Selasa, 09 April 2013

Jarak Shalat Qashar

Pertanyaan:
Berapa jarak boleh meng-qashar shalat?

Jawaban:

وتقدر بحوالي (89 كم) وعلى وجه الدقة:88.704 كم ثمان وثمانين كيلو وسبع مئة وأربعة أمتار، ويقصر حتى لو قطع تلك المسافة بساعة واحدة، كالسفر بالطائرة والسيارة ونحوها
Diukur dengan ukuran sekarang lebih kurang 89km, detailnya: 88.708m. Tetap shalat Qashar meskipun dapat ditempuh dalam satu jam perjalanan, seperti musafir menggunakan pesawat, mobil dan sejenisnya.
(Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuhu)

1 komentar:

  1. assalamualaikum pak ustadz,,,izin bertanya,,,saya bekerja sebagai driver perusahaan,,,jarak tempuh saya setiap hari sekitar 90 km,,,tp hal itu saya lakukan setiap hari,,,apakah wajib untk saya meng qashar sholat dan apakah saya disebut musafir?bagaimanakah sholat jumat saya?afwan ustadz,,,,,syukran

    BalasHapus