MASALAH TAWASSUL.
Makna
Tawassul menurut Bahasa: Mendekatkan diri.
توسلت إلى فلان بكذا، بمعنى: تقرَّبت إليه
“Saya bertawassul kepada si fulan dengan anu”.
Maknanya: “Saya mendekatkan diri kepadanya”. (Sumber: Tafsir
ath-Thabari, juz.10, hal.290).
Makna
Wasilah:
والوسيلة: هي التي يتوصل بها إلى تحصيل المقصود
Wasilah
adalah: sesuatu yang dijadikan alat untuk mencapai tujuan yang dimaksud.
(Sumber:
Tafsir Ibn Katsir, juz.3, hal.103).
Ber-tawassul
Dengan Amal Shaleh.
أَنَّ عَبْدَ
اللَّهِ بْنَ عُمَرَ - رضى الله عنهما - قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ - صلى
الله عليه وسلم - يَقُولُ « انْطَلَقَ ثَلاَثَةُ رَهْطٍ مِمَّنْ كَانَ قَبْلَكُمْ
حَتَّى أَوَوُا الْمَبِيتَ إِلَى غَارٍ فَدَخَلُوهُ ، فَانْحَدَرَتْ صَخْرَةٌ مِنَ
الْجَبَلِ فَسَدَّتْ عَلَيْهِمُ الْغَارَ فَقَالُوا إِنَّهُ لاَ يُنْجِيكُمْ مِنْ
هَذِهِ الصَّخْرَةِ إِلاَّ أَنْ تَدْعُوا اللَّهَ بِصَالِحِ أَعْمَالِكُمْ .
فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمُ اللَّهُمَّ كَانَ لِى أَبَوَانِ شَيْخَانِ كَبِيرَانِ ،
وَكُنْتُ لاَ أَغْبِقُ قَبْلَهُمَا أَهْلاً وَلاَ مَالاً ، فَنَأَى بِى فِى طَلَبِ
شَىْءٍ يَوْمًا ، فَلَمْ أُرِحْ عَلَيْهِمَا حَتَّى نَامَا ، فَحَلَبْتُ لَهُمَا
غَبُوقَهُمَا فَوَجَدْتُهُمَا نَائِمَيْنِ وَكَرِهْتُ أَنْ أَغْبِقَ قَبْلَهُمَا
أَهْلاً أَوْ مَالاً ، فَلَبِثْتُ وَالْقَدَحُ عَلَى يَدَىَّ أَنْتَظِرُ
اسْتِيقَاظَهُمَا حَتَّى بَرَقَ الْفَجْرُ ، فَاسْتَيْقَظَا فَشَرِبَا
غَبُوقَهُمَا ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ
فَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ مِنْ هَذِهِ الصَّخْرَةِ ، فَانْفَرَجَتْ
شَيْئًا لاَ يَسْتَطِيعُونَ الْخُرُوجَ » . قَالَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم
- « وَقَالَ الآخَرُ اللَّهُمَّ كَانَتْ لِى بِنْتُ عَمٍّ كَانَتْ أَحَبَّ
النَّاسِ إِلَىَّ ، فَأَرَدْتُهَا عَنْ نَفْسِهَا ، فَامْتَنَعَتْ مِنِّى حَتَّى
أَلَمَّتْ بِهَا سَنَةٌ مِنَ السِّنِينَ ، فَجَاءَتْنِى فَأَعْطَيْتُهَا عِشْرِينَ
وَمِائَةَ دِينَارٍ عَلَى أَنْ تُخَلِّىَ بَيْنِى وَبَيْنَ نَفْسِهَا ، فَفَعَلَتْ
حَتَّى إِذَا قَدَرْتُ عَلَيْهَا قَالَتْ لاَ أُحِلُّ لَكَ أَنْ تَفُضَّ
الْخَاتَمَ إِلاَّ بِحَقِّهِ . فَتَحَرَّجْتُ مِنَ الْوُقُوعِ عَلَيْهَا ،
فَانْصَرَفْتُ عَنْهَا وَهْىَ أَحَبُّ النَّاسِ إِلَىَّ وَتَرَكْتُ الذَّهَبَ
الَّذِى أَعْطَيْتُهَا ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ
وَجْهِكَ فَافْرُجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ . فَانْفَرَجَتِ الصَّخْرَةُ ، غَيْرَ
أَنَّهُمْ لاَ يَسْتَطِيعُونَ الْخُرُوجَ مِنْهَا . قَالَ النَّبِىُّ - صلى الله
عليه وسلم - وَقَالَ الثَّالِثُ اللَّهُمَّ إِنِّى اسْتَأْجَرْتُ أُجَرَاءَ
فَأَعْطَيْتُهُمْ أَجْرَهُمْ ، غَيْرَ رَجُلٍ وَاحِدٍ تَرَكَ الَّذِى لَهُ
وَذَهَبَ فَثَمَّرْتُ أَجْرَهُ حَتَّى كَثُرَتْ مِنْهُ الأَمْوَالُ ، فَجَاءَنِى
بَعْدَ حِينٍ فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ أَدِّ إِلَىَّ أَجْرِى . فَقُلْتُ لَهُ
كُلُّ مَا تَرَى مِنْ أَجْرِكَ مِنَ الإِبِلِ وَالْبَقَرِ وَالْغَنَمِ
وَالرَّقِيقِ . فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ لاَ تَسْتَهْزِئْ بِى . فَقُلْتُ
إِنِّى لاَ أَسْتَهْزِئُ بِكَ . فَأَخَذَهُ كُلَّهُ فَاسْتَاقَهُ فَلَمْ يَتْرُكْ
مِنْهُ شَيْئًا ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ
فَافْرُجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ . فَانْفَرَجَتِ الصَّخْرَةُ فَخَرَجُوا
يَمْشُونَ » .
Abdullah bin Umar berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw
bersabda: “Ada tiga orang sebelum kamu melakukan perjalanan, lalu mereka
bernaung di sebuah gua, mereka masuk ke dalamnya, lalu ada satu buah batu besar
jatuh dari atas bukit dan menutup pintu gua itu. Mereka berkata: “Tidak ada
yang dapat menyelamatkan kamu dari batu besar ini kecuali kamu berdoa kepada
Allah dengan amal shaleh kamu.
Salah satu dari mereka bertiga
berkata: “Ya Allah, saya mempunyai dua orang tua yang sudah tua renta, tidak
seorang pun yang lebih saya dahulukan daripada mereka berdua, baik dalam urusan
keluarga maupun harta. Suatu hari mereka meminta sesuatu kepada saya. Saya
belum menyenangkan mereka hingga mereka tertidur. Maka saya siapkan susu untuk
mereka berdua, saya dapati mereka berdua sudah tertidur, saya tidak ingin lebih
mendahulukan yang lain; keluarga dan harta daripada mereka berdua. Maka saya
terdiam, cangkir berada di tangan saya, saya menunggu mereka berdua terjaga,
hingga terbit fajar. Mereka berdua pun terjaga, lalu mereka minum. Ya Allah,
jika yang aku lakukan itu untuk mengharapkan kemuliaan-Mu, maka lepaskanlah
kami dari dalam gua ini dan dari batu besar ini”. Maka gua itu terbuka sedikit,
mereka belum bisa keluar.
Orang
kedua berkata: “Ya Allah, saya mempunyai sepupu perempuan, dia orang yang
paling saya cintai, saya menginginkan dirinya. Ia menahan dirinya hingga
berlalu beberapa tahun lamanya. Ia datang kepada saya, lalu saya beritakan
seratus dua puluh Dinar kepadanya agar ia mau berdua-duaan dengan saya. Ia pun
melakukannya, sampai saya mampu untuk melakukan sesuatu terhadapnya. Ia
berkata: “Aku tidak halalkan bagimu untuk melepas cincin kecuali dengan
kebenaran”. Saya merasa berat untuk melakukan sesuatu terhadapnya. Maka saya
pun pergi meninggalkannya, padahal ia orang yang paling saya cintai, saya pun
meninggalkan uang emas yang telah saya berikan. Ya Allah, jika yang saya
lakukan itu untuk mengharapkan kemuliaan-Mu, maka lepaskanlah kami dari dalam
gua ini”. Maka pintu gua itu pun terbuka sedikit, hanya saja mereka masih belum
mampu keluar.
Orang
yang ketiga berkata: “Ya Allah, saya mempekerjakan para pekerja, saya
memberikan gaji kepada mereka. Hanya saja ada seorang laki-laki yang tidak
mengambil gajinya, ia pergi. Maka saya mengembangkan gajinya hingga menjadi
harta yang banyak. Lalu setelah berapa lama ia datang lagi dan berkata: “Wahai
hamba Allah, bayarkanlah gaji saya”. Saya katakana kepadanya: “Semua yang
engkau lihat ini adalah dari gajimu; ada unta, lembu, kambing dan hamba
sahaya”. Pekerja itu berkata: “Wahai hamba Allah, janganlah engkau mengejek”.
Saya jawab: “Saya tidak mengejekmu”. Maka pekerja itu pun mengambil semuanya,
ia membawanya, tidak meninggalkan walau sedikit pun. Ya Allah, jika yang aku
lakukan itu untuk mengharapkan kemuliaan-Mu, maka lepaskanlah kami dari gua
ini”. Maka batu besar itu pun bergeser (gua terbuka), lalu mereka pun pergi
keluar melanjutkan perjalanan”.
(Hadits riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim).
Ber-tawassul
Dengan Nabi Muhammad Saw.
Riwayat
Tentang Ber-tawassul Sebelum Nabi Muhammad Saw Lahir ke Dunia.
عن
عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : لما اقترف
آدم الخطيئة قال يا رب أسألك بحق محمد لما غفرت لي فقال الله : يا آدم و كيف عرفت
محمدا و لم أخلقه ؟ قال : يا رب لأنك لما خلقتني بيدك و نفخت في من روحك و رفعت
رأسي فرأيت على قوائم العرش مكتوبا لا إله إلا الله محمد رسول الله فعلمت أنك لم
تضف إلى اسمك إلى أحب الخلق فقال الله : صدقت يا آدم إنه لأحب الخلق إلي ادعني
بحقه فقد غفرت لك و لولا محمد ما خلقتك
Dari Umar bin al-Khattab, ia berkata: Rasulullah Saw
bersabda: “Ketika Adam melakukan kesalahan, ia berkata: “Ya Tuhanku, aku
memohon kepada-Mu berkat kebenaran Muhammad, ketika Engkau mengampuni aku”.
Allah berkata: “Wahai Adam, bagaimana engkau mengenal Muhammad padahal Aku
belum menciptakannya?”. Nabi Adam as menjawab: “Ya Allah, karena ketika Engkau
menciptakan aku dengan tangan-Mu dan Engkau tiupkan ke dalam diriku dari ruh-Mu
dan aku engkat kepalaku, aku lihat di tiang ‘Arsy tertulis: ‘Tiada tuhan selain
Allah, Muhammad utusan Allah’. Maka aku pun mengetahui bahwa Engkau tidak akan
menambahkan sesuatu kepada nama-Mu melainkan nama orang yang paling Engkau
cintai”. Allah berfirman: “Engkau benar wahai Adam, sesungguhnya Muhammad itu
makhluk yang paling aku cintai. Berdoalah berkat dirinya, Aku telah mengampuni
engkau. Kalaulah bukan karena Muhammad, maka Aku tidak akan menciptakan
engkau”.
Ulama
berbeda pendapat tentang hadits ini. Adz-Dzahabi menyatakan ini hadits palsu.
Akan tetapi Imam al-Hakim menyebutkan hadits ini dalam al-Mustadrak, ia
nyatakan shahih. Disebutkan al-Hafizh as-Suyuthi dalam al-Khasha’ish
an-Nabawiyyah, ia nyatakan shahih. Disebutkan al-Baihaqi dalam Dala’il
an-Nubuwwah, padahal Imam al-Baihaqi tidak meriwayatkan hadits palsu, begitu ia
nyatakan dalam muqaddimah kitabnya. Juga dinyatakan shahih oleh Imam al-Qasthallani
dan az-Zarqani dalam al-Mawahib al-Ladunniyyah, as-Subki dalam Syifa’ as-Saqam.
Imam Ibnu Taimiah Berdalil Dengan Hadits Yang Semakna
Dengan Hadits Ini:
وقد
روى أن الله كتب اسمه على العرش وعلى ما فى الجنة من الأبواب والقباب والأوراق
وروى فى ذلك عدة آثار توافق هذه الأحاديث الثابتة التى تبين التنويه باسمه وإعلاء
ذكره حينئذ وقد تقدم لفظ الحديث الذى فى المسند عن ميسرة الفجر لما قيل له متى كنت
نبيا قال وآدم بين الروح والجسد وقد رواه أبو الحسين بن بشران من طريق الشيخ أبى
الفرج بن الجوزى فى الوفا بفضائل المصطفى حدثنا أبو جعفر محمد بن عمرو حدثنا احمد
بن اسحاق بن صالح ثنا محمد ابن صالح ثنا محمد بن سنان العوفى ثنا ابراهيم بن طهمان
عن يزيد بن ميسرة عن عبد الله بن سفيان عن ميسرة قال قلت يا رسول الله متى كنت
نبيا قال لما خلق الله الأرض واستوى إلى السماء فسواهن سبع سموات وخلق العرش كتب
على ساق العرش محمد رسول الله خاتم الأنبياء وخلق الله الجنة التى أسكنها آدم
وحواء فكتب اسمى على الأبواب والأوراق والقباب والخيام وآدم بين الروح والجسد فلما
أحياه الله تعالى نظر الى العرش فرأى اسمى فأخبره الله انه سيد ولدك فلما غرهما
الشيطان تابا واستشفعنا باسمى إليه
وروى أبو نعيم الحافظ فى كتاب دلائل النبوة ومن
طريق الشيخ أبى الفرج حدثنا سليمان بن أحمد ثنا أحمد بن رشدين ثنا أحمد بن سعيد
الفهرى ثنا عبد الله بن اسماعيل المدنى عن عبد الرحمن بن زيد بن أسلم عن أبيه عن
عمر بن الخطاب قال قال رسول الله لما أصاب آدم الخطيئة رفع رأسه فقال يا رب بحق
محمد إلا غفرت لى فأوحى اليه وما محمد ومن محمد فقال يا رب إنك لما أتممت خلقى
رفعت رأسى الى عرشك فإذا عليه مكتوب لا إله الا الله محمد رسول الله فعلمت أنه
أكرم خلقك عليك إذ قرنت اسمه مع اسمك فقال نعم قد غفرت لك وهو آخر الأنبياء من
ذريتك ولولاه ما خلقتك فهذا الحديث يؤيد الذى قبله وهما كالتفسير للأحاديث الصحيحة
Diriwayatkan bahwa Allah telah menuliskan nama Muhammad
di ‘Arsy, di surga, di pintu-pintunya, di kubah-kubahnya dan di dedaunannya.
Diriwayatkan beberapa riwayat yang sesuai dengan hadits-hadits shahih yang
menjelaskan agar mengagungkan nama Muhammad dan memuliakan sebutannya pada saat
itu. Telah disebutkan sebelumnya lafaz hadits yang terdapat dalam al-Musnad,
dari Maisarah al-Fajr, ketika dikatakan kepada Rasulullah Saw: “Sejak bilakah
engkau menjadi nabi?”. Rasulullah Saw menjawab: “Sejak Adam antara ruh dan
jasad”.
Diriwayatkan oleh Abu al-Husein bin
Basyran dari jalur rirwayat Syekh Abu al-Faraj bin al-Jauzi dalam al-Wafa bi
Fadha’il al-Musthafa: Abu Ja’far Muhammad bin ‘Amr meriwayatkan kepada kami,
Ahmad bin Ishaq bin Shalih meriwayatkan kepada kami, Muhammad bin Shalih
meriwayatkan kepada kami, Muhammad bin Sinan al-‘Aufi meriwayatkan kepada kami,
Ibrahim bin Thahman meriwayatkan kepada kami, dari Yazid bin Maisarah, dari
Abdullah bin Sufyan bin Maisarah, ia berkata: saya berkata kepada Rasulullah:
“Wahai Rasulullah, sejak bilakah engkau menjadi nabi?”. Rasulullah Saw
menjawab: “Ketika Allah menciptakan bumi, kemudian Allah bersemayam di langit,
lalu Allah ciptakan tujuh langit, Allah menciptakan ‘Arsy dan menuliskan di
atas kaki ‘Arsy: Muhammad utusan Allah, penutup para nabi. Allah menciptakan surga
yang didiami Adam dan Hawa, dituliskan namaku di atas pintu-pintunya,
dedaunannya, kubah-kubahnya dan kemahnya. Adam antara ruh dan jasad. Ketika
Allah menghidupkannya, ia melihat kepada ‘Arsy, ia lihat namaku, maka Allah
memberitahukan kepada Adam, dia (Muhammad) adalah pemimpin anak cucumu. Ketika
setan menggoda Adam dan Hawa, maka Adam dan Hawa memohon pertolongan kepada
Allah dengan menyebut namaku (Muhammad)”.
Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim al-Hafizh
dalam kitab Dala’il an-Nubuwwah dan dari jalur riwayat Syekh Abu al-Faraj,
Sulaiman bin Ahmad meriwayatkan kepada kami, Ahmad bin Rasydin meriwayatkan
kepada kami, Ahmad bin Sa’id al-Fihri meriwayatkan kepada kami, Abdullah bin
Isma’il al-Madani meriwayatkan kepada kami, dari Abdurrahman bin Zaid bin Aslam,
dari Bapaknya, dari Umar bin al-Khattab, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda:
“Ketika Adam melakukan dosa, ia mengangkat kepalanya seraya berkata: “Wahai
Tuhanku, berkat kebenaran Muhammad Engkau mengampuni aku”. Diwahyukan kepada
Adam: “Siapa Muhammad?”. Adam menjawab: “Wahai Tuhanku, ketika Engkau
menyempurnakan penciptaanku, aku angkat kepalaku ke ‘Arsy-Mu, tiba-tiba
tertulis di atasnya: Tiada tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah. Maka aku
pun mengetahui bahwa dia (Muhammad) makhluk-Mu yang paling mulia bagi-Mu,
karena Engkau mendekatkan namanya bersama nama-Mu”. Allah menjawab: “Ya, Aku
telah mengampunimu, dialah nabi terakhir dari keturunanmu. Kalaulah bukan
karena dia, maka Aku tidak akan menciptakan engkau”. (Ibnu Taimiah melanjutkan
komentarnya): “Hadits ini mendukung hadits sebelumnya. Kedua hadits ini sebagai
penjelasan hadits-hadits shahih”.
(Sumber:
Majmu’ Fatawa Imam Ibn Taimiah: Juz.2, hal.150-151).
Orang-Orang Yahudi Ber-tawassul Dengan Nabi Muhammad Saw
Sebelum Beliau Lahir:
قال
ابن عباس: كانت يهود خيبر تقاتل غطفان فلما التقوا هزمت يهود، فعادت يهود بهذا
الدعاء وقالوا: إنا نسألك بحق النبي الامي الذي وعدتنا أن تخرجه لنا في آخر الزمان
إلا تنصرنا عليهم.
قال:
فكانوا إذا التقوا دعوا بهذا الدعاء فهزموا غطفان، فلما بعث النبي صلى الله عليه
وسلم كفروا، فأنزل
الله تعالى:
" وكانوا من قبل يستفتحون على الذين كفروا " أي بك يا محمد، إلى قوله:
" فلعنة الله على الكافرين ".
Dari Ibnu ‘Abbas: “Yahudi Khaibar berperang dengan
Ghathafan, ketika mereka bertempur, orang-orang Yahudi mengalami kekalahan.
Maka orang-orang Yahudi berdoa: “Kami memohon kepada-Mu berkat nabi yang tidak
dapat membaca yang telah Engkau janjikan kepada kami yang Engkau keluarkan di
akhir zaman, tolonglah kami melawan Ghathafan”. Apabila mereka menghadapi
Ghathafan, maka mereka berdoa dengan doa ini, lalu mereka pun dapat mengalahkan
Ghathafan. Akan tetapi ketika Rasulullah Saw tiba, mereka kafir kepada
Rasulullah Saw, maka Allah turunkan ayat:
“Padahal sebelumnya mereka biasa memohon (kedatangan Nabi) untuk mendapat
kemenangan atas orang-orang kafir, maka setelah datang kepada mereka apa yang telah mereka
ketahui, mereka lalu ingkar kepadanya. Maka la'nat Allah-lah atas orang-orang
yang ingkar itu”. (Qs. al-Baqarah [2]: 89).
(Sumber: Tafsir al-Qurthubi: juz.2, hal.27).
Ber-tawassul Ketika Rasulullah Saw Masih Hidup.
عن
أبي أمامة بن سهل بن حنيف عن عمه عثمان بن حنيف قال : سمعت رسول الله صلى الله
عليه و سلم و جاءه رجل ضرير فشكا إليه ذهاب بصره فقال : يا رسول الله ليس لي قائد
و قد شق علي فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ائت الميضاة فتوضأ ثم صل ركعتين
ثم قل : اللهم إني أسألك و أتوجه إليك بنبيك محمد صلى الله عليه و سلم نبي الرحمة
يا محمد إني أتوجه بك إلى ربك فيجلي لي عن بصري اللهم شفعه في و شفعني في نفسي قال
عثمان فو الله ما تفرقنا و لا طال بنا الحديث حتى دخل الرجل و كأنه لم يكن به ضر
قط
Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif,
dari pamannya bernama Utsman bin Hunaif, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah
Saw, datang seorang laki-laki buta mengadu tentang matanya, ia berkata: “Wahai
Rasulullah, tidak ada orang yang membimbing saya, ini berat bagi saya”. Maka
Rasulullah Saw berkata: “Pergilah ke tempat berwudhu’, maka berwudhu’lah,
kemudian shalatlah dua rakaat. Kemudian ucapkan: “Ya Allah, aku memohon
kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu berkat nabi-Mu Muhammad Saw nabi pembawa
rahmat, wahai Muhammad aku menghadap denganmu kepada Tuhanmu, maka tampakkanlah
pandanganku, ya Allah jadikanlah ia penolong bagiku dan jadikan aku dapat
menolong diriku sendiri”. Utsman berkata: “Demi Allah, belum lama kami
berpisah, belum lama kami bercerita, lalu laki-laki itu masuk, seakan-akan ia
tidak pernah buta sama sekali”.
Komentar al-Hafizh
al-Mundziri:
رواه
الترمذي وقال حديث حسن صحيح غريب والنسائي واللفظ له وابن ماجه وابن خزيمة في
صحيحه والحاكم وقال صحيح على شرط البخاري ومسلم وليس عند الترمذي ثم صل ركعتين
إنما قال فأمره أن يتوضأ فيحسن وضوءه ثم يدعو بهذا الدعاء فذكره بنحوه قال
الطبراني بعد ذكر طرقه والحديث صحيح
Diriwayatkan at-Tirmidzi, ia
berkata: Hadits hasan shahih gharib. Diriwayatkan an-Nasa’i dengan lafaznya.
Diriwayatkan Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya. Diriwayatkan
al-Hakim, ia berkata: “Shahih menurut syarat al-Bukhari dan Muslim). Imam
ath-Thabrani berkata setelah menyebutkan beberapa jalur periwayatannya: “Hadits
Shahih”.
(Sumber: al-Hafizh
al-Mundziri dalam at-Targhib wa at-Tarhib, juz.1, hal.272-273).
Ber-tawassul Ketika Rasulullah Saw Sudah Wafat.
عن
أبى أمامة بن سهل بن حنيف عن عمه عثمان بن حنيف أن رجلا كان يختلف إلى عثمان بن
عفان فى حاجة له فلقى عثمان بن حنيف فشكا اليه ذلك فقال له عثمان بن حنيف ائت
الميضأة فتوضأ ثم ائت المسجد فصل فيه ركعتين ثم قل اللهم إنى أسألك وأتوجه إليك
بنبينا محمد صلى الله عليه و سلم نبى الرحمة يامحمد إنى أتوجه بك إلى ربك عز و جل
فيقضى لى حاجتى وتذكر حاجتك ورح حتى أروح معك فإنطلق الرجل فصنع ما قال له ثم أتى
باب عثمان بن عفان فأجلسه معه على الطنفسة وقال حاجتك فذكر حاجته فقضاها له ثم قال
له ما ذكرت حاجتك حتى كانت هذه الساعة وقال ما كانت لك من حاجة فائتنا ثم إن الرجل خرج من عنده فلقى عثمان بن حنيف
فقال له جزاك الله خيرا ما كان ينظر فى حاجتى ولا يلتفت الى حتى كلمته فى فقال له
عثمان بن حنيف والله ما كلمته ولكن شهدت رسول الله وأتاه ضرير فشكا اليه ذهاب بصره
فقال له النبى أفتصبر فقال يا رسول الله إنه ليس لى قائد وقد شق على فقال له رسول
الله ائت الميضأة فتوضأ ثم صل ركعتين ثم ادع بهذه الدعوات فقال عثمان بن حنيف
فوالله ما تفرقنا ولا طال بنا الحديث حتى دخل علينا الرجل كأنه لم يكن به ضر قط
Dari Abu Umamah bin Sahl bin Hunaif,
dari pamannya bernama Utsman bin Hunaif, bahwa ada seorang laki-laki akan
menghadap Khalifah Utsman bin ‘Affan untuk suatu urusan, maka ia pun menemui
Utsman bin Hunaif, ia mengadu kepada Utsman bin Hunaif, Utsman bin Hunaif
berkata kepadanya: “Pergilah ke tempat wudhu’, kemudian berwudhu’lah, kemudian
pergilah ke masjid, shalatlah dua rakaat, kemudian ucapkanlah: “Ya Allah, aku
memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu berkat nabi-Mu Muhammad Saw nabi
pembawa rahmat, ya Muhammad aku menghadap denganmu kepada Tuhanmu, agar Ia
menunaikan hajatku”, kemudian ucapkanlah hajatmu. Pergilah, agar aku dapat
pergi bersamamu”. Maka laki-laki itu pun pergi, ia melakukan apa yang dikatakan
Utsman bin Hunaif. Kemudian ia datang ke pintu Utsman bin ‘Affan, lalu Utsman
mendudukkannya bersamanya di atas karpet alas duduk, Utsman bin ‘Affan
bertanya: “Apakah keperluanmu?”. Laki-laki itu pun menyebutkan keperluannya,
lalu Utsman bin ‘Affan menunaikannya. Kemudian Utsman bin ‘Affan berkata
kepadanya: “Engkau tidak menyebutkan keperluanmu hingga saat ini. Jika engkau
ada keperluan, maka datanglah kepada kami”. Kemudian laki-laki itu pergi. Lalu
ia menemui Utsman bin Hunaif dan berkata: “Semoga Allah memberikan balasan
kebaikan kepadamu, sebelumnya Khalifah Utsman bin ‘Affan tidak mau melihat
keperluan saya dan tidak menoleh kepada saya hingga engkau menceritakan tentang
saya kepadanya”. Utsman bin Hunaif berkata: “Demi Allah, saya tidak pernah
menceritakan tentangmu kepada Khalifah Utsman bin ‘Affan, akan tetapi saya
menyaksikan Rasulullah Saw, seorang yang buta datang kepadanya mengadu
kepadanya tentang penglihatannya yang hilang, maka Rasulullah Saw berkata
kepadanya: “Apakah engkau bersabar?”. Laki-laki buta itu menjawab: “Wahai
Rasulullah, tidak ada yang membimbing saya, berat bagi saya”. Rasulullah Saw
berkata kepadanya: “Pergilah engkau ke tempat wudhu’, berwudhu’lah, kemudian
shalatlah dua rakaat, kemudian berdoalah dengan doa ini”. Utsman bin Hunaif
berkata: “Demi Allah, tidak berapa lama kami berpisah, tidak berapa lama kami
bercerita, hingga laki-laki buta itu datang kepada kami, seakan-akan ia tidak
buta sama sekali”.
Pendapat Ibnu Taimiah Terhadap Hadits ini:
قال الطبرانى
روى هذا الحديث شعبة عن أبى جعفر واسمه عمر بن يزيد وهو ثقة تفرد به عثمان بن عمر
عن شعبة قال أبو عبد الله المقدسى والحديث صحيح
قلت والطبرانى
ذكر تفرده بمبلغ علمه ولم تبلغه رواية روح بن عبادة عن شعبة وذلك إسناد صحيح يبين
أنه لم ينفرد به عثمان بن عمر
Ath-Thabrani berkata: “Yang meriwayatkan hadits ini
adalah Syu’bah dari Abu Ja’far, namanya Umar bin Yazid, ia seorang periwayat
yang Tsiqah (terpercaya), hanya Utsman bin Umar yang meriwayatkan dari Syu’bah.
Abu Abdillah al-Maqdisi berkata: “Ini hadits shahih”.
Saya (Ibnu Taimiah) katakan: ath-Thabrani menyebutkan
hanya Utsman bin Umar yang meriwayatkan, itu pengetahuan ath-Thabrani, karena
riwayat Rauh bin ‘Ubadah dari Syu’bah tidak sampai kepada ath-Thabrani. Itu
sanad yang shahih yang menjelaskan bahwa Utsman bin Umar tidak meriwayatkan
sendirian.
(Sumber: Majmu’ Fatawa Ibn Taimiah, at-Tawassul wa
al-Wasilah, juz.1, hal.273).
ابن
أبى الدنيا فى كتاب مجابى الدعاء قال حدثنا أبو هاشم سمعت كثير بن محمد ابن كثير
بن رفاعة يقول جاء رجل الى عبد الملك بن سعيد بن أبجر فجس بطنه فقال بك داء لا
يبرأ قال ما هو قال الدبيلة قال فتحول الرجل فقال الله الله الله ربى لا أشرك به
شيئا اللهم إنى أتوجه اليك بنبيك محمد نبى الرحمة تسليما يا محمد إنى أتوجه بك الى
ربك وربى يرحمنى مما بى قال فجس بطنه فقال قد برئت ما بك علة
قلت فهذا الدعاء ونحوه قد روى أنه دعا به السلف
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ad-Dunia
dalam kitab Mujabi ad-Du’a’, ia berkata: Abu Hasyim meriwayatkan kepada kami,
ia berkata: Saya mendengar Katsir bin Muhammad bin Katsir bin Rifa’ah berkata:
Seorang laki-laki datang kepada Abdul Malik bin Sa’id bin Abjar, ia meraba
perut laki-laki itu. Abdul Malik bin Sa’id bin Abjar berkata: “Engkau mengalami
penyakit yang tidak dapat disembuhkan”. Orang itu bertanya: “Apakah namanya?”.
Ia menjawab: “Dubailah (Bisul besar yang ada di dalam perut, biasanya orang
yang terkena penyakit ini berakhir dengan kematian)”. Lalu laki-laki itu
berpaling seraya mengucapkan: “Allah Allah Allah Tuhanku, aku tidak
mempersekutukannya dengan sesuatu apa pun. Ya Allah, aku menghadap kepada-Mu
berkat nabi-Mu Muhammad nabi pembawa rahmat dan keselamatan, wahai Muhammad
sesungguhnya aku menghadap denganmu kepada Tuhanmu dan Tuhanku agar ia
merahmati aku dan apa yang menimpaku”. Abdul Malik bin Sa’id bin Abjar kembali
meraba perut laki-laki itu, ia berkata: “Engkau telah sembuh, tidak ada
penyakit pada dirimu”.
Komentar Ibnu
Taimiah:
Doa seperti ini dan sejenisnya
adalah doa yang biasa diucapkan kalangan Salaf.
(Sumber: Majmu’ Fatawa Ibn
Taimiah: juz.1, hal.264).
Imam Ahmad bin
Hanbal Memperbolehkan Ber-tawassul Dengan Nabi Muhammad Saw:
قال أحمد في
منسكه الذي كتبه للمروزي صاحبه إنه يتوسل بالنبي صلى الله عليه و سلم في دعائه
ولكن غير أحمد قال : إن هذا إقسام على الله به ولا يقسم على الله بمخلوق وأحمد في
إحدى الروايتين قد جوز القسم به فلذلك جوز التوسل به
Imam Ahmad bin Hanbal berkata dalam
al-Mansak yang ditulis oleh al-Marwazi sahabatnya, bahwa Imam Ahmad bin Hanbal
bertawassul dengan nabi Muhammad Saw dalam doanya, akan tetapi selain Imam
Ahmad bin Hanbal berkata: “Sesungguhnya ini bersumpah kepada Allah demi nabi
Muhammad Saw, tidak boleh bersumpah kepada Allah demi makhluk”. Dalam salah
satu riwayat dari Imam Ahmad disebutkan bahwa Imam Ahmad membolehkan sumpah
demi Nabi Muhammad Saw, dengan demikian berarti Imam Ahmad membolehkan tawassul
dengan Nabi Muhammad Saw.
(Sumber: al-Fatawa al-Kubra, Ibnu Taimiah,
juz.2, hal.422).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar