Rabu, 25 Agustus 2010

Wanita Istihadhah Boleh Puasa?

Dikutip Dari Kitab Fiqh Sunnah, Karya Syekh Sayyid Sabiq,
juz: 1, halaman: 86 – 89.
Diterjemahkan Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.

(3) أحكامها: للمستحاضة أحكام نلخصها فيما يأتي:
(3) Beberapa hukum bagi wanita yang mengalami istihadhah, kami ringkas sebagai berikut.

ا - أنه لا يجب عليها الغسل لشئ من الصلاة ولا في وقت من الاوقات إلا مرة واحدة، حينما ينقطع حيضها.
وبهذا قال الجمهور من السلف والخلف.
a. Wanita yang mengalami istihadhah tidak wajib mandi ketika akan melaksanakan shalat, tidak wajib mandi pada waktu tertentu, hanya wajib satu kali mandi saja, ketika haidhnya berhenti. Demikian menurut pendapat Jumhur ulama dari kalangan Salaf (terdahulu) dan Khalaf (belakangan).

ب - أنه يجب عليها الوضوء لكل صلاة، لقوله صلى الله عليه وسلم
- في رواية البخاري -: (ثم توضئي لكل صلاة).
b. Wanita yang mengalami istihadhah wajib berwudhu’ setiap kali akan melaksanakan shalat, berdasarkan ucapan Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam al-Bukhari, Rasulullah Saw berkata kepada seorang perempuan yang mengalami istihahdh: “Kemudian berwudhu’lah engkau untuk setiap kali akan melaksanakan shalat”.

وعند مالك يستحب لها الوضوء لكل صلاة، ولا يجب إلا بحدث آخر.
Menurut Imam Malik: wanita yang mengalami istihadhah dianjurkan agar berwudhu’ setiap kali akan melaksanakan shalat. Ia tidak wajib berwudhu’ kecuali ada hadats lain.

ح - أن تغسل فرجها قبل الوضوء وتحشوه بخرقة أو قطنة دفعا للنجاسة، وتقليلا لها، فإذا لم يندفع الدم بذلك شدت مع ذلك على فرجها وتلجمت واستثفرت، ولا يجب هذا، وإنما هو الاولى.
c. Wanita yang mengalami istihadhah agar membasuh kemaluannya sebelum berwudhu’, menutupinya dengan kain atau kapas untuk menolak najis dan meminimalisir najis. Jika darah istihadhah tetap tidak berhenti dengan itu, maka diperkuat dengan kain yang diisi kapas. Ini tidak wajib. Akan tetapi lebih utama untuk dilakukan.

د - ألا تتوضأ قبل دخول وقت الصلاة عند الجمهور إذ طهارتها ضرورية، فليس لها تقديمها قبل وقت الحاجة.
d. wanita yang mengalami istihadhah tidak boleh berwudhu’ sebelum masuk waktu shalat, demikian menurut jumhur (mayoritas) ulama, karena kesuciannya dalam keadaan darurat, ia tidak boleh mendahulukannya sebelum waktu yang dibutuhkan.

ه - أنه يجوز لزوجها أن يطأها في حال جريان الدم، عند جماهير العلماء لانه لم يرد دليل بتحريم جماعها.
e. Bagi wanita yang mengalami istihadhah, suaminya boleh menggaulinya dalam keadaan darah istihadhah mengalir. Demikian menurut jumhur (mayoritas) ulama. Karena tidak ada dalil yang mengaramkan menggauli wanita yang sedang mengalami istihadhah.

قال ابن عباس: المستحاضة يأتيها زوجها إذا صلت الصلاة، أعظم رواه البخاري ليعني إذا جاز لها أن تصلي ودمها جار، وهي أعظم ما يشترط لها الطهارة، جاز جماعها.
Ibnu Abbas berkata: “Wanita yang mengalami istihadhah tetap melakukan hubungan dengan suaminya dan tetap melaksanakan shalat. Dalil yang paling kuat adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari yang maknanya: jika wanita yang mengalami istihadhah boleh melaksanakan shalat ketika darah istihadhahnya mengalir, padahal shalat itu sangat mensyaratkan kesucian, maka wanita yang mengalami istihadhah boleh melakukan hubungan suami istri.

وعن عكرمة بنت حمنة، أنها كانت مستحاضة وكان زوجها يجامعها. رواه أبو داود والبيهقي، وقال النووي: إسناده حسن.
Dari ‘Ikrimah binti Himnah, ia pernah mengalami istihadhah dan suaminya menggaulinya. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan al-Baihaqi. Imam Nawawi berkata, “Sanadnya hasan”.

و - أن لها حكم الطاهرات: تصلي وتصوم وتعتكف وتقرأ القرآن وتمس المصحف وتحمله وتفعل كل العبادات.
وهذا مجمع عليه
f. Wanita yang mengalami istihadhah sama seperti wanita yang berada dalam keadaan suci dari haidh, ia tetap melaksanakan shalat, berpuasa, melakukan I’tikaf, membaca al-Qur’an, memegang mushaf al-Qur’an, membawa al-Qur’an dan melakukan semua ibadah.

90 komentar:

  1. Balasan
    1. JazakAlloh ustadz,tpi mf sblumnnya hnya ingin mnnyakan lgi lbh jlsnya,org yg istikhdoh itu boleh melkukan hal halbyg sunnah sprti membca al qur an dll,krn pernh sya dgr org yg istikhadah itu ktnya tdk bolh mngrjkn sesuatu yg sunnah,,mohon penjelasnnya lgi ustadz...trma ksh

      Hapus
    2. Baca bagian terakhir penjelasan ustadz Abdul somad ukhti

      Hapus
    3. Assalamualaikum ustad
      Mohon maaf sebelumnya , ketika dalam keadaan istihadzah bolehkah tidak langsung sholat?? Dikarnakan sedang menjaga anak

      Mohon penjelasannya 🙏
      Terimakasih😇

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum pak ustad!!! Apa betul selain ada batas normal saat haid. Ada juga batas akhir smpai 15 hari??? (Mohon penjelannya pak ustad.)Soalnya istri saya haidnya tidak normal. Dan istri sya klo sedang normal haidnya 7-10 hri.Kadang sudah 1minggu sudah bersih. Di hari ke 8 atau ke 9 keluar lgi darahnya? Apa itu termasuk istihadhah pak ustad???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sebelumnya, itu masih di kategorikan darah haid,karena masih belum melebihi hari ke 15 sejak awalnya darah yang keluar.

      Hapus
    2. Assalamualaikum.saya mohon bamtuannya.saya sudah haid selama 6 hari dah bersuci selama 3 hari lepas saya memasang alat kb/Aud minta maaf(yg d masukkan dalam kemaluan)dan awal mula keluar darah cair lepas 2 hari kering saya mandi bersuci karna sudah masuk awal puasa dan setelah puasa 3 hari darah itu keluar lagi.wajibkah saya berpuasa.dan sholat...
      Sampai sekarang pun darah itu keluar meskipun cuma sedikit..mohon penjelasannya.terimakasih

      Hapus
    3. Alhamdulillah, sangat bermanfaat.
      Terima kasih pak ustadz.

      Hapus
    4. Disebabkan darah tersebut belum melepasi 15 hari selama-lama haid, maka ia dihukum sebagai darah haid, dan 3 hari yg yg suci itu dikira sbg haid, wallahu’alam

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum pak ustadz,mau tanya bila haid maju tglnya,contoh biasa tgl 24,ini tgl 23 sudah haid,tapi sedikit sekali,duhur keluar ashar maghrib dan isha tidak keluar,lalu mandi besar dan subuh solat kembali,waktu duhur tiba,keluar lagi haidnya dan banyak
    Pertanyaannya bagaimana hukumnya waktu solat ashar maghrib dan isya yang tidak dilakukan,dan hukum solat subuh yang dilakukan,berdosa semua kah,perlukah saya bayar solat ashar maghrib dan isyanya? Mohon jawabannya pak ustadz terimakasih

    BalasHapus
  5. assalamualikum warohmatullah hi wabarokatuhh.....saya WNI tinggal di Malaysia sudah berumah tangga hampir 20 th....dulu saya jahil soal syariat Islam tapi sejak umur sy 40 th saya merasa begitu khawatir...karena saya pernah mendengar ada ustadz yang mengatakan berhati2 pada umur 40 th umur dimana manusia seharusnya lebih dekat kepada ALLAH SWT...masalah saya say bekerja menjaga kedai kelontong...dari 7am/10pm dan tak ada yang menggantikan saya saat waktu solat...saya banyak sekali trtinggal waktu solat...suami sy solat hari jumat dengan hari2 raya saja dan bila sy minta untuk solat dia melotot dan cemberut....berdosakah saya kalau saya lari tinggalkan dia untuk belajar agama?nuyuskah saya?sementara dia tak pernah membimbing saya untuk beribadah....tak pernah menyokong syikut kajian...sy takut dengan keadaan dunia saat ini yang sudah jelas2 di akhir jaman...saya tak mau kehilangan iman saya tapi saya masih dalam dilema....untuk tinggalkan dia atau tetap bertahan dalam keadaan yang seperti ini...saya selalu mengikuti kajian UAS di youtube...facebook dan semakin menguatkan hati saya untuk tinggalkan dia tapi untuk mantapnya sy mohon nasihat dari UAS demi keselamatan akidah saya ...wassalamualikum wr.wb

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum ustad
    Ustad jika istri kelur(maaf) flek darah selama 2bulan lebih sehabis suntik kb 3bulanan bagaimana hukum nya dalam islam .

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum ustadz.saya sedang hamil dan usianya sudah masuk 5 bln tapi dari usia 2 blnkandungan sya bermasalah yaitu keluar darah terus menerus..setelah d USG ternyata efek dari rawan gugur...selama keluar darah bolehkah untuk beribadah seperti biasa...mohon penjelasannya ustadz...Jazakumullah

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. اسلام عليكم ورحمةالله وبركاته

    BalasHapus
  10. syukron ustadz moga sehat selalu.

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum... ustadz dulu pernah haid selama 6 bln, dan skrg sy haid sdh 2 bln tak berhenti. Krn sy memiliki penyakit kista. Apakah blh sy sholat sdangkan darah yg keluar begitu banyak ustad.. mohon penjelasannya ustad. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sama pak ustad udah di jelaskan bahwa batas haid itu 15 hari ,jika mba haid dari tanggal satu trus menerus mengalir mba tinggal menghitung 15 hari ,selebihya darah istihadoh jika tak berhenti benrhenti di tanggal 2 pebruari mba sudah memasuki haid lagi

      Kurang lebih nya kepada ustad ustad mohon di koreksi

      Hapus
    2. Assalamualaikum jadi setelah berhubungan suami istri apakah harus mandi wajib seperti biasa tapi keadaan isthihadah

      Hapus
  12. Adakh penjelasan yg detel tentang istihadah dari no 1 sampai 7

    BalasHapus
  13. Niat sholatnya tetap sama pak ustad

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Ustad.
    Saya mau tanya tentang darah haid secara detail Ustad. Mohon bimbingannya.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Ustad.
    Saya mau tanya tentang darah haid secara detail Ustad. Mohon bimbingannya.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. عفوا استاد mau nanya bagaimana cara nya perempuan yang mengalami keputiha lalu dia sholat trawih berjemaah di masjid apa setiap selesai sholat harus toharoh soal nya kadang keluar saat solat terawi

    BalasHapus
  18. ustadz, mau tanya kalo memakai pembalut sebagai penahan, apakah pembalut tersebut harus diganti setiap hendak sholat?

    BalasHapus
  19. ustadz, mau nanya cara penghitungan istihadhah gmna ? mis sy awal hed tgl 7 april sampai tanggal 4 april masih ada gmna tu ngitung wktu shalat/istihadah nya ?

    BalasHapus
  20. maaf maksudnya 4 mei ustad

    BalasHapus
  21. Apa puasanya org istihadhoh wajib qodhok??

    BalasHapus
  22. Assalamulaikum.saya sudah haid selama 6 hari dan saya sudah mandi suci selama 3 hari dan saya melakukan pemasangan Aud/alat kb minta maaf yg d masukkan dlm kemaluan dan biasnya akan haid selama 1 bln.dan saya terpaksa pasang karna lgi bercuti dan saya tkw d malysia.setelah pasang keluar darah cair lepas 3 hari dah berhenti dan memasuki awal bln puasa dan saya mandi suci lalu berpuasa.tp setelah puasa hari k 3 darah itu keluar lagi sampai sekarang puasa k 12.dan saya masih berpuasa dan mandi suci setiap masuk masuk waktu sholat.cuma kadang hati bimbang takut puasa dan sholat tak sah mohon penjelasannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  23. Masya Allah,, Jazakumullahu khairan ustadz,,

    BalasHapus
  24. syukron jazakallah khayron ustad

    BalasHapus
  25. Salam sejahtera teruntuk Almukarrom K. H Abdulsomad, semoga selalau di berkati Oleh Allah dalam segala halnya.

    aamiin.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Trimakasih Pk.UAS.
    Penggemar berat.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Ustadz Bagaimana cara mengqodo' sholat fardu jika sedang istihadhah...
    Apakah harus wuduk lagi atau tidak usah? Terima kasih

    BalasHapus
  29. Jasakumullahu khoiran pak ustadh

    BalasHapus
  30. Ustad bagaimana cara menghitung batas masa suci itihadha

    BalasHapus
  31. Semoga anda diberikan hidayah

    BalasHapus
  32. salam ustaz jika kita mengalami istihadah bagaimana kita mahu kitaran haid kedua..

    BalasHapus
  33. Assalamualikum wrhmah
    Mw tanya istri saya 15 hari haid 4 hari suci
    Lalu keluarlagi 23hari masih keluar darah
    Bagaimana cara menentukan istihadah dan haidnya
    Cz sudah melebihi batas minimal suci.

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum Ustad saya mau tanya saya kan haid 5 hari terus suci 10 hari terus hari ke 10 suci itu keluar darah, itu termasuk darah haid bukan ustad?

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum maaf saya berapa batak maksimal masa migas ? Dan apa bila bata maksimal itu udah melebihi apa itu juga di sebut istihadho?

    BalasHapus
  36. Asalamualaikum ustad apakah bisa wanita istihadoh mengerjakan qodho solat

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum, terima kasih penjelasannya☺️

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum ustad,saya haid sudah 7 hari masih banyak lalu keesokan harinya saya mengeluarkan gumpalan darah lalu saya ke dokter kandungan dan saya pun di USG dan dokter pun mengatakan saya terkena kista ,dan saat ini saya masih keluar darah sudah 20 hari saya mau mengalakukan ibadah seperti biasanya pun ragu.Saya mohon penjelasannya pak ustad ?

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum ustadz
    Bagaimana membedakan darah haid dengan istihadhah apabila perdarahan pervaginam secara terus menerus tanpa jeda
    Saya sudah satu tahun mungkin lebih seperti ini jadi saya tidak tahu kapan saya haid kapan saya istihadhah
    Mohon bantuannya ustadz

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Semuga bermanfaat untuk orang mu'min amin ya robbal alamin

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum ustadz,saya mau tanya ustadz apakah wanita yg sedang mengalami istihadhah ketika hendak membaca Al-Quran dia harus mengganti pembalut nya dahulu atau cukup dengan berwudhu saja?. Mohon penjelasannya ustadz,

    BalasHapus
  43. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - Bandar66 / Adu Balak
    - Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL Yaitu : Bca, Bri, Bni, Mandiri, Danamon, Cimb niaga , Permata Bank dan Ocbc Nisp
    * Tersedia deposit via pulsa telkomsel dan XL serta OVO juga


    Contact Us

    Website Agen Domino99
    WA1 : +855972076840
    WA2 : +855887159498
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ Official
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Regiter
    Dewa Nafsu
    Artikel Poker
    Kesehatan
    #sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #kartusahabat #windaftar

    BalasHapus
  44. Assalamu'alaikum ustad.
    saya mau bertanya, saya haid selama 14 hari kemudian suci selama 7 hari, lalu keluar darah lagi dan sampai sekarang belum berhenti. Dan warna darahnya sama seperti darah haid.
    Apakah saya mengalami haid selama hampir 1 bulan?
    atau itu merupakan darah istihadhah?
    Bolehkah saya berpuasa?
    Terimakasih ustad.
    Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  45. Salah masuk kamar kau betina..

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum ustadz apakah benar2 diperbolehkan bagi wanita yg sedang ber istihadhah melakukan hubungan suami istri. Karna saya masih ragu dan takut untuk melakukanya dg suami.. mohon penjelasanya pak ustadz.. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum ustadz apakah benar2 diperbolehkan bagi wanita yg sedang ber istihadhah melakukan hubungan suami istri. Karna saya masih ragu dan takut untuk melakukanya dg suami.. mohon penjelasanya pak ustadz.. terimakasih

      Hapus
    2. Wa'alaikumussalaam wr, wb. Kalau yakin dalam keadaan istihadah menurut jumhur ulama boleh ukhti. Shalat yang menuntut kesucian saja boleh bahkan wajib

      Hapus
  47. Asalamulaikum ustadz,istri saya sudah melahirkan dan masa nipas 40 hari dan d truskan haid,bres hait istri saya pasang iud trus stlah pasang keluar darah,apakah masih d wajibkan solat atau brpuasa?

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum ust, mau tanya,apakah wanita yang istihadah boleh berpuasa sunnah

    BalasHapus
  49. assalamualaikum pak ustadz, klo istihadoh ada batasan waktunya atau tidak seperti haid maksimal 15 hari

    BalasHapus
  50. Assalamu'laikum ustadz..saya sudah haid selama 7 hari.saya mandi wajib dan sholat.sudah suci selama 8 hari ada lagi darah keluar.apakah saya harus mandi wajib lagi untuk sholat

    BalasHapus
  51. Asalamualaikum ustad saya mau tanya.
    Apakah wanita istihadoh harus kodho solat dan puasanya?

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum. Maaf ustad, saya ingin bertanya tentang haid yg saya alami. Saya seorang ibu rumah tangga yg menggunakan alat kontrasepsi berupa suntik 3 bulan.
    1.Pada triwulan pertama utk 2 bulannya sy tdk datang haid, nah masuk bln ketiga saya haid lebih dr sebulan. Itu bagaimana saya dalam melaksanakan ibadah pak ustad? Karena saya benar2 buta akan ilmu haid ini ustad,Apakah saya harus mengqodo sholat saya yg lebih dr 15 hari itu.
    2. Pada triwulan kedua utk 2 bulannya saya juga datang haid, masuk bulan ke 3 saya haidnya berbeda lagi pak ustad. Di mana saya haid waktu zuhur dlm keadaan puasa, nah pas setelah masuk waktu ashar. Darah haidnya tdk keluar lagi, sedangkan saya td sdh membatalkan puasa saya dan tdk melaksanakan sholat dzuhur. Dengan kasus kedua ini bagaimana pula saya dalam melaksanakan ibadah pak ustad?
    Mohon penjelasannya pak ustad atas ketidaktahuan saya tentang ilmu haid.
    Jazakalloh khairon katsiron ustad.
    Wassalamualaikum warohmatulloh hiwabarokatuh

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum pak ustadz saya mau nanyak ini masih tentang darah haid dan istihadhoh bagaimana jika seorang wanita yang mengalami haid selama 6/7hari lalu suci selama sepuluh hari dan keluar lagi darah apakah darah itu masih di hitung darah haid ataw istihadhah dan bagaimana dengan hari suci yg selama 10 hari apakah di hitung hari2 haid juga ?terimakasih pak ustadz assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum pak ustadz saya mau tanya ini masih tentang darah haid dn istihadhah bagaimana jika seorang wanita mengalami haid 6/7hari lalu suci selama 10 hari dan keluar lagi darah apakah darah itu masih bisa dihitung darah haid atau darah istihadhah dan bagaimana dengan hari suci yang selama 10 hari apakah dihitung hari2 haid juga? mohon penjelasannya pak ustadz terimakasih assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum pak ustadz saya mau tanya ini masih tentang darah haid dan istihadhah bagaimana jika seorang wanita mengalami darah haid selama 6/7hari lalu suci selama 10 hari kemudian keluar lagi darah apakah darah itu masih bisa dihitung darah haid atau darah istihadhah dan bagaimana dengan hari suci yang selama 10 hari itu apakah dihitung hari2 haid juga? Mohon penjelasannya pak ustadz assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

    BalasHapus
  56. Assalamu'alaikum ustad boleh tanya apakah haid lebih dari15 hari, disebut istihadoh, dan hari ke 16 wajib mandi junub?

    BalasHapus
  57. Assalammualaikum ustad, saya belum menikah dannhaid saya tidak lancar ustad, krna haid saya itu tidak menentu lamanya ustad terkadang 14 hari, 4 hari hanya mengeluarkan flek dann7 hari normal dan 4 hari pas saat mau slesai itu kluar flek juga ustad, dan setelah itu siklus haid saya ke yg selanjutnya juga pendek ustad, hanya kosong skitar 8 hari terus saya haid lagi ustad, dan saat ini siklus haid saya lama ustan melebihi 15 hri dan saat ini di bulan ouasa ustad, apakah saya masih boleh berpuasa, sholat terawih, sholat 5 waktu dan membaca atau memegang al-quran ustad, mohon penjelasannya ustad, terima kasih sebelumnya ustad, karna saya haidnya itu sebelum bulan puasa ustad, sekarang lamanya sudah 20 hari kurang lebih ustad saya haid, mohon di balaz ustad

    BalasHapus
  58. Assalamu'alaikum ustadz mohon penjelasannya tentang istihadoh,sebelum menikah darah haid hnya keluar sampai 8 hari sja ,,namun stlah mnikah dan mempunyai anak sya memakai alat kontrasepsi darahnya kluar melbih 15 hari hbkan tidak berhenti dan itu pun klurnya kadang bnyak dan kdang sdikit tapi berbulan bulan,, saya mohon penjelasanya ustad, agar sya beribadah dngan tenang ,, trimksih sebelum nya ustad krna ini sangat bermanfaat untuk sya ,klurga dan teman2 sya yg tidak memahami ini

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum pak ustad, saya mau tanya, beberapa bulan yang lalu saya hamil kemudian saya mengalami flek dan ketika di usg ternyata kandungan saya kosong, hanya ada kantong kehamilannya saja itulah mengapa saya mengalami flek, dan flek itu tetap berlanjut hingga sekarang memasuki hari ke15 dengan siklus jumlah darah yang berbeda, kadang flek kadang juga mengalir berwana merah. Apakah itu di katakan darah haid atau nifas...? Dan setelah 15 hari bisa di katakan istihadah atau bukan ..? Mohon penjelasannya ustadz

    BalasHapus
  60. Jazaakallah khoyron katsiiron ustadz atas penjelasannya. Saran untuk tim admin yang bantu ustadz cek pertanyaan2 atau komentar2, itu ada yg masuk judi, togel dan semacamnya dihapus saja. Tak elok berada di laman ini. ��

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum pak ustadz saya mau tanya ini masih tentang darah haid dan istihadhah bagaimana jika seorang wanita mengalami darah haid selama 6/7hari lalu suci selama 10 hari kemudian keluar lagi darah apakah darah itu masih bisa dihitung darah haid atau darah istihadhah dan bagaimana dengan hari suci yang selama 10 hari itu apakah dihitung hari2 haid juga? Mohon penjelasannya pak ustadz assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

    BalasHapus
  62. Bagaimana jika keluar darah flek efek suntik kb 3 bulanan...dan keluar tidak menentu selama 14 hari...mohon penjelasannya pak ustad🙏🙏🙏

    BalasHapus
  63. Jazakumullah ustadz Somad...smga jadi amal jariyah ...blog ini sangat bermanfaat dalam sy menambah refrensi ...krn didesa sy ada pengajian rutinan toriqoh...dan sy padukan dg kitab kuning...salam dari pelosok Rawa pitu...menggala..lampung

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum ustad,mau tanya ustadz,istri saya setelah melahirkan tidak haid selama kurang lebih 10 bulan, setelah itu itp suntik kb karena anak masih kecil,tpi stelah kb istri halangan dan halangan nya lbih dari 2 minggu,apakah itu darah istihadoh krn darah masih mengalir trus

    BalasHapus
  65. Assalam,mualaikum
    saya mau tanya apakah habis isti hadah trus slsai istihadah 2/3 hari masik ke tanggal biasa nya haid apakah boleh solat apa tida karna haid

    BalasHapus
  66. Assalamu'alaikum
    Sya mau tanya. Gmana niatnya mandi wajib setelah istihadhah dan niatnya sholat istihadhah??

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum ustad saya mau tanya waktu bersuci wanita yg haid sudah 15 hari itu waktu yg tepat untuk bersucinya kapan ustad terimakasih... wassalamu'alaikum warahmatuhllahi wabarakatuh

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum ustadz, terima kasih pencerahannya sangat jelas dan mudah dipahami. semoga ustadz sehat selalu

    BalasHapus