa tau orang yang mendonorkan berasal dari agama apa... apaka boleh darah donor dari non muslim diberikan kepada pasien yang muslim??? Apakah ada unsur haramnya, sedangkan kita tau bahwa non muslim adalah kafir dan setiap apa yang dikonsumsinya bisa saj dari yang haram, otomatis daranya pun jadi haram...

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr.wb
    Puji syukur ke hadirat Allah SWT, semoga ustad selalu dalam lindungan NYA, aamiin.

    Saya Handrian Azhar, salah seorang karyawan di politeknik negeri bengkalis, atas permintaan dari pimpinan, berencana untuk mengundang ustad abdul somad ke politeknik negeri bengkalis untuk memberikan ceramah sempena milad politeknik negeri bengkalis, karena warga bengkalis rindu untuk mendengar ceramah langsung dari ustad.

    Saya harapkan kiranya kami bisa daftar untuk mengundang ustad pada tahun 2018 dengan menyesuaikan jadwal ustad..

    Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf jika ada silap dalam ucapan dan tulisan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb
    Handrian Azhar

    BalasHapus
  5. Assalamu 'alaikum wr.wb.
    ustadz, saya muallaf. terima kasih atas ceramahnya di youtube dan pada webnya. semoga Allah membalas kebaikan ustadz

    BalasHapus
  6. Assalamuakum wr wb.
    Pak ustad sholat di tinggal dengan sengaja apahkah wajib di kada atau tidak nisan di kada..
    Mohon penjelasannya Pak ustad ...

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum ustad, sy termasuk yg terlambat mengetahui keberadaan ustad. Sy diberitahu sahabat sy ttg ustad sekitar september 2017, sejak saat itu hampir tiap malam sy menyimak ceramah ustad melalui youtube. Juga ceramah ustad Adi Hidayat. Sy berdoa kpd Allah SWT, smg Allah SWT senantiasa melindungi Ustad semua dan senantiasa mengokohkan ke-istiqomahan Ustad, serta semoga Ustad kelak husnul khotimah. Aamiin. Ustad, sy hendak bertanya, apa yg harus kita lakukan bilamana kita di institusi berada dlm situasi kita dimintai tolong demi memenuhi hajat orang banyak, sementara kita selama ini dlm posisi selalu direndahkan, dihina dan dicaci oleh salah seorang pimpinan. Terimakasih atas jawaban ustad. Mhn maaf bila ada silap kata. Kalo boleh sy minta nmr WA ustad utk konsultasi langsung. Wassalam.

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum ustad, sy termasuk yg terlambat mengetahui keberadaan ustad. Sy diberitahu sahabat sy ttg ustad sekitar september 2017, sejak saat itu hampir tiap malam sy menyimak ceramah ustad melalui youtube. Juga ceramah ustad Adi Hidayat. Sy berdoa kpd Allah SWT, smg Allah SWT senantiasa melindungi Ustad semua dan senantiasa mengokohkan ke-istiqomahan Ustad, serta semoga Ustad kelak husnul khotimah. Aamiin. Ustad, sy hendak bertanya, apa yg harus kita lakukan bilamana kita di institusi berada dlm situasi kita dimintai tolong demi memenuhi hajat orang banyak, sementara kita selama ini dlm posisi selalu direndahkan, dihina dan dicaci oleh salah seorang pimpinan. Terimakasih atas jawaban ustad. Mhn maaf bila ada silap kata. Kalo boleh sy minta nmr WA ustad utk konsultasi langsung. Wassalam.

    BalasHapus