Masjid Akramunnas Universitas Riau, Kampus Gobah,
Kajian Hadis, Sabtu Ba'da Shubuh, 28 januari 2012
7 hadis, Mengapa bersedekah?
1. Ingin Memperoleh Perlindungan di dunia:
« مَا مِنْ مسلم يكسُو مسلما ثوبا إلا كان في حفظ الله ما دام عليه منه خِرْقَة ».أخرجه الترمذي.
“Seorang muslim yang memberi kain/pakaian kepada muslim yang lain, maka ia tetap berada dalam perlindungan Allah Swt selama kain itu tetap ada walaupun sepotong”.
(HR. at-Tirmidzi).
2. Ingin Mendapat Naungan di akhirat:
عن عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ
كُلُّ امْرِئٍ فِى ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda:
“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya hingga (perkara) diputuskan diantara umat manusia”.
(HR. Ahmad).
3. Mengobati penyakit fisik:
دَاوُوا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ
“Obatilah orang yang sakit diantara kamu dengan sedekah”
Dinyatakan Shahih oleh Syekh al-Albani dalam Shahih wa Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir.
4. Mengobati penyakit batin:
عن أبي هريرة : ان رجلا شكا إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم قسوة قلبه فقال له ان أردت تليين قلبك فأطعم المسكين وامسح رأس اليتيم
Dari Abu Hurairah, seseorang datang mengadu kepada Rasulullah Saw tentang hatinya yang keras. Maka Rasulullah Saw berkata kepadanya, “Jika engkau ingin melembutkan hatimu, maka berilah makanan kepada orang miskin dan usaplah kepada anak yatim”. (HR. Ahmad). Hadits Hasan menurut Syekh al-Albani.
5. Memadamkan dosa:
والصدقة تطفئ الخطيئة كما يطفئ الماء النار
“Sedekah memadamkan dosa seperti air memadamkan api”.
(HR. At-Tirmidzi).
Dinyatakan shahih oleh Syekh al-Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan at-Tirmidzi.
6. Meredam murka dan menolak mati jelek:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ ».
Dari Anas, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda:
“Sesungguhnya sedekah memadamkan murka Allah dan menolak kematian dalam kondisi tidak baik”.
(HR. At-Tirmidzi). Dinyatakan sebagai hadits Hasan oleh Imam at-Tirmidzi.
7. Mengaminkan doa malaikat:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - أَنَّ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda:
“Setiap hamba yang menjalani suatu hari, maka ada dua malaikat yang turun pada hari itu. Salah satu dari malaikat itu berkata: ‘Ya Allah, berilah ganti untuk orang yang bersedekah’. Malaikat yang lain berkata: ‘Ya Allah, berilah kebinasaan kepada orang yang tidak mau bersedekah’.”
(HR. al-Bukhari dan Muslim).
Sabtu, 28 Januari 2012
Rabu, 25 Januari 2012
KHUTBAH NIKAH
إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا، ومن سيئات أعمالنا،
من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له.
وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.
(يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون)
(يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالاً كثيراً ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيباً)
(يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولاً سديداً* يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزاً عظيماً)
أما بعد:
فإن خير الحديث كتاب الله، وخير الهدي هدي محمد، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة، وكل بدعة ضلالة." رواه مسلم وغيره.
فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ كُنَّا مَعَ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - شَبَابًا لاَ نَجِدُ شَيْئًا فَقَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهُ - صلى الله عليه وسلم - « يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ ، وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ » . (البخاري).-
أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ - رضى الله عنه –
وَاللَّهِ إِنِّى لأَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ ، لَكِنِّى أَصُومُ وَأُفْطِرُ ، وَأُصَلِّى وَأَرْقُدُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ ، فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِى فَلَيْسَ مِنِّى » . (البخاري).-
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ » . (البخاري).-
من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له.
وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.
(يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون)
(يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالاً كثيراً ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيباً)
(يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولاً سديداً* يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزاً عظيماً)
أما بعد:
فإن خير الحديث كتاب الله، وخير الهدي هدي محمد، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة، وكل بدعة ضلالة." رواه مسلم وغيره.
فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ كُنَّا مَعَ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - شَبَابًا لاَ نَجِدُ شَيْئًا فَقَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهُ - صلى الله عليه وسلم - « يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ ، وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ » . (البخاري).-
أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ - رضى الله عنه –
وَاللَّهِ إِنِّى لأَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ ، لَكِنِّى أَصُومُ وَأُفْطِرُ ، وَأُصَلِّى وَأَرْقُدُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ ، فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِى فَلَيْسَ مِنِّى » . (البخاري).-
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ » . (البخاري).-
Selasa, 24 Januari 2012
APA HUKUM PERINGATAN MAULID USTADZ?
Saya merasa tak pantas menjawab pertanyaan ini, saya nukilkan beberapa pendapat ulama:
PENDAPAT AL-HAFIZH IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI:
وقد سئل شيخ الإسلام حافظ العصر أبو الفضل بن حجر عن عمل المولد فأجاب بما نصه: أصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن أحد من السلف الصالح من القرون الثلاثة ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها فمن تحرى في عملها المحاسن وتجنب ضدها كان بدعة حسنة وإلا فلا قال وقد ظهر لي تخريجها على أصل ثابت وهو ما ثبت في الصحيحين من أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسألهم فقالوا هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما من به في يوم معين من إسداء نعمة أو دفع نقمة ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة والشكر لله يحصل بأنواع العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم_ الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي
Syaikhul Islam Hafizh al-‘Ashr Abu al-Fadhl Ibnu Hajar ditanya tentang maulid nabi. Beliau menjawab:
Asal perbuatan malid adalah bid’ah. Tidak ada riwayat dari seorang pun dari kalangan Salafushaleh dari tiga abad pertama tentang itu. Akan tetapi maulid mengandung banyak kebaikan dan lawannya. Siapa yang mencari kebaikan dan menghindari lawannya, maka itu adalah bid’ah hasanah. Jika tidak, maka tidak dapat dianggap bid’ah hasanah. Terlihat jelas bagi saya mengeluarkan hukumnya dari dasar yang kuat, yaitu hadits yang disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, bahwa Rasulullah Saw ketika tiba di Madinah, ia dapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura. Ia bertanya kepada mereka, mereka menjawab, bahwa itu adalah hari Allah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Musa. Maka kami berpuasa bersyukur kepada Allah”. Maka dapat diambil pelajaran dari itu bahwa bersyukur kepada Allah pada hari tertentu disebabkan mendapat nikmat atau ditolaknya bala, itu dapat dijadikan perbandingan. Pada hari itu setiap tahun. Syukur kepada Allah dapat diungkapkan dengan berbagai jenis ibadah seperti sujud, berpuasa, sedekah dan membaca al-Qur’an. Adakah nikmat yang lebih besar daripada nikmat dimunculkannya nabi ini, nabi rahmat pada hari itu?!
PENDAPAT AL-HAFIZH SYAMSUDDIN BIN AL-JAZARI:
إمام القراء الحافظ شمس الدين بن الجزري قال في كتابه المسمى عرف التعريف بالمولد الشريف ما نصه قد رؤى أبو لهب بعد موته في النوم فقيل له ما حالك فقال في النار إلا أنه يخفف عني كل ليلة اثنين وأمص من بين أصبعي ماء بقدر هذا- وأشار لرأس أصبعه- وأن ذلك بإعتاقي لثويبة عندما بشرتني بولادة النبي صلى الله عليه وسلم وبإرضاعها له. فإذا كان أبو لهب الكافر الذي نزل القرآن بذمه جوزي في النار بفرحه ليلة مولد النبي صلى اله عليه وسلم به فما حال المسلم الموحد من أمة النبي صلى اله عليه وسلم يسر بمولده ويبذل ما تصل إليه قدرته في محبته صلى الله عليه وسلم لعمري إنما يكون جزاؤه من الله الكريم أن يدخله بفضله جنات النعيم._ الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي
Imam para ahli Qira’at, al-Hafizh Syamsuddin bin al-Jazari, ia berkata dalam kitab ‘Urf at-Ta’rif bi al-Maulid asy-Syarif, teksnya:
“Abu Lahab diperlihatkan di dalam mimpi setelah ia mati, ditanyakan kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?”. Ia menjawab, “Di dalam neraka, hanya saja azabku diringankan setiap malam Senin. Aku menghisap air diantara jari jemariku sekadar ini – ia menunjuk induk jarinya-. Itu aku dapatkan karena aku memerdekakan Tsuwaibah ketika ia memberikan kabar gembira kepadaku tentang kelahiran Muhammad dan ia menyusukan Muhammad”.
Jika Abu Lahab yang kafir, kecamannya disebutkan dalam al-Qur’an, ia diberi balasan di dalam neraka karena kelahiran nabi Muhammad dan apa yang telah ia berikan karena sayangnya kepada nabi Muhammad. Maka demi usiaku, balasan bagi orang yang bahagia dengan kelahiran nabi Muhammad Saw adalah memasukkannya ke dalam surga.
PENDAPAT AL-HAFIZH SYAMSUDDIN BIN NASHIRUDDIN AD-DIMASYQI:
وقال الحافظ شمس الدين بن ناصر الدين الدمشقي في كتابه المسمى مورد الصادي في مولد الهادي قد صح أن أبا لهب يخفف عنه عذاب النار في مثل يوم الاثنين لإعتاقه ثويبة سرورا بميلاد النبي صلى الله عليه وسلم ثم أنشد:
إذا كان هذا كافرا جاء ذمه * وتبت يداه في الجحيم مخلدا
أتى أنه في يوم الاثنين دائما * يخفف عنه للسرور بأحمدا
فما الظن بالعبد الذي طول عمره * بأحمد مسرورا ومات موحدا
الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي
Al-Hafizh Syamsuddin bin Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata dalam kitabnya berjudul: Mawrid ash-Shadi fi Maulid al-Hadi:
“Shahih bahwa Abu Lahab diringankan azabnya pada hari Senin karena ia memerdekakan Tsuwaibah karena gembira atas kelahiran Rasulullah Saw”. Kemudian beliau bersyair:
Jika seorang kafir yang telah dikecam * Kekal di dalam neraka Jahim
Diriwayatkan bahwa setiap hari Senin * Diringankan azabnya karena senang atas kelahirannya
Bagaimanakah prasangka terhadap hamba yang seumur hidupnya *
Bahagia dengan kedatangan Ahmad dan mati dalam keadaan bertauhid?!
PENDAPAT SYEKH DR.YUSUF AL-QARADHAWI.
حكم الاحتفال بالمولد النبوي
موقع القرضاوي/19-3-2008
Hukum memperingati maulid nabi.
Web Syekh Yusuf al-Qaradhari/ 19 Maret 2008
تلقى فضيلة العلامة الدكتور يوسف القرضاوي - رئيس الإتحاد العالمي لعلماء المسلمين - استفساراً من أحد القراء يقول فيه: شيخي الجليل يعلم الله أني أحبك في الله، وبمناسبة قرب مولد الحبيب صلى الله عليه وسلم ما حكم الاحتفال بهذه المناسبة؟ وما واجبنا تجاه الحبيب صلى الله عليه وسلم؟
Al-‘Allamah DR.Yusuf al-Qaradhawi –ketua persatuan ulama dunia- menerima permohonan agar diberikan penjelasan dari salah seorang pembaca, ia nyatakan: “Wahai Syekh saya yang mulia, Allah Maha Mengetahui bahwa saya menyayangi Anda karena Allah. Bertepatan dengan mendekatnya hari kelahiran nabi Muhammad Saw. Apakah hukum merayakan maulid nabi? Apa kewajiban kita terhadap Rasulullah?
وقد أجاب فضيلته على السائل بقوله: بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:
فهناك لون من الاحتفال يمكن أن نقره ونعتبره نافعاً للمسلمين، ونحن نعلم أن الصحابة رضوان الله عليهم لم يكونوا يحتفلون بمولد الرسول صلى الله عليه وسلم ولا بالهجرة النبوية ولا بغزوة بدر، لماذا؟
Syekh Dr. Yusuf al-Qaradhawi menjawab:
Bismillah, walhamdu lillah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Saw, wa ba’du:
لأن هذه الأشياء عاشوها بالفعل، وكانوا يحيون مع الرسول صلى الله عليه وسلم، كان الرسول صلى الله عليه وسلم حياً في ضمائرهم، لم يغب عن وعيهم، كان سعد بن أبي وقاص يقول: كنا نروي أبناءنا مغازي رسول الله صلى الله عليه وسلم كما نحفِّظهم السورة من القرآن، بأن يحكوا للأولاد ماذا حدث في غزوة بدر وفي غزوة أحد، وفي غزوة الخندق وفي غزوة خيبر، فكانوا يحكون لهم ماذا حدث في حياة النبي صلى الله عليه وسلم، فلم يكونوا إذن في حاجة إلى تذكّر هذه الأشياء.
Karena berbagai peristiwa itu benar-benar mereka alami, mereka hidup bersama Rasulullah Saw. Rasulullah Saw hidup dalam hati mereka, tidak pernah hilang dari kesadaran mereka. Sa’ad bin Abi Waqqash berkata: “Kami meriwayatkan kepada anak-anak kami tentang peperangan Rasulullah Saw sebagaimana kami menghafalkan surat dari al-Qur’an kepada mereka”. Mereka menceritakan kepada anak-anak mereka tentang peristiwa yang terjadi pada perang Badar, Uhud, Khandaq, Khaibar, mereka menceritakan apa yang terjadi pada kehidupan Rasulullah Saw. Oleh sebab itu mereka tidak perlu mengingat-ingat berbagai peristiwa tersebut.
ثم جاء عصر نسي الناس هذه الأحداث وأصبحت غائبة عن وعيهم، وغائبة عن عقولهم وضمائرهم، فاحتاج الناس إلى إحياء هذه المعاني التي ماتت والتذكير بهذه المآثر التي نُسيت، صحيح اتُخِذت بعض البدع في هذه الأشياء ولكنني أقول إننا نحتفل بأن نذكر الناس بحقائق السيرة النبوية وحقائق الرسالة المحمدية، فعندما أحتفل بمولد الرسول فأنا أحتفل بمولد الرسالة، فأنا أذكِّر الناس برسالة رسول الله وبسيرة رسول الله.
Kemudian tibalah masa manusia melupakan berbagai peristiwa tersebut. Berbagai peristiwa itu terlupakan dari ingatan mereka, hilang dari akal dan hati mereka. Manusia perlu menghidupkan makna-makna yang telah mati, mengingatkan peninggalan-peninggalan yang terlupakan. Benar bahwa beberapa bentuk bid’ah telah terjadi dalam masalah ini, akan tetapi saya katakana bahwa kita memperingati maulid nabi dengan mengingatkan manusia tentang hakikat kebenaran sejarah nabi, hakikat risalah nabi Muhammad Saw. Ketika saya merayakan maulid nabi, maka saya sedang merayakan lahirnya risalah Islam, saya mengingatkan manusia tentang risalah Rasulullah Saw dan sejarah Rasulullah Saw.
وفي هذه المناسبة أذكِّر الناس بهذا الحدث العظيم وبما يُستفاد به من دروس، لأربط الناس بسيرة النبي صلى الله عليه وسلم (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا) [الأحزاب 21] لنضحي كما ضحى الصحابة، كما ضحى علِيّ حينما وضع نفسه موضع النبي صلى الله عليه وسلم، كما ضحت أسماء وهي تصعد إلى جبل ثور، هذا الجبل الشاق كل يوم، لنخطط كما خطط النبي للهجرة، لنتوكل على الله كما توكل على الله حينما قال له أبو بكر: والله يا رسول الله لو نظر أحدهم تحت قدميه لرآنا، فقال: "يا أبا بكر ما ظنك في اثنين الله ثالثهما، لا تحزن إن الله معنا".
Pada momen peringatan maulid nabi ini saya mengingatkan manusia tentang peristiwa besar dan pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik, agar saya dapat mempererat hubungan antara manusia dengan sejarah nabi Muhammad Saw, “Sesungguhnya bagi kamu dalam diri Rasulullah Saw itu terdapat suri tauladan yang baik, bagi orang yang mengharapkan Allah dan hari akhirat dan mengingat Allah sebanyak-banyaknya”. (Qs. al-Ahzab: 21). Agar kita dapat berkorban seperti para shahabat berkorban, sebagaimana Ali mengorbankan dirinya ketika ia meletakkan dirinya di tempat Rasulullah Saw. Sebagaimana Asma’ berkorban ketika ia naik ke jabal Tsaur, bukit yang terjal. Agar kita membuat strategi sebagaimana Rasulullah Saw membuat strategi hijrah. Agar kita bertawakkal sebagaimana Rasulullah Saw bertawakkal kepada Allah ketika Abu Bakar berkata kepadanya, “Demi Allah wahai Rasulullah, andai salah seorang dari mereka melihat di bawah kakinya, pastilah mereka melihat kita”. maka Rasulullah Saw menjawab, “Wahai Abu Bakar, jika menurutmu ada dua, maka Allah yang ketiga. Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”.
نحن في حاجة إلى هذه الدروس فهذا النوع من الاحتفال تذكير الناس بهذه المعاني، أعتقد أن وراءه ثمرة إيجابية هي ربط المسلمين بالإسلام وربطهم بسيرة النبي صلى الله عليه وسلم ليأخذوا منه الأسوة والقدوة، أما الأشياء التي تخرج عن هذا فليست من الاحتفال؛ ولا نقر أحدًا عليها.
Kita sangat membutuhkan pelajaran-pelajaran ini. peringatan seperti ini mengingatkan manusia kepada makna-makna ini. saya yakin bahwa di balik peringatan maulid nabi ada hasil yang positif, yaitu mengikatkan kembali kaum muslimin dengan Islam, mengikatkan mereka dengan sejarah Rasulullah Saw, agar mereka menjadikannya sebagai suri tauladan dan contoh. Adapun hal-hal yang keluar daripada ini, maka bukan bagian dari peringatan maulid nabi dan kami tidak mengakui seorang pun untuk melakukannya.
Web:
http://www.qaradawi.net/site/topics/article.asp?cu_no=2&item_no=5852&version=1&template_id=130&parent_id=17
PENDAPAT AL-HAFIZH IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI:
وقد سئل شيخ الإسلام حافظ العصر أبو الفضل بن حجر عن عمل المولد فأجاب بما نصه: أصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن أحد من السلف الصالح من القرون الثلاثة ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها فمن تحرى في عملها المحاسن وتجنب ضدها كان بدعة حسنة وإلا فلا قال وقد ظهر لي تخريجها على أصل ثابت وهو ما ثبت في الصحيحين من أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسألهم فقالوا هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما من به في يوم معين من إسداء نعمة أو دفع نقمة ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة والشكر لله يحصل بأنواع العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم_ الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي
Syaikhul Islam Hafizh al-‘Ashr Abu al-Fadhl Ibnu Hajar ditanya tentang maulid nabi. Beliau menjawab:
Asal perbuatan malid adalah bid’ah. Tidak ada riwayat dari seorang pun dari kalangan Salafushaleh dari tiga abad pertama tentang itu. Akan tetapi maulid mengandung banyak kebaikan dan lawannya. Siapa yang mencari kebaikan dan menghindari lawannya, maka itu adalah bid’ah hasanah. Jika tidak, maka tidak dapat dianggap bid’ah hasanah. Terlihat jelas bagi saya mengeluarkan hukumnya dari dasar yang kuat, yaitu hadits yang disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, bahwa Rasulullah Saw ketika tiba di Madinah, ia dapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura. Ia bertanya kepada mereka, mereka menjawab, bahwa itu adalah hari Allah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Musa. Maka kami berpuasa bersyukur kepada Allah”. Maka dapat diambil pelajaran dari itu bahwa bersyukur kepada Allah pada hari tertentu disebabkan mendapat nikmat atau ditolaknya bala, itu dapat dijadikan perbandingan. Pada hari itu setiap tahun. Syukur kepada Allah dapat diungkapkan dengan berbagai jenis ibadah seperti sujud, berpuasa, sedekah dan membaca al-Qur’an. Adakah nikmat yang lebih besar daripada nikmat dimunculkannya nabi ini, nabi rahmat pada hari itu?!
PENDAPAT AL-HAFIZH SYAMSUDDIN BIN AL-JAZARI:
إمام القراء الحافظ شمس الدين بن الجزري قال في كتابه المسمى عرف التعريف بالمولد الشريف ما نصه قد رؤى أبو لهب بعد موته في النوم فقيل له ما حالك فقال في النار إلا أنه يخفف عني كل ليلة اثنين وأمص من بين أصبعي ماء بقدر هذا- وأشار لرأس أصبعه- وأن ذلك بإعتاقي لثويبة عندما بشرتني بولادة النبي صلى الله عليه وسلم وبإرضاعها له. فإذا كان أبو لهب الكافر الذي نزل القرآن بذمه جوزي في النار بفرحه ليلة مولد النبي صلى اله عليه وسلم به فما حال المسلم الموحد من أمة النبي صلى اله عليه وسلم يسر بمولده ويبذل ما تصل إليه قدرته في محبته صلى الله عليه وسلم لعمري إنما يكون جزاؤه من الله الكريم أن يدخله بفضله جنات النعيم._ الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي
Imam para ahli Qira’at, al-Hafizh Syamsuddin bin al-Jazari, ia berkata dalam kitab ‘Urf at-Ta’rif bi al-Maulid asy-Syarif, teksnya:
“Abu Lahab diperlihatkan di dalam mimpi setelah ia mati, ditanyakan kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?”. Ia menjawab, “Di dalam neraka, hanya saja azabku diringankan setiap malam Senin. Aku menghisap air diantara jari jemariku sekadar ini – ia menunjuk induk jarinya-. Itu aku dapatkan karena aku memerdekakan Tsuwaibah ketika ia memberikan kabar gembira kepadaku tentang kelahiran Muhammad dan ia menyusukan Muhammad”.
Jika Abu Lahab yang kafir, kecamannya disebutkan dalam al-Qur’an, ia diberi balasan di dalam neraka karena kelahiran nabi Muhammad dan apa yang telah ia berikan karena sayangnya kepada nabi Muhammad. Maka demi usiaku, balasan bagi orang yang bahagia dengan kelahiran nabi Muhammad Saw adalah memasukkannya ke dalam surga.
PENDAPAT AL-HAFIZH SYAMSUDDIN BIN NASHIRUDDIN AD-DIMASYQI:
وقال الحافظ شمس الدين بن ناصر الدين الدمشقي في كتابه المسمى مورد الصادي في مولد الهادي قد صح أن أبا لهب يخفف عنه عذاب النار في مثل يوم الاثنين لإعتاقه ثويبة سرورا بميلاد النبي صلى الله عليه وسلم ثم أنشد:
إذا كان هذا كافرا جاء ذمه * وتبت يداه في الجحيم مخلدا
أتى أنه في يوم الاثنين دائما * يخفف عنه للسرور بأحمدا
فما الظن بالعبد الذي طول عمره * بأحمد مسرورا ومات موحدا
الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي
Al-Hafizh Syamsuddin bin Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata dalam kitabnya berjudul: Mawrid ash-Shadi fi Maulid al-Hadi:
“Shahih bahwa Abu Lahab diringankan azabnya pada hari Senin karena ia memerdekakan Tsuwaibah karena gembira atas kelahiran Rasulullah Saw”. Kemudian beliau bersyair:
Jika seorang kafir yang telah dikecam * Kekal di dalam neraka Jahim
Diriwayatkan bahwa setiap hari Senin * Diringankan azabnya karena senang atas kelahirannya
Bagaimanakah prasangka terhadap hamba yang seumur hidupnya *
Bahagia dengan kedatangan Ahmad dan mati dalam keadaan bertauhid?!
PENDAPAT SYEKH DR.YUSUF AL-QARADHAWI.
حكم الاحتفال بالمولد النبوي
موقع القرضاوي/19-3-2008
Hukum memperingati maulid nabi.
Web Syekh Yusuf al-Qaradhari/ 19 Maret 2008
تلقى فضيلة العلامة الدكتور يوسف القرضاوي - رئيس الإتحاد العالمي لعلماء المسلمين - استفساراً من أحد القراء يقول فيه: شيخي الجليل يعلم الله أني أحبك في الله، وبمناسبة قرب مولد الحبيب صلى الله عليه وسلم ما حكم الاحتفال بهذه المناسبة؟ وما واجبنا تجاه الحبيب صلى الله عليه وسلم؟
Al-‘Allamah DR.Yusuf al-Qaradhawi –ketua persatuan ulama dunia- menerima permohonan agar diberikan penjelasan dari salah seorang pembaca, ia nyatakan: “Wahai Syekh saya yang mulia, Allah Maha Mengetahui bahwa saya menyayangi Anda karena Allah. Bertepatan dengan mendekatnya hari kelahiran nabi Muhammad Saw. Apakah hukum merayakan maulid nabi? Apa kewajiban kita terhadap Rasulullah?
وقد أجاب فضيلته على السائل بقوله: بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:
فهناك لون من الاحتفال يمكن أن نقره ونعتبره نافعاً للمسلمين، ونحن نعلم أن الصحابة رضوان الله عليهم لم يكونوا يحتفلون بمولد الرسول صلى الله عليه وسلم ولا بالهجرة النبوية ولا بغزوة بدر، لماذا؟
Syekh Dr. Yusuf al-Qaradhawi menjawab:
Bismillah, walhamdu lillah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Saw, wa ba’du:
لأن هذه الأشياء عاشوها بالفعل، وكانوا يحيون مع الرسول صلى الله عليه وسلم، كان الرسول صلى الله عليه وسلم حياً في ضمائرهم، لم يغب عن وعيهم، كان سعد بن أبي وقاص يقول: كنا نروي أبناءنا مغازي رسول الله صلى الله عليه وسلم كما نحفِّظهم السورة من القرآن، بأن يحكوا للأولاد ماذا حدث في غزوة بدر وفي غزوة أحد، وفي غزوة الخندق وفي غزوة خيبر، فكانوا يحكون لهم ماذا حدث في حياة النبي صلى الله عليه وسلم، فلم يكونوا إذن في حاجة إلى تذكّر هذه الأشياء.
Karena berbagai peristiwa itu benar-benar mereka alami, mereka hidup bersama Rasulullah Saw. Rasulullah Saw hidup dalam hati mereka, tidak pernah hilang dari kesadaran mereka. Sa’ad bin Abi Waqqash berkata: “Kami meriwayatkan kepada anak-anak kami tentang peperangan Rasulullah Saw sebagaimana kami menghafalkan surat dari al-Qur’an kepada mereka”. Mereka menceritakan kepada anak-anak mereka tentang peristiwa yang terjadi pada perang Badar, Uhud, Khandaq, Khaibar, mereka menceritakan apa yang terjadi pada kehidupan Rasulullah Saw. Oleh sebab itu mereka tidak perlu mengingat-ingat berbagai peristiwa tersebut.
ثم جاء عصر نسي الناس هذه الأحداث وأصبحت غائبة عن وعيهم، وغائبة عن عقولهم وضمائرهم، فاحتاج الناس إلى إحياء هذه المعاني التي ماتت والتذكير بهذه المآثر التي نُسيت، صحيح اتُخِذت بعض البدع في هذه الأشياء ولكنني أقول إننا نحتفل بأن نذكر الناس بحقائق السيرة النبوية وحقائق الرسالة المحمدية، فعندما أحتفل بمولد الرسول فأنا أحتفل بمولد الرسالة، فأنا أذكِّر الناس برسالة رسول الله وبسيرة رسول الله.
Kemudian tibalah masa manusia melupakan berbagai peristiwa tersebut. Berbagai peristiwa itu terlupakan dari ingatan mereka, hilang dari akal dan hati mereka. Manusia perlu menghidupkan makna-makna yang telah mati, mengingatkan peninggalan-peninggalan yang terlupakan. Benar bahwa beberapa bentuk bid’ah telah terjadi dalam masalah ini, akan tetapi saya katakana bahwa kita memperingati maulid nabi dengan mengingatkan manusia tentang hakikat kebenaran sejarah nabi, hakikat risalah nabi Muhammad Saw. Ketika saya merayakan maulid nabi, maka saya sedang merayakan lahirnya risalah Islam, saya mengingatkan manusia tentang risalah Rasulullah Saw dan sejarah Rasulullah Saw.
وفي هذه المناسبة أذكِّر الناس بهذا الحدث العظيم وبما يُستفاد به من دروس، لأربط الناس بسيرة النبي صلى الله عليه وسلم (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا) [الأحزاب 21] لنضحي كما ضحى الصحابة، كما ضحى علِيّ حينما وضع نفسه موضع النبي صلى الله عليه وسلم، كما ضحت أسماء وهي تصعد إلى جبل ثور، هذا الجبل الشاق كل يوم، لنخطط كما خطط النبي للهجرة، لنتوكل على الله كما توكل على الله حينما قال له أبو بكر: والله يا رسول الله لو نظر أحدهم تحت قدميه لرآنا، فقال: "يا أبا بكر ما ظنك في اثنين الله ثالثهما، لا تحزن إن الله معنا".
Pada momen peringatan maulid nabi ini saya mengingatkan manusia tentang peristiwa besar dan pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik, agar saya dapat mempererat hubungan antara manusia dengan sejarah nabi Muhammad Saw, “Sesungguhnya bagi kamu dalam diri Rasulullah Saw itu terdapat suri tauladan yang baik, bagi orang yang mengharapkan Allah dan hari akhirat dan mengingat Allah sebanyak-banyaknya”. (Qs. al-Ahzab: 21). Agar kita dapat berkorban seperti para shahabat berkorban, sebagaimana Ali mengorbankan dirinya ketika ia meletakkan dirinya di tempat Rasulullah Saw. Sebagaimana Asma’ berkorban ketika ia naik ke jabal Tsaur, bukit yang terjal. Agar kita membuat strategi sebagaimana Rasulullah Saw membuat strategi hijrah. Agar kita bertawakkal sebagaimana Rasulullah Saw bertawakkal kepada Allah ketika Abu Bakar berkata kepadanya, “Demi Allah wahai Rasulullah, andai salah seorang dari mereka melihat di bawah kakinya, pastilah mereka melihat kita”. maka Rasulullah Saw menjawab, “Wahai Abu Bakar, jika menurutmu ada dua, maka Allah yang ketiga. Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”.
نحن في حاجة إلى هذه الدروس فهذا النوع من الاحتفال تذكير الناس بهذه المعاني، أعتقد أن وراءه ثمرة إيجابية هي ربط المسلمين بالإسلام وربطهم بسيرة النبي صلى الله عليه وسلم ليأخذوا منه الأسوة والقدوة، أما الأشياء التي تخرج عن هذا فليست من الاحتفال؛ ولا نقر أحدًا عليها.
Kita sangat membutuhkan pelajaran-pelajaran ini. peringatan seperti ini mengingatkan manusia kepada makna-makna ini. saya yakin bahwa di balik peringatan maulid nabi ada hasil yang positif, yaitu mengikatkan kembali kaum muslimin dengan Islam, mengikatkan mereka dengan sejarah Rasulullah Saw, agar mereka menjadikannya sebagai suri tauladan dan contoh. Adapun hal-hal yang keluar daripada ini, maka bukan bagian dari peringatan maulid nabi dan kami tidak mengakui seorang pun untuk melakukannya.
Web:
http://www.qaradawi.net/site/topics/article.asp?cu_no=2&item_no=5852&version=1&template_id=130&parent_id=17
Selasa, 17 Januari 2012
PEMIMPIN DAN SHALAT JAMA'AH
Negara-negara modern yang didirikan berdasarkan demokrasi barat memisahkan antara agama dan negara. Agama adalah urusan personal antara manusia dengan tuhan, tidak ada campur tangan negara di dalamnya. Islam sebagai agama sempurna mengatur semua aspek kehidupan manusia, termasuk beragama dan bernegara. Imam al-Mawardi dalam al-Ahkam al-Shulthaniyyah menyebutkan beberapa tugas pemimpin negara, dalam bab ke-IX dibahas khusus tentang kuasa pemimpin menjadi imam shalat berjamaah.
Apakah Rasulullah Saw sebagai pemimpin agama dan negara di Madinah hanya mengurus masalah negara? Apakah urusan shalat diserahkan kepada masing-masing individu?
Untuk mengetahui itu kita mesti melihat catatan hadits yang bercerita tentang itu.
Riwayat pertama ini menyebutkan bahwa Rasulullah Saw melakukan inspeksi terhadap anggota masyarakat yang melaksanakan shalat berjamaah:
عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّهُ قَالَ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الصُّبْحَ فَقَالَ « شَاهِدٌ فُلاَنٌ ». فَقَالُوا لاَ. فَقَالَ « شَاهِدٌ فُلاَنٌ ». فَقَالُوا لاَ. فَقَالَ « شَاهِدٌ فُلاَنٌ ». فَقَالُوا لاَ.
فَقَالَ « إِنَّ هَاتَيْنِ الصَّلاَتَيْنِ مِنْ أَثْقَلِ الصَّلَوَاتِ عَلَى الْمُنَافِقِينَ وَلَو يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَو حَبْواً وَالصَّفُّ الْمُقَدَّمُ عَلَى مِثْلِ صَفِّ الْمَلاَئِكَةِ وَلَوْ تَعْلَمُونَ فَضِيلَتَهُ لاَبْتَدَرْتُمُوهُ وَصَلاَةُ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلِ أَزْكَى مِنْ صَلاَتِهِ وَحْدَهُ وَصَلاَتُهُ مَعَ رَجُلَيْنِ أَزْكَى مِنْ صَلاَتِهِ مَعَ رَجُلٍ وَمَا كَانَ أَكْثَرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ».
Dari Ubai bin Ka’ab, ia berkata, “Rasulullah Saw melaksanakan shalat Shubuh, beliau bertanya, ‘Apakah si fulan ikut shalat berjamaah?”.
Mereka menjawab, “Tidak”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah si fulan ikut shalat berjamaah?”.
Mereka menjawab, “Tidak”.
Rasulullah Saw bertanya lagi, “Apakah si fulan ikut shalat berjamaah?”.
Mereka menjawab, “Tidak”.
Rasulullah Saw berkata, “Sesungguhnya dua shalat ini adalah shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik. Andai mereka tahu balasan dalam keduanya, pastilah mereka datang walaupun merangkak”. (Hadits riwayat Imam Ahmad).
Dalam riwayat lain dinyatakan pernyatan Rasulullah Saw yang sangat keras terkait sikap meninggalkan shalat berjamaah:
عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لَيَنْتَهِيَنَّ رِجَالٌ عَنْ تَرْكِ الْجَمَاعَةِ أَوْ لأُحَرِّقَنَّ بُيُوتَهُمْ ».
Dari Usamah bin Zaid, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda: “Hendaklah orang-orang yang meninggalkan shalat berjamaah itu meninggalkan perbuatan mereka, atau aku akan membakar rumah mereka”. (Hadits riwayat Ibnu Majah).
Bahkan riwayat ini menyebutkan tidak adanya keringanan meninggalkan shalat berjamaah, meskipun itu seorang yang buta dan tidak ada yang menuntunnya untuk datang ke masjid:
عَنِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ أَنَّهُ سَأَلَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى رَجُلٌ ضَرِيرُ الْبَصَرِ شَاسِعُ الدَّارِ وَلِى قَائِدٌ لاَ يُلاَئِمُنِى فَهَلْ لِى رُخْصَةٌ أَنْ أُصَلِّىَ فِى بَيْتِى قَالَ « هَلْ تَسْمَعُ النِّدَاءَ ». قَالَ نَعَمْ. قَالَ « لاَ أَجِدُ لَكَ رُخْصَةً ».
Dari Ibnu Ummi Maktum, ia bertanya kepada Rasulullah Saw, “Wahai Rasulullah, saya seorang yang buta, rumah saya jauh dari masjid, tidak ada yang dapat menuntun saya ke masjid. Apakah ada keringanan untuk saya shalat di rumah?”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah engkau mendengar seruan azan?”.
Ia menjawab, “Ya”.
Rasulullah Saw berkata, “Aku tidak menemukan ada keringanan untukmu”. (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).
Apakah Rasulullah Saw sebagai pemimpin agama dan negara di Madinah hanya mengurus masalah negara? Apakah urusan shalat diserahkan kepada masing-masing individu?
Untuk mengetahui itu kita mesti melihat catatan hadits yang bercerita tentang itu.
Riwayat pertama ini menyebutkan bahwa Rasulullah Saw melakukan inspeksi terhadap anggota masyarakat yang melaksanakan shalat berjamaah:
عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّهُ قَالَ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الصُّبْحَ فَقَالَ « شَاهِدٌ فُلاَنٌ ». فَقَالُوا لاَ. فَقَالَ « شَاهِدٌ فُلاَنٌ ». فَقَالُوا لاَ. فَقَالَ « شَاهِدٌ فُلاَنٌ ». فَقَالُوا لاَ.
فَقَالَ « إِنَّ هَاتَيْنِ الصَّلاَتَيْنِ مِنْ أَثْقَلِ الصَّلَوَاتِ عَلَى الْمُنَافِقِينَ وَلَو يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَو حَبْواً وَالصَّفُّ الْمُقَدَّمُ عَلَى مِثْلِ صَفِّ الْمَلاَئِكَةِ وَلَوْ تَعْلَمُونَ فَضِيلَتَهُ لاَبْتَدَرْتُمُوهُ وَصَلاَةُ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلِ أَزْكَى مِنْ صَلاَتِهِ وَحْدَهُ وَصَلاَتُهُ مَعَ رَجُلَيْنِ أَزْكَى مِنْ صَلاَتِهِ مَعَ رَجُلٍ وَمَا كَانَ أَكْثَرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ».
Dari Ubai bin Ka’ab, ia berkata, “Rasulullah Saw melaksanakan shalat Shubuh, beliau bertanya, ‘Apakah si fulan ikut shalat berjamaah?”.
Mereka menjawab, “Tidak”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah si fulan ikut shalat berjamaah?”.
Mereka menjawab, “Tidak”.
Rasulullah Saw bertanya lagi, “Apakah si fulan ikut shalat berjamaah?”.
Mereka menjawab, “Tidak”.
Rasulullah Saw berkata, “Sesungguhnya dua shalat ini adalah shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik. Andai mereka tahu balasan dalam keduanya, pastilah mereka datang walaupun merangkak”. (Hadits riwayat Imam Ahmad).
Dalam riwayat lain dinyatakan pernyatan Rasulullah Saw yang sangat keras terkait sikap meninggalkan shalat berjamaah:
عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لَيَنْتَهِيَنَّ رِجَالٌ عَنْ تَرْكِ الْجَمَاعَةِ أَوْ لأُحَرِّقَنَّ بُيُوتَهُمْ ».
Dari Usamah bin Zaid, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda: “Hendaklah orang-orang yang meninggalkan shalat berjamaah itu meninggalkan perbuatan mereka, atau aku akan membakar rumah mereka”. (Hadits riwayat Ibnu Majah).
Bahkan riwayat ini menyebutkan tidak adanya keringanan meninggalkan shalat berjamaah, meskipun itu seorang yang buta dan tidak ada yang menuntunnya untuk datang ke masjid:
عَنِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ أَنَّهُ سَأَلَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى رَجُلٌ ضَرِيرُ الْبَصَرِ شَاسِعُ الدَّارِ وَلِى قَائِدٌ لاَ يُلاَئِمُنِى فَهَلْ لِى رُخْصَةٌ أَنْ أُصَلِّىَ فِى بَيْتِى قَالَ « هَلْ تَسْمَعُ النِّدَاءَ ». قَالَ نَعَمْ. قَالَ « لاَ أَجِدُ لَكَ رُخْصَةً ».
Dari Ibnu Ummi Maktum, ia bertanya kepada Rasulullah Saw, “Wahai Rasulullah, saya seorang yang buta, rumah saya jauh dari masjid, tidak ada yang dapat menuntun saya ke masjid. Apakah ada keringanan untuk saya shalat di rumah?”.
Rasulullah Saw bertanya, “Apakah engkau mendengar seruan azan?”.
Ia menjawab, “Ya”.
Rasulullah Saw berkata, “Aku tidak menemukan ada keringanan untukmu”. (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).
Minggu, 15 Januari 2012
SHALAT TAHAJJUD BERJAMA'AH?
JAWABAN SYEKH ALI JUM'AH (MUFTI MESIR).
الموضوع: حكم صلاة التهجد جماعة في المسجد.
السؤال:
اطلعنا على الطلب رقم 1916 لسنة 2003 والمتضمن أن السائل يطلب بيان الحكم الشرعي في صلاة التهجد جماعة في المسجد في العشر الأواخر من رمضان.
Judul: hukum shalat tahajjud berjamaah di masjid.
Pertanyaan:
Setelah kami membaca permohonan no.1916 tahun 2003 yang isinya bahwa penanya meminta penjelasan hukum shalat tahajjud berjamaah di masjid di sepuluh terakhir ramadhan.
المفتى :
فضيلة الاستاذ الدكتور/ علي جمعة.
الجواب:
ذهب جمهور الفقهاء إلى جواز صلاة التطوع _ كالتهجد والتراويح وغير ذلك _ جماعة وفرادى لأن النبي صلى الله عليه وسلم فعل الأمرين وإن كان الأفضل في غير التراويح الصلاة في المنزل لقوله صلى الله عليه وسلم : " صلاة المرء في بيته أفضل من صلاته في مسجدي هذا إلا المكتوبة " رواه أبو داود .
وذهب بعض الفقهاء إلى كراهة الجماعة في النافلة _ غير التراويح _ إذا قصد بها الرياء. .
وبناء على ما سبق وفي واقعة السؤال : فيجوز شرعاً صلاة التهجد في جماعة بالمسجد تحصيلاً لثوابها وحثاً للناس عليها والكراهة المذكورة عند بعض الفقهاء محمولة على الجماعة التي يقصد بها الرياء فقط.
ومما ذكر يعلم الجواب عن السؤال
والله سبحانه وتعالى أعلى وأعلم
Mufti: Syekh Prof.DR.Ali Jum’ah.
Jawaban:
Menurut para ahli fiqh, boleh hukumnya shalat sunnat –seperti tahajjud, tarawih dan lain-lain- dilaksanakan berjamaah atau sendiri-sendiri, karena Rasulullah Saw melaksanakan kedua cara ini, meskipun untuk shalat sunnat selain tarawih lebih afdhal shalat di rumah, karena Rasulullah Saw bersabda: “Shalat seseorang di rumahnya lebih afdhal daripada shalat di masjidku (masjid nabawi), kecuali shalat wajib”. HR. Abu Daud.
Menurut sebagian ahli fiqh, makruh hukumnya melaksanakan shalat sunnat berjamaah –selain tarawih- jika tujuannya riya’.
Berdasarkan dalil diatas, maka boleh hukumnya melaksanakan shalat tahajjud berjamaah untuk mendapatkan balasannya dan memberikan motifasi kepada orang banyak. Adapun hukum makruh yang disebutkan sebagian ahli fiqh itu mengandung makna jika berjamaah itu diniatkan untuk riya’.
(Fatawa Mu’ashirah, juz.1, hal.9).
JAWABAN SYEKH 'UTSAIMIN (ULAMA SAUDI ARABIA).
... وسئل فضيلة الشيخ - غفر الله له -: عندما يصلي الإنسان لوحده في صلاة جهرية، هل يجهر بالقراءة؟ أو هو مخير؟ وما حكم إقامة بعض الشباب صلاة التهجد جماعة في كل ليلة؟
... فأجاب فضيلته بقوله: يقول العلماء رحمهم الله تعالى: إن الإنسان إذا صلى وحده في صلاة الليل فهو مخير بين أن يجهر بالقراءة، أو يسر بها، ولكن إذا كان معه أحد يصلي فلابد من الجهر، ودليل ذلك حديث حذيفة بن اليمان أنه صلى مع النبي صلى الله عليه وسلم ذات ليلة، فقرأ النبي صلى الله عليه وسلم وشرع في سورة البقرة، وكان لا تمر به آية رحمة إلا سأل، ولا آية عذاب إلا تعوذ، قال حذيفة: فظننت أنه يركع عند المائة آية فمضى حتى أتمها، ثم قرأ بعدها سورة النساء، وآل عمران ثم ركع(1). رواه مسلم في صلاة المسافرين باب 27 - استحباب تطويل القراءة في صلاة الليل 1/536 ح203 (772).
... وهذا يدل على أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يجهر بذلك، ولولا هذا ما علم حذيفة بما كان يقف له عند آية الرحمة، وآية العذاب، وآية تسبيح، وأنه كان صلى الله عليه وسلم إذا مر بآية تسبيح سبح.
... وهنا إشكالان في هذا الحديث:
... الأول: هل تشرع صلاة التهجد جماعة أم لا؟
... الجواب على هذا الإشكال أن يقال: لا تشرع صلاة التهجد على وجه الاستمرار، أما أحياناً فلا بأس، فإن النبي صلى الله عليه وسلم صلى معه حذيفة بن اليمان كما في هذا الحديث، ومرة أخرى صلى معه العباس - رضي الله عنهما - ومرة ثالثة صلى معه عبد الله بن مسعود، ولكنه عليه الصلاة والسلام لا يتخذ هذا دائماً، ولا يشرع ذلك إلا في أيام رمضان، فإذا كان أحياناً يصلي جماعة في التهجد فلا بأس، وهو من السنة.
... وأما ما يفعله بعض الأخوة من الشباب الساكنين في مكان واحد من إقامة التهجد جماعة في كل ليلة هذا خلاف السنة.
Syekh ‘Utsaimin ditanya: ketika seseorang melaksanakan shalat sendirian pada shalat jahar, apakah bacaan ia jaharkan? Atau ia punya pilihan? Apa hukum sebagian pemuda melaksanakan shalat tahajjud berjamaah setiap malam?
Syekh ‘Utsaimin menjawab:
Para ulama berkata: jika seseorang melaksanakan shalat pada waktu malam, ia memilih antara bacaan jahar atau sir. Akan tetapi jika ia bersama orang lain, maka mesti jahar. Dalilnya adalah hadits Hudzaifah bin al-Yaman, ia shalat bersama Rasulullah Saw pada suatu malam, Rasulullah Saw membaca surat al-Baqarah, setiap melewati ayat rahmat beliau berdoa, setiap melewati ayat azab beliau memohon perlindungan. Hudzaifah berkata: “Menurut perkiraan saya ia akan ruku’ pada ayat ke seratus, akan tetapi beliau tetap berlalu hingga selesai. Kemudian setelah itu beliau membaca surat an-Nisa’ dan Al ‘Imran, kemudian beliau ruku’. Hadits riwayat imam Muslim dalam shalat al-Musafirin, bab: dianjurkan memanjangkan bacaan dalam shalat malam: 1/536 h 203 (772).
Ini menujukkan bahwa Rasulullah Saw melaksanakan shalat secara jahar, jika tidak jahar maka tidak mungkin Hudzaifah mengetahui Rasulullah Saw berhenti pada ayat rahmat, ayat azab dan ayat tasbih. Ketika Rasulullah Saw melewati ayat tasbih, beliau bertasbih.
Ada dua masalah dalam hadits ini:
Pertama: apakah disyariatkan shalat tahajjud berjamaah?
Jawaban terhadap masalah ini: tidak disyariatkan shalat tahajjud secara berjamaah secara terus menerus, adapun jika dilaksanakan sekali-sekali, maka boleh. Karena Rasulullah Saw shalat, bersama beliau ada Hudzaifah bin al-Yaman, sebagaimana dalam hadits diatas. Suatu ketika beliau shalat, bersama beliau ada al-‘Abbas. Kali ketiga shalat bersama beliau Abdullah bin Mas’ud. Akan tetapi Rasulullah Saw tidak melaksanakannya secara terus menerus. Tidak disyariatkan shalat Qiyamullai berjamaah secara terus menerus kecuali di bulan Ramadhan. Jika sekali-sekali dilaksanakan shalat tahajjud berjamaah, maka itu dibolehkan, bagian dari Sunnah.
Adapun yang dilaksanakan sebagian saudara dari kalangan pemuda yang tinggal di suatu tempat, mereka melaksanakan tahajjud secara berjamaah setiap malam, maka ini bertentangan dengan Sunnah.
(Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin: juz.13, hal. 104).
الموضوع: حكم صلاة التهجد جماعة في المسجد.
السؤال:
اطلعنا على الطلب رقم 1916 لسنة 2003 والمتضمن أن السائل يطلب بيان الحكم الشرعي في صلاة التهجد جماعة في المسجد في العشر الأواخر من رمضان.
Judul: hukum shalat tahajjud berjamaah di masjid.
Pertanyaan:
Setelah kami membaca permohonan no.1916 tahun 2003 yang isinya bahwa penanya meminta penjelasan hukum shalat tahajjud berjamaah di masjid di sepuluh terakhir ramadhan.
المفتى :
فضيلة الاستاذ الدكتور/ علي جمعة.
الجواب:
ذهب جمهور الفقهاء إلى جواز صلاة التطوع _ كالتهجد والتراويح وغير ذلك _ جماعة وفرادى لأن النبي صلى الله عليه وسلم فعل الأمرين وإن كان الأفضل في غير التراويح الصلاة في المنزل لقوله صلى الله عليه وسلم : " صلاة المرء في بيته أفضل من صلاته في مسجدي هذا إلا المكتوبة " رواه أبو داود .
وذهب بعض الفقهاء إلى كراهة الجماعة في النافلة _ غير التراويح _ إذا قصد بها الرياء. .
وبناء على ما سبق وفي واقعة السؤال : فيجوز شرعاً صلاة التهجد في جماعة بالمسجد تحصيلاً لثوابها وحثاً للناس عليها والكراهة المذكورة عند بعض الفقهاء محمولة على الجماعة التي يقصد بها الرياء فقط.
ومما ذكر يعلم الجواب عن السؤال
والله سبحانه وتعالى أعلى وأعلم
Mufti: Syekh Prof.DR.Ali Jum’ah.
Jawaban:
Menurut para ahli fiqh, boleh hukumnya shalat sunnat –seperti tahajjud, tarawih dan lain-lain- dilaksanakan berjamaah atau sendiri-sendiri, karena Rasulullah Saw melaksanakan kedua cara ini, meskipun untuk shalat sunnat selain tarawih lebih afdhal shalat di rumah, karena Rasulullah Saw bersabda: “Shalat seseorang di rumahnya lebih afdhal daripada shalat di masjidku (masjid nabawi), kecuali shalat wajib”. HR. Abu Daud.
Menurut sebagian ahli fiqh, makruh hukumnya melaksanakan shalat sunnat berjamaah –selain tarawih- jika tujuannya riya’.
Berdasarkan dalil diatas, maka boleh hukumnya melaksanakan shalat tahajjud berjamaah untuk mendapatkan balasannya dan memberikan motifasi kepada orang banyak. Adapun hukum makruh yang disebutkan sebagian ahli fiqh itu mengandung makna jika berjamaah itu diniatkan untuk riya’.
(Fatawa Mu’ashirah, juz.1, hal.9).
JAWABAN SYEKH 'UTSAIMIN (ULAMA SAUDI ARABIA).
... وسئل فضيلة الشيخ - غفر الله له -: عندما يصلي الإنسان لوحده في صلاة جهرية، هل يجهر بالقراءة؟ أو هو مخير؟ وما حكم إقامة بعض الشباب صلاة التهجد جماعة في كل ليلة؟
... فأجاب فضيلته بقوله: يقول العلماء رحمهم الله تعالى: إن الإنسان إذا صلى وحده في صلاة الليل فهو مخير بين أن يجهر بالقراءة، أو يسر بها، ولكن إذا كان معه أحد يصلي فلابد من الجهر، ودليل ذلك حديث حذيفة بن اليمان أنه صلى مع النبي صلى الله عليه وسلم ذات ليلة، فقرأ النبي صلى الله عليه وسلم وشرع في سورة البقرة، وكان لا تمر به آية رحمة إلا سأل، ولا آية عذاب إلا تعوذ، قال حذيفة: فظننت أنه يركع عند المائة آية فمضى حتى أتمها، ثم قرأ بعدها سورة النساء، وآل عمران ثم ركع(1). رواه مسلم في صلاة المسافرين باب 27 - استحباب تطويل القراءة في صلاة الليل 1/536 ح203 (772).
... وهذا يدل على أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يجهر بذلك، ولولا هذا ما علم حذيفة بما كان يقف له عند آية الرحمة، وآية العذاب، وآية تسبيح، وأنه كان صلى الله عليه وسلم إذا مر بآية تسبيح سبح.
... وهنا إشكالان في هذا الحديث:
... الأول: هل تشرع صلاة التهجد جماعة أم لا؟
... الجواب على هذا الإشكال أن يقال: لا تشرع صلاة التهجد على وجه الاستمرار، أما أحياناً فلا بأس، فإن النبي صلى الله عليه وسلم صلى معه حذيفة بن اليمان كما في هذا الحديث، ومرة أخرى صلى معه العباس - رضي الله عنهما - ومرة ثالثة صلى معه عبد الله بن مسعود، ولكنه عليه الصلاة والسلام لا يتخذ هذا دائماً، ولا يشرع ذلك إلا في أيام رمضان، فإذا كان أحياناً يصلي جماعة في التهجد فلا بأس، وهو من السنة.
... وأما ما يفعله بعض الأخوة من الشباب الساكنين في مكان واحد من إقامة التهجد جماعة في كل ليلة هذا خلاف السنة.
Syekh ‘Utsaimin ditanya: ketika seseorang melaksanakan shalat sendirian pada shalat jahar, apakah bacaan ia jaharkan? Atau ia punya pilihan? Apa hukum sebagian pemuda melaksanakan shalat tahajjud berjamaah setiap malam?
Syekh ‘Utsaimin menjawab:
Para ulama berkata: jika seseorang melaksanakan shalat pada waktu malam, ia memilih antara bacaan jahar atau sir. Akan tetapi jika ia bersama orang lain, maka mesti jahar. Dalilnya adalah hadits Hudzaifah bin al-Yaman, ia shalat bersama Rasulullah Saw pada suatu malam, Rasulullah Saw membaca surat al-Baqarah, setiap melewati ayat rahmat beliau berdoa, setiap melewati ayat azab beliau memohon perlindungan. Hudzaifah berkata: “Menurut perkiraan saya ia akan ruku’ pada ayat ke seratus, akan tetapi beliau tetap berlalu hingga selesai. Kemudian setelah itu beliau membaca surat an-Nisa’ dan Al ‘Imran, kemudian beliau ruku’. Hadits riwayat imam Muslim dalam shalat al-Musafirin, bab: dianjurkan memanjangkan bacaan dalam shalat malam: 1/536 h 203 (772).
Ini menujukkan bahwa Rasulullah Saw melaksanakan shalat secara jahar, jika tidak jahar maka tidak mungkin Hudzaifah mengetahui Rasulullah Saw berhenti pada ayat rahmat, ayat azab dan ayat tasbih. Ketika Rasulullah Saw melewati ayat tasbih, beliau bertasbih.
Ada dua masalah dalam hadits ini:
Pertama: apakah disyariatkan shalat tahajjud berjamaah?
Jawaban terhadap masalah ini: tidak disyariatkan shalat tahajjud secara berjamaah secara terus menerus, adapun jika dilaksanakan sekali-sekali, maka boleh. Karena Rasulullah Saw shalat, bersama beliau ada Hudzaifah bin al-Yaman, sebagaimana dalam hadits diatas. Suatu ketika beliau shalat, bersama beliau ada al-‘Abbas. Kali ketiga shalat bersama beliau Abdullah bin Mas’ud. Akan tetapi Rasulullah Saw tidak melaksanakannya secara terus menerus. Tidak disyariatkan shalat Qiyamullai berjamaah secara terus menerus kecuali di bulan Ramadhan. Jika sekali-sekali dilaksanakan shalat tahajjud berjamaah, maka itu dibolehkan, bagian dari Sunnah.
Adapun yang dilaksanakan sebagian saudara dari kalangan pemuda yang tinggal di suatu tempat, mereka melaksanakan tahajjud secara berjamaah setiap malam, maka ini bertentangan dengan Sunnah.
(Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin: juz.13, hal. 104).